Cara Tepat Menghilangkan Bekas Jerawat

Selamat bergabung kembali dengan kami di rasasakit.com, yang kali ini akan berbagi tips untuk anda mengenai cara tepat menghilangkan bekas jerawat, yang akan kami bahas selengkap-lengkapnya hanya untuk anda.

Cara tepat menghilangkan bekas jerawat

Cara tepat menghilangkan bekas jerawat

Tidak hanya jerawat yang mengganggu penampilan seseorang, namun jerawat juga tak jarang meninggalkan bekas terutama pada wajah, yang tentu saja itu juga sangat mengganggu penampilan anda. Namun anda kini tak usah hawatir, karena sekarang kami akan merekomendasikan beberapa cara tepat menghilangkan bekas jerawat yang aman, efektif dan patut untuk anda mencobanya.

Ada tiga bekas jerawat yang paling umum terjadi, yaitu:

  • Rolling, yaitu bekas jerawat yang membuat kulit wajah tampak bergelombang dan tidak rata.
  • Ice pick, yaitu bekas jerawat yang membuat kulit nampak berlubang , yang seakan-akan di tusuk benda tajam.
  • Boxcar, yaitu bekas jerawat yang membentuk cekungan besar dalam berbentuk lingkaran atau oval.

Cara tepat menghilangkan bekas jerawat

Ada beberapa cara unutk menghilangkan bekas jerawat, namun ketika anda akan memutuskan untkmenggunakasalah satu terapi, alangkah baiknya anda untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter.

1. Menggunakan krim wajah

Krim dengan bahan asam kojic, arbutin dan vitamin C bisa anda jadikan pilihan untuk emudarkan bekas jerwat anda yang menghitam. Namun, jika bekas jerawat bengkak atau berwarna merah, anda dapat menggunkan krim kortison atau steroid , yang bertujuan agar bisa di serap kulit dan bisa meghentikan pembengkakan.

2. Perawatan laser dan filler injection 

Teknlogi laser fractional dapat di gunakan untuk merangsang pembentukan kolagen kulit Sehingga permukaan kulit dengan bekas jerawat akan nampak rata. Ada dua perawatan menggunakan laser, yaitu :

  • Perawatan laser ablatif, yaitu menembakkan sinar laser ke bekas jerawat sehingga permukaan kulit menjadi lebih halus.
  • Perawatan laser non-ablatif, yaitu membantu mengaktifkan produksi kolagen tanpa engganggu permukan kulit.

Sedangkan perawatan menggunkan filler injection, berguna untuk mengisi cekungan bekas jerawat yang dalam. Namun filler injection ini biasanya memrlukan bebrpa kali pengulangan.

3. Dermabrasion

Merupakan perawtan wajag singkatyang berdurasi 15-20 menit, yang tujuannya untuk mengangkat lapisan kulit wajah paling atas yang mati dengan menggunaka sikat kawat khusus atau laser. Tindakan ini ddapat menyamarkan bekas jerawat yang ada sebelumnya. Perawatan ini akan berdampak wajah akan memerah dan bengkak selam beberapa waktu setelah perawatan, namun setelah beberapa selang waktu kondisi wajah akan membaik dengan sendirinya.

4. Punch Techniques

Teknik ini sangat tepat di gunakan oleh anda yang memiliki bekas jerawat jenis ice pick dan juga boxcar. Ada beberapa tipe punch techniques, yaitu:

  • punch excision, merupakan perawatan yang akan mengangkat bekas jerawat dan menutup lukannya, sehingga akan tumbuh kulit baru yang lebih halus dan sama rata. Perawtan ini biasanya di lakukan untuk mengatasi bekas jerawat jenis ice pick ringan.
  • Punch grafting, yaitu tindakan mengangakatbekas jerawat , setelah itu di lakukan pengisian cekungan dengan potongan kulit dari bagian tubuh yang lain, seperti bagian belakang dari telinga. teknik ini gunakan untuk mengatasi bekas jerawat jenis ice pick yang dalam.
  • Punch elevation, Yaitu pembedahan dasar bekas jerawat dan menyisakan sisi-sisinya saja. Setelah itu bagian dasar disatukan dengan sisi namun lebih di angkat sejajar dengan permukaan kulit wajah secara keseluruhan. Teknik ini sangat cocok di gunakan bagi mereka yang mempunyai bekas jerawat jenis boxcar.

Tujuan dari semua prosedur-prosedur di atas juga yaitu untuk meratakan kulit.

5. Subcision

Merupakan tindakan pengangkatan lapisan kulit teratas dari jaringan bawah bekas jerawat, sehingga menimbulakn luka dan darah memenuhi area tersebut. Gumpalan darahtersebut kemudian akan membentuk jaringan ikat dan mendorong bekas luka. Hal tersebut memungkinkan kulit wajah menjadi rata. Teknik ini sangatlah cocok bagi mereka yang memiliki bekas jerawat jenis rolling

Selain jenis perawatan yang sudah di uraikan di atas, berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi jerawat sekaligus mencegahnya meninggalkan bekas, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Batasi paparan langsung dengan sinar matahari, karena sinar ultraviolet dapat memperlambat proses penyembuhan sekaligus membuat kulit di sekitar bekas jerawat menjadilebih gelap lantaran menstimulasi pihmntasipada kulit.
  • Pertimbangan kembali menggunakan vitamin E, Sebab sebuah penelitian mengngkap bahwa pemakaina langsung vitamin E pada bekas jerawat, tidak memiliki dampak, namun sebagian orang menunjukkan kondisi yangmemburuk. Untuk itu, ika anda kan menhggunakan vitamin E ini pada bekas jerwat anda, alngkah baiknya jika dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
  • Hindari memencet jerawat. Tindakan ini hanya akan dapat membuat peradangan dan menyebabkan meninggalkan bekas jerawat. Pada dasarnya, timbulnya bekas jerawat merupakan tindakan tubuh memperbaaiki diri dengan produksi kolagen, akibat kehilangan kolagen dari peradangan.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, penting bagi anda menjalankan proses perawatan dengan kesabaran dan juga disiplin, karena proses yang di lakukan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Selain itu juga, alangkah baiknya sebelum melakukan perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat, jika anda mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter untuk pilihan perawatan yang paling tepat.

Nah itulah tips yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini mengenai cara tepat menghilangkan bekas jerawat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, dan sampai jumpa kembali pada artikel yang berikutnya.