Tips Menghilangkan Stres Saat Bekerja

Tips menghilangkan stres saat bekerja berikut pada umumnya belum banyak diketahui. Sehingga mereka yang kerap mengalaminya tak jarang uring-uringan dan tidak bisa konsentrasi dengan pekerjaan yang tengah mereka kerjakan. Dan disitulah pekerjaan yang mereka lakukan menjadi berantakan dan tak kunjung selesai.

tips menghilangkan stres

Pada dasarnya, terkadang tekanan didalam pekerjaan bisa menjadi sebuah motivasi. Namun tentu ada saatnya kita berada di puncak tekanan yang akhirnya menimbulkan stres kerja. Maka dari itu, kini kita akan membahas cara menghilangkan stres saat kerja, sehingga anda tidak perlu menghindar ataupun lebih jauh tenggelam dalam tekanan.

Apa yang menjadi penyebab stres kerja memuncak?

Stres kerja memuncak umumnya dapat disebabkan oleh atasan yang kurang bisa memberikan dukungan, beban kerja yang berlebihan, rekan kerja yang suka mem- bully hingga melakukan kekerasan fisik di lingkungan kerja.

Dan tak jarang, stres di temnpat kerja juga bisa membawa seseorang ke dalam hidup yang tidak sehat. Mulai dari banyak makan atau ngemil secara tidak sehat guna untuk melampiaskan rasa stres, melewatkan waktu makan, minum minuman beralkohol hingga menjadi lebih sering merokok.

Adakah tips menghilangkan stres saat bekerja yang efektif?

Agar stres tidak hadir secara terus menerus dan membuat anda lupa bahagia, anda bisa simak beberapa tips menghilangkan stres kerja di bawah ini:

  • Kenali batas kemampuan anda

Mengenali sampai mana batas kemampuan anda dalam menanggung beban pekerjaan adalah hal yang penting untuk menurangi stres dalam pekerjaan. Dengan begitu, anda juga bisa memperhitungkan berapa lama waktu yang anda perlukan untuk menyelesaikan beban kerja anda. Selain itu, anda juga dapat terhindar dari rasa lelah yang berlebihan.

  • Cobalah bicarakan dengan atasan anda

Untuk sebagian orang, mungkin berbicara dengan atasan atau melakukan sesi curhat kecil terkadang merupakan hal yang agak canggung. Meski begitu, cobalah bicarakan mengenai stres yang anda alami kepada atasan anda tersebut.

Anda juga berhak untuk menolak atau mengatakan tidak pada atasan anda, apabila anda merasa beban yang diberikan sudah melampaui batas kemampuan anda. Atau bahkan, beban pekerjaan yang diberikan luar dari tanggung jawab pekerjaan anda. Tapi, selalu berikan solusi alternatif agar atasan anda tidak kecewa.

  • Lupakan pekerjaan sejenak

Beban atau target pekerjaan tak jarang mebuat seseorang mengalami stres. Bahkan tak jarang hal ini bisa melebar dan menimbulkan masalah lain dikeghidupan anda. Jika anda merasa diri Anda telah berada ditahap ini, maka cobalah untuk mengistirahatkan diri Anda sejenak. Lupakan pekerjaan sejenak dan carilah hiburan yang dapat membuat anda tertawa. Tertawa bisa memberikan dampak positif bagi tubuh dan jiwa anda.

  • Cobalah untuk melakukan meditasi

Anda mungkin merasa bahwasannya meditasi atau yoga bukanlah gaya anda. Akan tetapi tidak ada salahnya melakukan aktivitas ini. Medirtasi dapat memberikn efek postif bagi kesehatan jiwa dan fisik anda dengan menumbuhkan rasa keseimbangan, ketenangan dan kedamaian. Selama sesi meditasi, anda dapat lebih memfokuskan perhatian dan menenangkan arus fikiran yang membuat kepala anda terasa penuh dan stres.

Selain dari pada itu, masih banyak hal lainnya yang bisa anda jadikan cara untuk mengatasi stres di tempat kerja. Seperti halnya menghela napas dalam-dalam sesering mungkin, mendengarkan musik, melakukan olahrga kecil, tidak menunda pekerjaan, memanfaatkan waktu istirahat semaksimal mungkin, buatlah tempat kerja anda bersih dan nyaman juga memotivasi diri.

Mungkinkan ini saatnya anda keluar dari pekerjaan anda?

Ada hal yang perlu anda ingat, di mana pun Anda bekerja, tidak ada pekerjaan yang mudah dan seslalu brjalan sesuai dengan keinginan anda. Dan sebelum anda memutuskan untuk pergi dan meninggalkan semua sumber stres yang Anda alami. Tidak ada salahnya juga untuk memperhitungkan berbagai hal yang Anda dapatkan dan tidak didapatkan dari pekerjaan.

Anda bisa membuat tabel atau daftar mengenai positif dan negatifnya anda berada di tempat Anda bekerja saat ini, seperti:

  • Apa yang membuat saya mmiliki pekerjaan ini?
  • Apa yang bisa saya dapat dari pekerjaan ini? Salahatunya, bertambahnya pengetahuan.
  • Apakah saya dapat blajar banyak hal dari pekerjaan saat ini?
  • Bagaimana dengan gaji yang saya peroleh? seterakah dengan beban pekerjaan? Cukupkah untuk kebutuhan hidup?
  • Seberapa jauh lokasi tempat kerja dan rumah?
  • Bagaimana lingkungan pekerjaan saya?
  • Bagaimana atasan saya? Apakah mampu menjadi pemimpin yang baik atau hanya menjadi seorang bos?
  • Bagaimana peraturan di kantor saya?

Anda bisa membuat daftar tersebut, sehingga anda bisa mengetahui seberapa banyak kelebihan dan juga kekurangan pekerjaan anda ini. Jika anda mendapatan tawaran di perusahaan lain, tentu saja anda bisa membandingkan keduanya.

Beban kerja, lingkungan kerja yang tidak menyenangkan dan atasan yang tidak bisa memimpin merupakan komposisi yang paling sering membuat seseorang mengalami stres kerja. Kenali penyebab anda mengalami stres kerja, uintuk bisa mencari solusinya sebelum akhirnya hal itu merusak kehidupan anda.

Sekian informasi yng dapat saya sampaikan seputar tips menghilangkan stres saat kerja. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan juga memberikan secercah harapan semangat baru dalam melakukan setiap anda. SEMANGAT!!

Tips Menghilangkan Stres Saat Bekerja | Nida Saripa | 4.5