Tips Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Tips melahirkan normal tanpa rasa sakit berikut sebaiknya perlu diketahui oleh para ibu hamil yang kini akan menghadapi persalinan terlebih secara normal. Bahkan selain dapat mengurangi rasa sakit, juga diketahui dapat mengurangi terjadinya robekan yang terjadi. Informasi selengkapnya ketahui dalam ulasan singkat berikut.

tips melahirkan normal tanpa rasa sakit

Melahirkan normal adalah salah satu proses persalinan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang menjalani kehamilan. Selain itu, roses persalinan ini juga sangat disarankan oleh medis. Dengan menjalani proses melahirkan secara normal juga menjadi salah satu pertanda bahwa janin dan sang ibu berada dalam kesehatan yang baik.

Namun di balik itu semua, tak sedikit daripada ibu hamil yang merasa sangat khawatir dan juga ketakutan menjelang melahirkan. Adapun salah satu faktor yang memicu rasa khawatir dan takut tersebut adalah bayangan rasa sakit yang akan menimpa para ibu hamil tat kala menjalani proses persalinan normal.

Meski hal tersebut tak dapat dipungkiri, namun rasa sakit yang diderita para ibu hamil berbeda-beda, tergantung dari pengalaman melahirkan, ukuran dan berat bayi, dukungan keluarga, teknik melahirkan, hingga pertolongan medis yang di berikan.

Tips melahirkan normal tanpa rasa sakit

Untuk membantu para Ibu hamil bisa melewati proses melahirkan tanpa tersiksa dengan rasa sakit yang luar biasa, maka berkut terdapat beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit saat persalinan normal berlangsung. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berdoa

Segala sesuatu dalam kehidupan ini tentulah adalah yang mengatur, yakni Tuhan yang maha Esa. Hanya Dia yang mampu menentukan segalanya terhadap apa-apa yang ada di muka bumi ini, termasuk proses melahirkan yang akan ibu lalui. Maka dari itu, perbanyaklah berdoa dan berdzikir kepada-Nya, agar proses persalinan berjalan lancar dan tentunya keselamatan menghinggapi ibu dan sang buah hati.

2. Yakin dan percaya

Tips melahirkan normal tanpa rasa sakit selanjutnya ialah hilangkan segala bentuk banyangan atau pikiran bahwa poses melahirkan itu adalah sebuah proses yang menyakitkan. Karena dengan asumsi tersebut, maka niscaya proses melahirkanpun akan terasa sakit. Namun tanamkanlah di benak Anda dengan yakin bahwa proses melahirkan tidak akan menyakitkan dan proses alami ini telah dilalui dengan selamat oleh berjuta-juta ibu dan mereka bisa.

3. Lakukan jalan-jalan kecil sebelum melahirkan

Saat kontraksi belum memuncak, dan menurut medis Anda masih memiliki waktu sebelum melahirkan, maka manfaatkan waktu tersebut dengan berjalan-jalan kecil dan santai disekitar ruangan persalinan. Hal ini juga dapat membantu mempercepat dan memperlancar proses persalinan tanpa rasa sakit yang luar biasa.

4. Rileks menjelang melahirkan

Pada dasarnya, merasa tegang saat proses persalinan justru dapat membuat otot ibu akan kaku. Dan jika kondisi ini terjadi, maka proses melahirkan akan terasa menyakitkan. Proses melahirkan membutuhkan otot-otot yang luwes terutama di sekitar pinggul, paha dan juga perut.

Hal tersebut lantaran akan terjadi peregangan otot yang hebat pada saat proses melahirkan terjadi. Maka dari itu, rileks menjelang persalinan akan membuat otot-otot Anda luwes. Selain itu, pikiran Anda pun akan jauh menjadi lebih tenang.

