Pertolongan Pertama Vertigo Saat Kambuh

Pertolongan pertama vertigo sebaiknya anda ketahui, terlebih jika terdapat salah seorang dari anggota keluarga bahkan anda sendiri merupakan sorang penderita vertigo. Informasi selengkapnya bisa anda simak hanya disini!

pertolongan pertama vertigoVertigo adalah adalah salah satu jenis gangguan saraf yang mana di tandai dengan sakit dan nyeri yang hebat pada kepala (seperti serangan migrain) secara tiba-tiba di beberapa titik tertentu di kepala, yang bahkan dapat menyebabkan penderitanya kehilangan kesadaran saat penyakit ini kambuh.

Untuk mengetahui cara membedakan sakit kepala biasa dengan sakit kepala gejala vertigo, biasanya selain sakit kepala yang hebat, beberapa gejala lainnya pun kerap kali muncul seperti halnya:

  • Kehilangan keseimbangan tubuh
  • Sensasi anda atau lingkungan sekitarnya tengah bergerak.
  • Mual, muntah dan sakit kepala yang luar biasa.
  • Tidak stabil jika berjalan atau berdiri.
  • Penglihatan yang kabur dan sakit telinga.
  • Serta berbagai gejala lainnya yang berhubungan dengan penyakit otak dan juga telinga.

Adapun kekambuhan vertigo ini tidak dapat di prediksi dan sering kali terjadi secara tiba-tiba. Untuk itu, sangat di tekankan bagi anda yang mengalami kondisi ini untuk mengetahui berbagai perolongan pertama saat vertigo kambuh, terbagi ke dalam 2 bagian:

1. Pertolongan pertama vertigo pada diri sendiri:

  • Apabila vertigo kambuh saat anda duduk atau merebahkan tubuh: Usahakan untuk tidak bangkit dari posisi anda semula, lakukan penenangan saraf  dengan menarik napas secara dalam agar peredaran darah kembali lancar. Kemudian tahan napas selama 3 detik dan keluarkan secara perlahan-lahan di damping anda telah memposisikan kepala senyaman mungkin. Usahakan tidak melakukan pergerakan secara berlebihan, seperti halnya bergeleng. Lakukan hal tersebut antara lima hingga enam kali pengulangan hingga anda merasa lebih baik.
  • Apabila vertigo kambuh  pada saat berjalan atau berdiri: Berhenti sejenak sambil menundukkan kepala atau bahkan hingga  berjongkok. Kemudian anda juga bisa menyndarkan kepala anda di bangku, dan segera melakukan reklasisi seperti yang di lakukan pada cara pertama.
  • Apabila vertigo kambuh pada saat berkendara: Usahakan untuk segera menepikan kendaraan anda. Kemudian beristirahat sejenak dan melakukan relaksasi seperti yang di lakukan pada no 1. Apabila serangan telah merada, harap tidak langsung kembali mengemudi, namun beristirahatlah selama 20-30 menit sebelum kembali berkemudi.

2. Pertolongan pertama vertigo pada penderita lainnya:

  • Saat vertigo penderita kambuh, maka anda harus sudah siap untuk menopang tubuhnya sewaktu-waktu apabila penderita terjatuh maupun kehilangan keseimbangannya. Apabila memungkinkan, bantu dia untuk duduk duduk atau bersandar di suatu tempat. Pastikan suguhkan minuman hangat dan manis untuk membantu membuatnya rileks.
  • Jika penyakit vertigo yang di alami oleh penderita tergolong akut, maka anda bisa memberikannya obat penenang atau penangkal mual dan muntah.
  • Adapun jika kondisi tidak kunjung membaik, anda bisa melariakannya ke klinik atau pusat kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan serta diagnosis yang tepat.

Nah, itulah beberapa pertolangan pertama vertigo saat kambuh secara tiba-tiba yang bisa anda aplikasikan. Adapun pengobatan vertigo  secara lanjut yang tepat, anda juga bisa memberikannya obat vertigo yang alami kombinasi dari daun sirsak dan juga kulit manggis. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda.

Pertolongan Pertama Vertigo Saat Kambuh | Nida Saripa | 4.5