Solusi Wajah Bebas Dari Minyak Berlebih

Selamat bergabung kembali di rasasakit.com, yang kali ini akan memberikan informasi bagi anda semua mengenai tips solusi wajah bebas dari minyak berlebih. Yang akan kami bahas selengkap-lengkapnya hanya untuk anda.

Solusi wajah bebas dari minyak berlebih

Solusi Wajah Bebas Dari Minyak Berlebih

Salah satu masalah yang sering menimpa wajah selain dari jerawat adalah muka yang berminyak. Kondisi tersebut di keluhkan banyak orang karena membuat wajah mereka mengilap dan juga lengket, Sehingga membuat penampilan mereka menjadi tidak percaya diri. Sebenarnya kulit yang beresih dan lembap yang selalu menjadi dambaan dapat di peroleh dengan mudah, yaitu dengan cara melakukan perawatan wajah yang rutin dan tepat.

Pada dasarnya setiap tubuh memproduksi minyak untuk mejaga kelembaban dan kesehatan kulit. Namun produksi minyak yang berlebih dapat mengganggu penampilan dan juga memicu timbulnya jerawat.

Solusi tepat menghilangkan wajah berminyak

Produk perawatan untuk kulit berminyak pada dasarnya tidak sama dengan produk perawatan kulit yang lainnya. Namun, bagi anda yang memiliki kuiit berminyak anda bisa memakai produk yang di peruntukan bagi kulit yangberminyak atau berlabel oil-free.

Berikut adalah produk yang bisa anda pakai untuk mengatasi kulit berminyak anda.

  • Sabun. Pilihlah sabun muka yang lembut karena sabun muka yang keras dapat menimbulkan produksi minyak yang berlebih. Sebenarnya anda bisa memakai sabun cuci muka untuk semua jenis kulit. Namun jika produksi minyak masih berlebih, anda bisa memaki sabun cuci muka yang mengandung salicylid acid, beta-hidroxy acid, glycolic acid atau benzoil peroxide, yang dapat mengurangi kadar minyak yng berlebih pada wajah, sehingga wajah andapn menjadi lembab dan bebas dari minyak. Cara pemakaiannya juga harus diperhatikan, yaitu dengan mengusapakan sabun pada wajah lalu gosok secara lembut. Hindari menggosoknya terlalu keras karena dapat menimbulkan iritasi pada wajah. Kemudian bilaslah dengan air hangat suam suam kuku. Dan cara yang paling efektif untuk mengatasi wajah yang berminyak adalah dengan mencuci wajah 2 kali sehari, pada saat pagi dan malam hari.
  • Pelembap. Bagi anda yang memiliki wajah yang berminyak, anda juga tetap harus melembapkan wajah anda, Karena hal tersebut dapat menjaga kulit dari efek penuaan terutama ketika usia makin bertambah. Dan anda disarankan untuk memakai pelembap ringan atau oil-free untuk menghindari efek kilap berlebih akibat pemakaian pelembap.
  • Kertas minyak. Salah satu solusi wajah bebas dari minyak berlebih adalah menggunakan kertas minyak. Selain mudah untuk di gunakan kertas minyak ini juga dapat menolong pemilik wajah yang berminyak Karena daat menyerap minyak seketika tanpa menyebabkan wajah kering. Caranya hanya cukup menekan kertas minyak ada area yang berminyak dan hindarilah menggosokan kertas minyak pada wajah.
  • Kosmetik oil-free. Untuk menghindari wajah yangberminyak berlebih, anda di sarankan untuk menggunakan makeup atau kosmetik yang berbahan dasar oil-free atau water-based dengan label noncomedogenic. Untuk kulit yang berminyak biasanya kosmetik yang cocok untuk digunakan adalah kosmetik yang berbentuk bbuk dan menandung banyak mineral. Sedangkan perona pipi dan mata dengan bahan dasar berbentuk krim tidak cocok pada wajah yang berminyak.
  • Tabir surya (sunscreeen). Untuk menghindari kulit anda semakin berminyak anda bisa mengoleskan tabir surya yang berbentuk gel dan berlebel oil-free, Terutama ketika anda beraktifitas di bawah paparan sinar matahari.

Jika produk-produk yang sudah disebutkan di atas masih belum bisa mengatasi kulit wajah anda yang berminyak lebih, bahkan malah menimbulkan banyak jerawat?  maka solusi yang berikutnya adalah anda meminta pertolongan dokter kulit untuk menangani masalah kulit wajah berminyak anda. Kemungkinan dokter akan memberikan resep krim khusus yang dapat mengatasi produksi minyak berlebih. Atau juga dokter mungkin menyarankan melakukan perawatan laser atau chemical peeling.

Faktor penyebab kulit berminyak

Faktor genetik masing-masing individu merupakan penyebab utama seseornga memiliki kulit yang berminyak terutama wajah. Selain itu, faktor lain yang menyebbakan kulit berminyak adalah dadar hormon dalam tubuh. Terutama pada wanita, hormon mereka di ketahui sering berubah karena mengalami menstruasi, kehamilan dan juga monopause.

Masih ada beberapa faktor lain yang menyebabkan timbulnya masalah kulit anda berminyak, diantaranya adalah sebagi berikut.

  • Kondisi fisik.
  • Stres.
  • Cuaca.
  • Pola makan.
  • Terlalu kasar saat menggosok atau mencuci wajah.

Sebanarnya anda tidak perlu mengalami stres ynag berlebihan jka anda menglamiwajah yang berminyak selagi kondisi tersebut tidak memberikan dampak negatif untuk anda seperti menimbulkan banyak jerawat. Ada juga kelebihan bagi mereka yang memiliki kulit berminyak yaitu cenderung memiliki kerutan lebih sedikit dan kulitnyapun nampak terlihat lebih sehat dengan sentuhan minyak pada wajah.

Dan hal terpenting yang tidak boleh terlupakan adalah menjaga kebersihan kulit berminyak anda dengan rutin mencuci wajah saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Lalu, hapus riasan yang menempel pada wajah dengan bersih agar tidak memicu timbulnya jerawt dan masalah kulit lainnya. Dan satu lagi, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup, serta konsumsi sayur dan buah untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Nah itulah tips yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini mengenai solusi wajah bebas dari minyak berlebih. Semoga artikel yang telah kami berkan bermanfaat bagi anda, dan selamat bejumpakembali pada artikel yang berikutnya.