5. Berikan dukungan dari suami dan keluarga

Dukungan khususnya dari suami dan keluarga bisa membuat sanga ibu menjadi lebih termotivasi. Bahkan, rasa cinta sang suami yang tulus dan tercurah limpah pada sang istri yang tengah berjuang di kala melahirkan dipercaya mampu membantu mengurangi rasa sakit yang dialami oleh sang ibu.

6. Gunakan teknik pernafasan yang benar

Selama proses melahirkan berlangsung, diperlukan tenaga yang begitu besar. Apabila sang ibu tidak bisa mengatur tenaga saat proses persalinan, maka melahirkan akan begitu lama dan tentunya juga akan menyiksa sang ibu. Adapun salah satu teknik yang bisa digunakan adalah dengan mengatur pernapasan saat melahirkan.

Menggunakan teknik pernapasan yang benar, selain dapat mengatur energi, juga dapat mengatur pasokan oksigen, membantu rileksasi dan juga dapat membantu saat mengejan dan juga mendorong dan respon positif terhadap kontraksi.

7. Titik pusat perhatian

Anda bisa membawa sesuatu dari rumah yang dapat dijadikan sebagai titik perhatian saat proses melahirkan, seperti halnya poto keluarga atau hal lain yang menyenangkan. Hal ini juga bisa membantu sang ibu mendapatkan kenyamanan saat menjalani proses melahirkan.

Sang ibu juga bisa mendengarkan musik damai yang dapat menentramkan hati. Selain dari pada itu, menetapkan titik pusat perhatian juga dapat dilakukan dengan membayangkan betapa lucunya buah hati yang akan dilahirkannya nanti.

8. Mengetahui proses persalinan dan teknik melahirkan yang benar

Dengan mengetahui proses persalinan yang akan dilalui, maka sang ibu akan melakukan persiapan sebaik mungkin dalam menjalani proses melahirkan. Ibu yang sudah siap secara psikologis akan sangat membantu dan mempercepat proses persalinan. Dan sebauah proses persalinana yang cepat tentunya akan menjadikan melahirkan sebagai sebuah pengalaman yang ternyata tidak menyakitkan.

Selain dari pada itu, menggunakan teknik yang benar juga dapat membantu sang ibu untuk menurangi rasa sakit yang terjadi. Dengan mengtahui teknik melahirkan, proses persalinan tentunya akan berjalan dengan cepat juga mengurangi rasa sakit pada diri sang ibu. Salah satu teknik melahirkan sendiri adalah mendorong dan mengejan.

Selain dari beberapa tips yang telah disampaikan diatas, terdapat juga beberapa pilihan obat juga metode untuk melancarkan dan menghilangkan rasa sakit saat persalinan yang bioleh saja dilakukan selama dibawah pengawasan dokter yang berangkutan. Adapun diantaranya ialah:

  • Obat bius ini pada dasarnya tidak menghilangkan rasa sakit, namun hanya mengurangi saja.
  • Etonoks atau perpaduan gas oksida nitrat dan juga oksigen yang dapat membantu mengurangi rasa sakit selama persalinan.
  • Suntikan petidin, yakni pereda sakit pada otot pantat dan paha yang juga berperan dalam mengurangi rasa sakit
  • Persalinan dalam air (water birth) juga dipercaya membuat kontraksi lebih tidak terasa sakit dan ibu hamil menjadi lebih santai.
  • Hypnobirthing atau teknik untuk tetap tenang dan memiliki kontorol dan memiliki kontrol saat bersalin ditengah situasi buruk apapun.

Adapun bagi Anda yang tida ingin melahirkan tanpa jahitan juga bisa. Salah satu tipsnya yang paling banyak di lakukan yakni dengan tidak mengangkat bokong saat proses mengejan. Adapun selengkapnya bisa Anda konsultasikan lebih lanjut dengan dokter atau bidan Anda.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar tips melahirkan normal tanpa rasa sakit. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat, khususnya bagi Anda yang kini tengah menanti poroses persalinan tiba!

Tips Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit | Nida Saripa | 4.5