Mencegah rasa sakit pada punggung

Selamat bergabung kembali dengan kami di situs rasasakit.com. kali ini kami akan memberikan tips mencegah rasa sakit pada punggung, baik punggung sebelah kanan, sebelah kir atau punggung belakang. Yang akan kami sajikan selengkap-lengkapnya hanya untuk anda.

Mencegah rasa sakit pada punggung

Mencegah rasa sakit pada punggung

Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Itulah suatu peribahasa yang patut kita lakukan dan laksanakan. Namun, banyak orang yang mengabaikannya, sehingga merekapun terjangkit suatu penyakit dan kesana kemari untuk mengobatinya.

Begitu pula dengan sakit punggung, memang terlihat seperti penyakit biasa, namunĀ  jika sudah mengalami sakit punggung, entah itu punggung bagian bawah,punggung bagian atas, punggung bagian kanan, maupun punggung bagia kiri, itu semuanya membuat seseorang tak berdaya merasakan rasa sakit yang di timbulkannya dan berbagai macam aktifitaspun banyak yang terbengkalai. Nyeri punggung ini biasanya sering di alami terutama oleh ibu hamil tua dan wanita yang sedang mengalami haid.

Mencegah sakit pada punggung

Ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan sebagai bentuk pencegahan terkena nyeri punggung sejak dini, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Memosisikan postur tubuh dengan tepat

Salah satu mencegah nyeri punggung adalah dengan memosisikan tubuh dengan tepat. Entah itu berbaring, duduk, maupun berdiri. Karena dengan kita memosisikan postur tubuh dengan tepat kesehatan tulang belakangpun akan terjaga. Berikut beberapa tips untuk memosisikan postur tubuh yang tepat.

  • Tidur. Alasi kepala anda dengan bantal. pastikan bantal anda tidak terlalu tinggi hingga membuat leher anda menekuk. posisikan tulang belakang anda tetap lurus sehingga dapat menopang bokong dan pundak anda dengan baik.
  • Berdiri. Seimbangkanlah berat badan dngan kedua kaki anda. Berdirilah dengan punggung dan kepela tegak dn kedua kaki lurus.
  • Duduk. Jika anda kerap kali mengetik seharian penuh, pastikan lutut anda membentuk sudut 90 derajat dengan posisi keyboard yang selalu sejajr dengan pusar., ubah posisis duduk anda setidaknya sekali sejam.
  • Berkendara. Jika anda anda berkendara jauh, terlebih dahulu atur posisi duduk anda hingga nyaman. pastikan punggung bawah anda tersangga dengan baik dan postur tubuh tegak. lalu pastikan kaca spion anda ada pada sudut yang tepat sehingga anda tidqak perlu banyak menengok atau memutar tubuh ke belakang ketika berkendara. Jika anda merasa capek ataupun ngantuk, itrahatlah sejenak dan janganlah lanjutkan perjalanan terlebih dahulu.

2. Melakukan olahraga sederhana

Tak sedikit orang yang mengalami cidera punggung saat melakukan aktivitas sederhana yang di lakukan setiap hari, mialnya mengepel atau mengangkat galon air. Cedera yersebut dapat di cegah dengan selalu melakukan pemanasan sebelum melakkan aktivitas yang berat.

Selain pemanasan, cara mencegah punggung jauh dari terkena cidera adalah dengan melakukan olahraga. Karena dengan olahraga, fleksibelitas dan otot-otot punggung dapat terlatih. Serta dapat memperkuat otot penopang punggung tanpa menimbulkan tekanan berlebihan atau menyebebkan sentakan yang mendadak. olahraga yang di maksud adalah seperti yoga, berjalan kaki ataupun renang.

