Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Punggung Saat Menstruasi

Selamat bergabung kembali bersama kami di rasasakit.com, yang kali ini akan memberikan informasi dan tips mengenai cara ampuh mengatasi nyeri punggung saat menstruasi, yang akan kami bahas selengkap-lengkapnya hanya untuk anda.

sakit punggung

Tak hanya merasakan nyeri perut, sakit punggung juga di rasakan oleh sebagian wanita saat datang bulan. Hal ini merupakan kondisi yang normal jika wanita mengalaminya ketika menstruasi.Meskipun kondisi tersebut akan hilang dalam waktu beberapa hari ataupun seiring masa haid usai, tetapi kondisi tersebut sangat mengganggu kenyamanan anda saat mengalami masa haid. Sehingga aktifitas andapun menjadi terganggu.

Namun anda kini tak perlu hawatir karena sekarang kami akan merekomendasikan cara mengatasi nyeri punggung saat menstruasi yang tidak memerlukan obat-obatan karena kondisi ini bukan di sebabkan oleh hal yang serius. Berikut tips ampuh khas rasasakit.com untuk meredakan sakit punggung anda saat menstruasi.

  • Konsumsi aiar putih yang cukup

Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup anda dapat meredakan sakit pungung dan segala gejala yang mengganggu anda saat menstruasi. Hal tersebut dikarenakan air putih dapat menggantikan banyak cairan tubuh yang hilang selama menstruasi berlangsung. Selain air putih, anda pun di anjurkan mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran yang banyak mengandung cairan.

  • Istirahat dan rileks

istirahat dan bersantai juga dapat anda lakukan untuk meringankan rasa nyeri pada punggung anda tersebut. Biarakan tubuh anda mengatasinya secara alamiah. Jika anda tenag menghadapai kondisi ini, maka tubuh juga dengan cepat akan melakukan penyesuaian sehingga rasa nyeripun dapat mereda.

  • Melakukan stretching

Anda dapat melakukan stretching ringan selama 10 menit setiap harinya saat anda akan memulai aktivitas. Hal ini berguna untuk otot menjadi relaks dan ketegangan ototpun mereda.

  • Mengkonsumsi jamu yang terbuat dari kunyit

anda juga dapat mengkonsumsi jamu yang terbuat dari hasil parutan kunyit secara berkala untuk meredakan sekaligus menghindari masalah kewanitaan yang lainnya, terutama pada saat haid. Karena kunyit sudah teruji secara klinis dapat meredakan inflamasi yang menjadi sebab dari adanya rasa nyeri tarutama masalah kewanitaan lainnya.

kodisi ini dipicu oleh adanya ketegangan otot yang mengalami kontraksi saat mengeluarkan darah dari rahim (dysmennorea). Nah, ketegangan otot tersebut tidak hanya berdampak pada otot perut saja, namun berdampak pula pada otot bagian tubuh yang lain seperti otot punggung, pinggang , panggul dan paha bagian atas.

Selain itu, kondisi ini di picu pula oleh hormon prostaglandin yang meningkat saat menjelang haid.Karena peningktannya yang relatif tinggi, otot ynag lainpun ikut menegang yang salah satunya adalah otot punggung bagian bawah. Hormon inilah yang memicu kontraksi otot rahim untuk mengeluarkan darah menstruasi dari rahim.

Namun, jika kondisi ini masih berlangsung hingga masa haid telah berakhir, anda dapat sesegera mungkin bekonsultasi ke dokter di karenakan ada kemungkinan itu merupakan salah satu gejala yang cukup serius.