Perbedaan Cacar Air Dan Herpes Pada Bayi

Cacar air dan herpes merupakan dua penyakit yang hampir memiliki kesamaan. Bahkan, banyak dari orang tua yang salah mengartikan antara cacar air dan hepes yang di alami oleh sang buah hati. Meski di sebabkan oleh virus yang sama (virus varicella), akan tetapi kedua penyakit ini sangatlah berbeda secara signifikan, terlebih pada gejala yang di timbulkan.

perbedaan cacar air dan herpes pada bayi

Perbedaan cacar air dan herpes pada bayi

Tak hanya dewasa, anak-anak bahkan bayi sekalipun, juga memiliki resiko terhadap penyakit herpes. Pada umumnya, herpes yang sering kali di alami oleh anak adalah herpes zoster. Penyakit yang menyakitkan tersebut, di tandai dengan adanya ruam-ruam berisi gelembung air pada daerah permukaan kulit tertentu. Seperti di mulut, wajah, tangan, dada, punggung, dan lain sebagainya.

Sebelum terkena herpes, biasanya bayi terlebih dahulu mengalami cacar air. Sebab saat mengalami cacar air, virus yang menyebabkan herpes ini (varicella zoster) terdapat dalam akar saraf dan bersifat tidak aktif. Namun setelah penyakit cacar air sembuh, namun badan sang anak mengalami kelemahan sistem imun, virus zosterpun aktif kembali dan memicu timbulnya ruam berupa gelembung berisis air secara bekelompok. dan kali ini bukan cacar lagi yang di alami oleh sang anak, melainkan herpes zoster. Selain sistem imun yang lemah, beberapa faktor lainpun dapat memicu aktifnya virus zoster. Di antaranya, tekanan dan proses penuaan, serta beberapa jenis obat.

Baik cacar air maupun herpes zoster merupakan penyakit yang mudah menular, baik kontak langsung kulit dengan kulit, air ludah, udara dan lainnya. Maka ada baiknya jika si kecil kini tengah mengalami penyakit herpes, langkah terbaiknya adalah dengan mengisolasikannya terlebih dahulu, untuk mencegah kontak dengan angota keluarga yang tidak terinfeksi virus ini.

Perbedaan gejala cacar air dan herpes zoster pada bayi

Infeksi penyakit cacar air, biasanya dapat berlangsung dalam kurun waktu 7-21 hari. Selain itu, gejala lainnya berupa munculnya bintil-bintil lepuhan merah, yang melepuh pada sekujur tubuh dan wajah. Ruam cacar airpun akan muncul dalam tiga fase:

  • Bintil-bintil kemerahan (papula).
  • Bintil-bintil lepuhan berisi cairan (vesikel)
  • Keropeng atau kulit mengering.

Tanda serta gejala yang muncul sehari atau dua hari sebelum unculnya luka lepuhan adalah gejala yang persis dengan gejala flu, seperti: Demam, Hilangnya nafsu makan, Kelelahan dan tidak enak badan

Sedangkan, bayi yang mengidap infeksi herpes zoster, biasanya hanya terinfeksi pada sebagian kecil area  pada tubuh maupun wajah. Disamping munculnya luka lepuhan, ada beberapa gejala lainnya yang mengiringi herpes zoster diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Adanya rasa nyeri, perih, terbakar, mati rasa, ataupun geli yang di alami penderitanya.
  • Terlalu peka saat di sentuh.
  • Ruam kemerahan yang mulai terbenuk akan  terasa nyeri setelah beberapa hari muncul
  • Bintil-bintil lepuhan akan pecah dan mengering.
  • Gatal-gatal.

Penanganan herpes zoster pada bayi

Penangan untuk cara tepat penanganan herpes zoster pada bayi dapat di lakukan dengan penaganan secara medis maupun non medis. Namun yang terpenting, jika bayi anda ampun mapun dewasa terserang penyakit ini, jangan berekikan penderita jenis obat yang menagndung aspirin di dalamnya, karena jenis obat tersebut dapat menimbulkan syndrome raye. untuk pengobatan ini, dokter biasanya memberikan pengobatan antiviral yang dapat mempercepat proses pemulihan dan pencegahan akan komplikasi yang dianataranya acyclovir, dan sebagainya.

Namun jika anda kini menginginkan proses penyembuhan ang cepat untuk sang buah hati, andapun dapat memilih pengobatan alternatif  herbal. Dan kami memiliki rekomendasi herbal terbaik para ahli, untuk mengopbatai herpes zoster pada bayi anda yaitu dengan menggunakan obat herpes alami untuk bayi dan balita. Yang di gunakan untuk di konsumsi secara langsung dan di oles. Sehingga proses penyembuhanpun cepat tanpa berbekas sama sekali. Selain itu juga aman tanpa menimbulakan efek samping apapun. Bagi anda yang berminat, ataupun ingin mengetahui informasi pemesanan obat herper alami ini, anda dapat >> Klik Disini <<.

Perbedaan Cacar Air Dan Herpes Pada Bayi | Nida Saripa | 4.5