Namun jika anda, sudah mengidap nyeri punggung selama 1,5 bulan dan ingun mulai berolahraga, alangkah baiknya jika di konsulatasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Apabila anda belum mempunyai waktu untuk bergabung di pusat kebugaran, anda bisa mencoba melakukan beberapa olahraga sederhana di rumah anda. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menaikkan kaki. Olahraga sederhana yang satu ini sangat mudah untuk di lakukan. Cukup dengan membaringka tubuh anda di lantai dengan posisi tubuh datar dan punggung menempel ke lantai. Angakatlah tumit secara bergantian dengan posisi kaki yang tetap lurus. Ulangi olahraga sederhana tersebut lima kali secara terus menerus.
  • Mengangkat bokong. Caranya cukup sedehana, yaitu dengan membaringkan tubuh anda di atas permukaan lantai. lalu tekuk lutut hingga telapak kaki anda menjejek pada lantai. setelah itu angkat bokong dengan mengencangkan otot perut sambil menjaga posisi punggung agar tetap lurus. Uangi hal tersebut minimal lima kali dalam sehari.
  • Gerakan naik turun pada dinding. Ini juga merupakan salah satu olah raga yang sederhana yang bisa anda coba di rumah. Berdirilah dengan punggung bersandar pada dinding dan kaki di buka lebar. Gerakkan kaki ke bawah hingga lutut menekuk membentuk 90 derajat. Hitung sampai lima kali dan bersandar lagi ke dinding.

Sebaiknya lakukan latihan ini sehari atu dua kali sehari, lalu meningkat hingga enam kali sehari.

Posisi yang tepat saat mengangkat dan membawa barang

Salah satu penyebab utama Cidera pada punggung adalah pada saat mengangkat atau membawa barang yang cukup berat. Berikut ini adalah beberapa metode yang yang bisa anda terapkan agar terhindar dari kemungkinan cidera.

  • Mulailah dengan posisi yang baik. tekuk lutut saat akan mengangkat benda, dan jangan posisikan kaki anda lurus karena dapat membahayakan punggung anda. Buka kaki anda selebar bahu dan salah satu kaki agak maju agar dapat menjaga keseimbangan. topanglanglah beban pada benda dengan kedua kaki dengan cara membungkuk dan sedikit menekuk lutut dan panggul.
  • Dekatkan beban ke pinggang. Selama mungkin dekatkanlah bert barang anda ke tubuh.
  • Hindari memutar ke depan tau ke samping, terutama jika anda sedang membungkuk, jika anda ingin memutar lebih baik memutar dengan memindahan kaki. dan pastikan pundak anda selalu sejajar dengan pinggul.
  • Lebih baik mendorong dari pada menarik.
  • Bagi rata berat benda yang anda bawa, pada dua sisi tangan atau dua sisi tubuh.
  • Angkat kepala anda ketika mengangkat benda di tangan, usahakan pandangan selalu lurus ke depan dan tidak tertuj pada barang yang di bawa.
  • Ketahui kemampuan anda. Pastikan sejauh mana anda bisa mengangakat berat sebuah benda. Jika anda tidak dapat mengangkatnya anda bisa meminta bantuan kepada orang lain.

Mencegah sakit punggung pada anak-anak

Anak-anak yang berusia 11-16 tahun ada kemungkinan sangat renta terserang nyeri punggung. Hal tersebut di sebabkan karena selalu membawa tas yang berat, keedaan tempat duduk yang kurang nyaman di kelas, dan gaya hidup yang kurang sehat.

Mengajak anak anda berolahraga pada akhir pekan bisa anda jadikan salah satu solusi sebagai bentuk pencegahan agar anak anda bisa terhindar dari nyeri punggung. Selain itu, lebih baik jika si anak menggunakan jenis tas ransel yang dapat mendistribuskan berat badan di kedua sisi tubuh. Dan ingatkanlah dia agar selalu menyandangnya degan kedua bahunya.

Meringankan sakit punggung

Jika anda sudah terlanjur mengidap sakit punggung yang kerap datang berkalai-kali, anda dapat meringankan sakit punggung anda dengan melakukan beberapa saran berikut.

  • Tetaplah melakukan olahrag, seperti brejalan kaki dan berenang
  • Hindari gerakan tiba-tiba yang dapat menyebabkan ketegnagan otot
  • Gunakan alas kaki yang datar dengan bantalan pada alasnya, yang bertujuan untuk mengurangi tekanan pada punggung
  • Jika anda merasakan nyeripunggung dan anda memeiliki berat badan yang berlebih, maka mengurangi berat badan dapat mengurangi beban tulang dan rasa sakit yang di rasakan
  • Usahakan kurangilkah stress, ketegangan dan kecemasan