Tips Atasi Sakit Payudara Saat Hamil Trimester Pertama

Tips Atasi Sakit Payudara Saat Hamil Trimester Pertama

Tips Atasi Sakit Payudara Saat Hamil Trimester Pertama

Tips atasi sakit payudara saat hamil trimester pertama –  rasasakit.com – Menjelang menstruasi, pada umumnya wanita mengalami payudara yang tegang dan juga sakit apabila di sentuh. Dan beberapa hari kemudian setelah itu, menstruasipun berlangsung. Namun apabila bunda mengalami hal yang serupa, namun tak kunjung haid, bunda bisa cek dengan alat kehamilan. Tak heran jika hasilnya postif. Menurut dr. Novan Satya Pamungkas, SpOG mengatakan

“umumnya seorang wanita hamil akan mulai merasakan nyeri payudara di awal kehamilannya, terutama pada minggu ke 4-7 pada masa kehamilan. Nyeri pada payudara saat hamil muda merupakan gejala kehamilan yang paling awal di rasakan di banding dengan mual dan muntah”.

Selain mengalami rasa nyeri, wanita hamil pada trimester pertama juga sering kali merasakan payudara terasa geli, berat “penuh” dan juga bra menjadi kekecilan.

Selain pada trimester pertama kehamilan, sakit di sekitar payudara saat hamil juga sering kali di rasakan oleh wanita hamil yang telah memasuki trimester kedua dan juga trimester ke tiga. Payudara nyeri saat hami 35 minggu yang setara dengan kehamilan yang memasuki trimester ke tigapun itu menjadi hal yang wajar. Pada periode tersebut, tubuh mulai memproduksi hormon prolaktin dalam jumlah yang sangat besar. Hormon jenis ini berfungsi  untuk merangsang kelenjar di payudara untuk menghasilkan kolostrum, prekursor untuk asi. Seiring dengan kondisi tersebut, payudara akan terasa berat dan juga sakit. medapat menjadi pertanda awal bahwa payudara siap untuk menghasilkan asi.

Baca juga: Penyebab Rasa Sakit Di Perut Pada Ibu Hamil

Payudara sakit saat hamil, normalkah?

Tips Atasi Sakit Payudara Saat Hamil Trimester Pertama

Tips Atasi Sakit Payudara Saat Hamil Trimester Pertama

Rasa nyeri pada payudara wanita hamil pada umumnya didefinisikan sebagai hal yang lumrah dan juga tidak berbahaya sama sekali. Penyebab nyeri payudara saat hamil trimester pertama, kedua atau ketiga sejatinya disebabkan peningkatan hormon esterogen dan hormon progesteron selama masa kehamilan, yang memicu meningkatnya pula aliran arus darah, serta melebarkan pembuluh darah di payudara. Selain itu pada masa wanita siap menyusui kandungan lemak juga ikut bertambah. Sehingga kondisi nyeri pada payudara saat hamil terbilang kondisi normal dan tidak berbahaya.

Dan kapan nyeri payudara hilang saat hamil? Rasa nyeri pada payudara hilang pada setiap wanita hamil berbeda pada umumnya, ada yang hanya merasakan rasa nyeri paudara pada trimester pertama, hanya timeseter ke tiga, bahkan ada yang mengalami nyeri pada payudara pada trimester awal hingga akhir.

Selain menyebabkan nyeri pada payudara, peningkatan hormon esterogen dan juga progesteron, sering kali menyebabkan permasalahan lain pada wanita hamil, yang salah satunya adalah jerawat. Anda juga jangan jangan sembarang memilih produk atau krim untuk mengatasi jerawat anda selama masa kehamilan, karena jika produk yang anda pakai mengandung bahan kimia berbahaya, maka itu akan sangat berpengaruh buruk pada janin anda. Untuk panduan mengatasi jerawat selama kehamilan scara alami dan juga aman, anda dapat menyimak artikel Tips Aman Mengatasi Jerawat Pada Ibu Hamil Dan Menyusui.

Tips atasi sakit payudara saat hamil

Rasa nyeri pada payudara saat hamil pada umumnya tak dapat di hindari, bahkan sampai saat ini belum ada cara menghilangkan rasa nyeri pada payudara saat hamil ayang ampuh untuk mengatasinya sampai tuntas diakbatkan penyebabanya dalah hormon. Akan tetapi anda dapat mengambil langkah-langkah sederana untuk mengurangi rasa nyeri payudara saat hamil. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengenakan payudara yang mendukung
    Selama kehamilan ukuran payudara anda selalu bertambah, oleh karena itu gunakan bra yang memadai dan tidak terlalu pas karena itu akan hanya memebuat anda semakimn tidak tidak nyaman.
  • Menggunakan bra pada malam hari
    Menggunakan bra yang memadai pada malam haripun di yakini dapat mengurangi ketidaknyamanan yang anda alami.
  • Perlakukan baik payudara anda saat mandi
    Untuk itu, pada saat mandi jangan gunakan waslap yang kasar  dan juga tidak menggosoknya terlalu kuat. Krena itu hanya akan menyebabakan puting payudara anda mengalami iritas. Untuk itu, cuci dan bilas dengan hati-hati agar dapat menghindari rasa sakit yang semakin bertambah pada payudara.
  • Mengompres payudara dengan Handuk hangat
    Tips sederhana lainnya yang dapat anda lakukan uintuk mengatasi nyeri payudara adalah dwengan mengompers payudara dengan handuk yang sebelumnya telah di basahi dengan air hangat. Cara ini diyakini pula dapat mengurangi rasa nyeri pada payudara anda.
  • Mengurangi asupan garam
    Mengurangi asupan garampun di yakini dapat mengurangi rasa nyeri pada payudara saat hamil. Ini di sebabakan garam mengandung air, yang menyebabakan payudara anda terasa berat dan sakit.
  • Memparbanyak minum air putih
    Selain memiliki fungsi menghilangkan racun di dalam tubuh, dengan memperbanyak minum air putih selama kehamilan juga dapat memebuat anda semakin ringan dan juga segar.
  • Sholat dengan gerakan yang benar
    Gerakan shiolat juga efektif untuk mengatasi permasalahan nyeri pada ibu hamil yang diantaranya adalah nyeri payudara saat hamil. Selain itu akan menjadikan fikiran dan tubuh tetap tenang dan rileks. Hal ini nanatinya akan memebantu anda mentoleransi nyeri pada payudara selamakehamilan.

Namun apabila nyeri pada payudara terasa berbeda dari biasanya, atau disertai kulit payudara yang memerah, ruam atau masalah lain seperti payudara meradamng dan juga panas apabila di sentuh, anda harus segera memerikasakan keadaan diri anda ke dokter, karena terdapat sedikit kemungkinan saluran susu terinfeksi dan memerlukan perawatan dengan segera.

Nah itulah tips atasi sakit payudara saat hamil trimester pertama sampai trimester akhir yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktu anda untuk menyimak artikel kami di sela kesibukan anda. Dan selamat berjumpa kembali pada artikel yang berikutnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Tips Atasi Sakit Payudara Saat Hamil Trimester Pertama | Nida Saripa | 4.5