Penyebab Vagina Wanita Terasa sakit

Terimakasih bagi anda yang telah berkunjung di situs rasasakit.com, yang kali ini akan memberikan informasi dari dunia kesehatan mengenai penyebab vagina wanita terasa sakit yang akan kami bahas secara lengkap dan juga terperinci.

Penyebab Vagina Wanita Terasa sakit

Penyebab Vagina Wanita Terasa sakit

Vagina merupakan alat reproduksi wanita yang harus selalu di jaga kebersihannya. Meski demikian, sebagian dari wanita pernah mengalami rasa sakit pada vagina secara tiba-tiba. Oleh karena itu, anda patut mengetahui beberapa penyebab vagina wanita terasa sakit supaya anda dapat menyikapinya dengan cepat dan tepat.

Penyebab rasa sakit pada vagina

rasa nyeri yang di rasakan pada vagina bisa saja di timbulkan akibat suatu hal ataupun penyakit yang tidak di ketahui oleh kita sebelumnya. Nah untuk itu, mari kita mengetahui beberapa jenis penyakit yang terdapat pada vagina.

1. Herpes

Merupakan penyakit yang di sebabkan oleh virus famili hepertoviridae, yang menyebabkan suatu ruam bintik-bintik merah nanah yang berkelompok. Meski pada umumnya herpes terjadi di kulit, herpes juga bisa menyerang alat kelamin. Jika anda menemukan gejala berupa benjolan kecil, merah, terasa gatal, perih, ataupun sakit di vagina anda, anda sesegera mungkin harus berkonsultasi ke dokter sebelum gejala tersebut menjalar ke daerah yang lain.

2. Vagina kering

Rasa nyeri pada vagina juga dapat di sebabkan karena vagina yang kering. Kondisi ini sering di alami oleh seorang wanita yang telah mengalami monopause. Selain itu, banyak pula wanita muda yang mengeluhkan vagina kering. hal tersebut di sebabkan karena pengaruh pil KB yang mengandung hormon esterogen yang rendah. Selain menimbulkan rasa nyeri pada vagina, kondisi ini pula dapat menyebabkan hubungan seks menjadi kurang nyaman.

3. Infeksi jamur

Kondisi ini pula dapat menyebabkan rasa nyeri pada vagina anda. Meski pada umumnya infeksi jamur pada kemaluan tidak menimbulakan rasa nyeri, namun sebagian orang yang menderita kondisi ini mengartikan bahwa rasa gatal, kering dan perih dengan perasaan nyeri. kondisi ini biasanya di sebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan di daerah sekitar v. Tak hanya menyerang alat vital wanita, infeksi akibat jamur ini juga bisa menyerang kemaluan pria.  Sangat di sayangkan, hampir semua orang terlebih wanita pernah mengalami kondisi ini. jika anda merasakan gejala seperti gatal dan kering pada daerah vagina segeralah anda konsultasikan dengan dokter yang telah anda percaya.

4. Ukuran genital pria yang terlalu besar

Terkadang ukuran penispun memicu penyebab rasa sakit pada vagina anda. Umumnya rasa sakit tersebut di alami ketika selesai hubungan intim dengan pasangan anda. Oleh karena itulah, melakukan pemanasan sebelum melakukan hubUngan suami istri jangan anda lewatkan. Supaya memperkecil kemungkinan miss v merasakan sakit setelah melakukan hubungan intim.

5. Endometriosis

Endometriosis atau radang panggul kronis juga dapat menyebabkan rasa sakit pada vagina anda. Rasa sakit itu muncul terutama pada saat penitrasi atau ketika sedang mengalami masa haid, bahkan sampai mengalami pendarahan yang berlebihan. Jika anda mengalami gejala tersebut segeralah untuk berobat ke dokter, agar dapat di tangani dengan tepat.

6. Vulvodinia

Merupakan suatu kondisi dimana di tandai dengan nyeri yang berkepanjangan pada daerah disekeliling vulva yang bisa terasa terbakar ataupun iritasi. Kondisi ini juga dapat memicu rasa sakit pada vagia anda, terutama pada saat penetrasi, menggunakan tampon pada saat haid, ataupun setelah dudukyang cukup lama. Penyakit ini belum di ketahui secara pasti apa penyababnya. Namun di duga kondisi ini di sebabkan oleh gangguan saraf-saraf di sekitar vagina.

Selain itu, rasa sakit pada miss v juga sering terjadi secara spontan. Bahkan saat tidak berhubungan seks sekalipun.

Sebagai langkah pencegahan agar tidak mengalami rasa sakit pada alat reproduksi, bahkan terjangkit penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksi hususnya wanita, jagalah kesehatan dan kebersihan tubuh sejak dini terutama kebersihan vagina anda. Sehingga aktifitas anda lancar dan hubungan seks andapun terasa nyaman. Apabila anda mempunyai keluhan ataupun kejanggalan dengan vagina anda, segeralah anda berkonsultasi dengan dokter yang sudah sangat anda percaya.

Penyebab Vagina Wanita Terasa sakit | Nida Saripa | 4.5