Cara Tepat Mengatasi Rasa Nyeri Saat Mentruasi

Apakah anda sering mengalami rasa nyeri saat menstruasi? anda jagan hawatir, karana itu merupakan gejala ormal dari serangkaian premanstrual syndrome (PMS) atau perubahan mental maupun fisik yang di alami ketika menstruasi. Rasa nyeri pada saat haid umumnya di rasakan oleh wanita pada awal masa menstruasi. Pada sebagian wanita rasa sakit pada bagian bawah perut saat mengalami haid tidak begitu terasa sehingga merekapun dapat menjalankan aktifitasnya seperti biasa. Namun sebagian lainnya merasakan rasa nyeri yang tak tertahankan sehingga merekapun hanya bisa berbaring lemas di atas tempat tidur karena tak mampu melakukan aktivitas apapun.

Cara Tepat Mengatasi Rasa Nyeri Saat Mentruasi

Cara Tepat Mengatasi Rasa Nyeri Saat Mentruasi

Rasa nyeri pada saat menstruasi di akibatkan pelepasan bahan kimia oleh jaringan rahim, yang di karenakan tidak adanya penyuplaian darah dan oksigen ke rahim. Hal tersebut di sebabkan oleh penekanan pembuluh darah yang berada di di sekeliling rahim sebagai efek dari kontraksi yang begitu kencang sebagai bagian dari peluruhan pada dinding rahim saat haid.

Rasa sakitpun semakin tak tertahankan saat tubuh mengeluarkan bahan kimia yang di sebut prostagladin yang memicu otot rahim terus berkontraksi. Selain memicu rasa nyeri, prostagladin juga memicu kondisi yang lainnya seperti mual, diare, lemas dan sakit kepala. Ada beberapa hal yang menyebabkan sebagian wanita lebih beresiko mengalami rasa nyeri saat haid, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Volume haid lebih banyak.
  • Mengalamimenstruasi pertama sebelum berusia 11 tahun.
  • Mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Belum pernah hamil.
  • Mengkonsumsi alkohol dan rokok.

Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan memberikan tips cara tepat mengatasi rasa nyeri saat menstruasi yang normal dan sering di alami oleh wanita ketika hari pertama haid.

Cara mengatasi rasa nyeri saat haid

Selain dengan obat-obatan, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan ketika anda mengalami rasa nyeri saat haid, di antarnya adalah sebagai berikut :

1. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Saat anda sedang mengalami rasa nyeri saat haid, salah satu langkah tepat yang anda lkukan yaitu dengan cara memperbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium , magnesium, vitamin D, viatamin E, protein nabati dan omega 3. Seperti buah-buahan, sayur, dan juga ikan.

2. Mengompres perut

Kompres perut dan punggung bagian bawah dengan handuk hangat. Ada juga sebagian orang melakukan rileksasi dengan berendam di air hangat untuk mengatasi rasa sakit saat haid.

3. Berbaring

Andapun dapat mengatasi rasa nyeri saat haid dengan cara berbaring. Karena pada umumnya, rasa nyeri saat haid terasa pada bagian punggung, sehingga dengan berbaring andapun bisa sedikit nyaman. Selain itu, gunakan bantal sebagai penyangga lutut dan ambilah napas panjang lalu buanglah secara perlahan. Lakukan hal tersebut secara berulang hingga anda merasa nyaman.

4. Pijatan lembut

Cara ini juga dapat mengatasi nyeri yang anda alami saat haid. Caranya hanya dengan melakukan pijatan ringan pada bagian perut bawah secara merata dan tulang pinggang. Lakukan juga pemijatan secara hati-hati pada otot sekitar pusar.

5. Minum jamu

Obat tradisional juga dapat di gunakan sebagai cara mengatasi rasa nyeri pada saat mengalami haid.  Anda bisa membuat jamunya sendiri di rumah, yaitu dengan menggunakan daun dewa sekitar 15-30 gram dan kunyit sekitar 20 gram. Setelah itu, kedua bahan tersebut di rebus dengan menggunkan 600 cc air.  tunggu hingga air rebusannya menjadi setengahnya. Setelah diriskan, saringlah air rebusan tadi dan airnya dapat anda minum 2 kali dalam sehari.

6. Olahraga ringan

Olahraga ringan juga merupakan cara yang tepat untuk mengatasi rasa nyeri yang anda alami ketika haid. Ada beberapa olahraga yang dapat anda jadikan sebagai alternatif untuk meringankan nyeri saat haid di antaranya :

  • Berjalan kaki, dapat merinagankan nyeri haid karena saat berjalan kaki terdapat gerakan otot sehingga dapat meningkatkan denyut jantung. ANda bisa melakkan ini selama 30 menit secara teratur.
  • Jogging. Dengan jogging anda dapat memperlancar aliran darah sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat anda jadikan sebagai alternatif untuk menghilangkan rasa nteri saat menstruasi.
  • Yoga. Dengan yoga anda dapat mengatur pernapasan sat menstruasi. Selin itu juga, olahraga ringan seperti yoga dapat membuat anda rileks serta meningkatkan sirkulasi darah.

7. Konsultasi dengan dokter

Ini dapat anda jadikan sebagai pilihan terakhir anda. Meski pada umumnya setip wanita mengalaminyeri saat menstruasi, namun jika nyeri tersebut tak kunjung hilang dan terasa intens pada panggul, Tejadi pendarahan berlebihan, periode menstruasi lebih lama dari biasanya ynag di sertai demam, maka anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter. Karena ada kemungkinan itu gejala awal adanya masalah ataupun penyakit yang menyerang sistem reproduksi anda. Sehingga dengan pemeriksaan ke dokter anda dapat mengetahui lebih awal dan mendapatkan penanganan yang tepat.