Tips Mencegah Flu Pada Anak Di Musim Hujan

Tips Mencegah flu pada anak di Musim Hujan

Tips Mencegah flu pada anak di Musim Hujan

Tips Mencegah flu pada anak di Musim Hujanrasasakit.com -, Bunda pasti sangat khawatir, apabila sang anak mengalami sakit flu atau filek yang pada umumnya di sertai dengan demam. terlebih penyakit influenza ini sering kali berlangsung dalam waktu yang lam bahkan bisa lebih dari satu minggu. Hal tersebut menyebabkan sang anak tidak dapat beraktivitas, bersekolah dan bermain riang seperti hari-hari biasanya. Terlebih jika musim hujan menjelang, Banyak dari Anak yang sangat rawan sekali terserang penyakit ini. Untuk itu, bunda perlu melindungi mereka dari berbagai virus yang dapat menyebabkan flu, dengan mengajari mereka perilaku hidup yang sehat mulai dari hal yang terkecil.

Baca juga: Solusi Tepat mengatasi sakit mata merah pada anak 

Gejala sakit flu pada anak

Anak yang terkena flu sering kali mengalami beberapa gejala. Berikut gejala penyakit flu pada anak yang pada umumnya terjadi.
– Kepala terasa pusing.
– Tubuh merasa lelah.
– Otot terasa ngilu.
– Hidung tersumbat.
– Keluat keringat dingin dari tubuh.
– Mengalami batuk.

Penyebab  flu pada anak

Penyakit flu pada anak ataupun dewasa seringkali di sebabkan oleh berbagai macam virus, yang salah satunya adalah Rhinovirus. Virus-virus tersebut dengan mudahnya menyebar melalui bersin, batuk bahkan berbicara dengan orang yang sedang mengalami penyakit flu.

Selain itu, seorang anak mudah terjangkit penyakit flu juga di sebabkan anak memiliki daya imun yang lebih rendah di banding dengan orang dewasa. Terlebih ketika anak sedang berada di sekolah, mereka lebih dekat dengan berbagai sumber bakteri.  Untuk itu, bunda harus ekstra hati-hati dalam menjaga anak agar sang anak dapat terhindar dari berbagai virus penyebab flu.

Tips mencegah Flu pada anak di musim hujan

Tips Mencegah flu pada anak di Musim Hujan

Tips Mencegah flu pada anak di Musim Hujan

Berikut beberapa tips atau cara pencegahan flu pada anak yang dapat bunda lakukan terlebih saat musim hujan menjelang.

1. Mencuci tangan dengan sabun

Meski terdengar sepele, namun kebiasaan yang mulai di tinggalkan ini, dapat di jadikan cara mencegah flu pada anak. Itu di sebabkan mulai dari tanganlanh bakteri masuk ke dalam tubuh. Terlebih banyak dari gerakan tangan  anak yang mengarah pada sekitar wajah yang dapat meningkatkan resiko tertular flu. Biasakan cuci tangan anak setelah mereka beraktifitas di luar, sebelum dan sesudah makan. Lakukan selama 20 detik menggunakan sabun, dan jika memungkinkan menggunakan air hangat.

2. Menutup hidung dan mulut saat bersin menggunakan siku

Ketika anda bersin, otomatis kita akan menutup mulut dan hidung kita menggunakan kedua tangan. Namun mulai dari sekarang, ajarilah anak-anak untuk menutup hidung dan mulut mereka dengan lipatan siku.

3. Menggunakan cairan pembersih tangan

Mencuci tangan dengan menggunakan cairan pembersih tangan akan sangat baik digunakan dibanding dengan menggunakan air dan sabun. Hal tersebut di sebabkan karena cairan pembersih tangan mengandung zat-zat aktif yang dapat membunuh kuman yang menempel di tangan saat anak beraktivitas di luar ruangan. Aturan mencuci tangan menggunakan cairan pembersih tangan yang baik di sarankan selama 30 detik hingga si cairan kering. Dianjurkan pula memakai cairan pembersih tangan berbahan alkohol. Namun cairan pembersih tangan berbahan alkoholpun sangat tidak di anjurkan untuk di gunakan oleh anak-anak di bawah 6 tahun.

4. Hindari berbagi dengan anak lain terlebih mereka yang mengalami flu

Berbagi merupakan suatu perilaku yang sangat baik. Namun berbagi makanan, minuman atau yang lainnya dengan berhubungan langsung dengan mulut, disarankan untuk di hindari. Karena berbagi dengan cara tersebut merupakan sarana bagi virus atau bakteri untuk berpindah-pindah.

5. Menggunakan masker

Selain menjaga kebersihan tangan, cara mencegah sakit flu pada anakpun dapat di lakukan dengan menggunakan masker. Ajarkan anak untuk menggunakan masker yang tepat, sehingga mulut dan hidung dapat tertutup dengan sempurna. Terlebih, anjurkan anak anda memakai masker apabila ada temannya di sekolah yang sedang terkena flu. Buang masker yang sudah di pakai.

Beri asupan makanan yang sehat

Selain yang telah di uaraikan diatas, cara mencegah flu pada anak juga dapat di lakukan dengan memberi mereka asupan makan sehat seperti halnya sayuran, buah-buhan dan juga vitamin jika di perlukan. Hal tersebut dapat menjaga dan meningkatkan sistem imun anak, sehingga tubuh merekapun tidak mudah tertular virus ataupun bakteri yang dapat menyebabkan flu dan gangguan kesehatan lainnya.

Nah itulah cara mencegah anak sakit flu di musim hujan yang patut bunda aplikasikan pada sanga anak. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih telah menyimak artikel kami di sela kesibukan anda. Dan selamat berjumpa kembali pada artikel yang berikutnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Tips Mencegah Flu Pada Anak Di Musim Hujan | Nida Saripa | 4.5