Penyebab Timbulnya Jerawat

Selamat bergabung kembali dengan kami di rasasakit.com, yang kali ini akan memberikan informasi bagi anda semua mengenai penyebab timbulnya jerawat, yang akan kami bahas selengkap-lengkapnya hanya untuk anda.

penyebab timbulnya jerawat

penyebab timbulnya jerawat

Kata jerawat sudah tidak asing lagi di dengar di telinga bayak orang. Karena masalah kulit yang satu ini hampir di alami oleh sebagian besar orang, yang kemunculannya biasanya di tandai dengan munculnya bintik-bintik di beberapa bagian tubuh, seperti wajah, punggung dan juga dada.

Bintik-bintik tersebut berkisar ringan sebesar komedo hitam dan putih, hingga bintik-bintik yang parah yang berisi nanah dan juga kista. Biasanya bintik-bintik yang tergolong parah akan meninggalkan bekas luka. Kondisi ini rentan di alami oleh mereka yang berusia di bawah 28 tahun, terutama para remaja pada usia antara 14 sampai 19 tahun.

Selain kulit berminyak dan timbulnya bintik-bintik, gejala jerawat juga ada yang menyebabkan kulit terasa panas dan juga sakit apabila disentuh.

Faktor penyebab timbulnya jerawat

Jerawat biasanya muncul ketika lubang-lubang kecil pada kulit atau folikel bulu tersumbat. Folikel bulu sendiri merupakan tempat asal tiapa rambut tumbuh. Selain itu, pada folikel bulu juga terdapat kelenjar-kelenjar minyak yang melekat yang memproduksi semacam minyak yang di sebut degan sebum. sebum sendi berguna untuk menjaga kelembaban rambut dan kulit untuk mencegah terjadinya kekeringan pada kulit.

Nah, kemunculan jerawat sendiri di akibatkan oleh terjadinya penyumbatan folikel bulu akibat bercampurnya sel kulit mati dengan kotoran dan sebum yang jumlahnya melebihi kebutuhan rambut dan juga kulit.

Jerawat yang tumbuh akan semakin parah akibat folikel-folikel bulu yang tersumbat semakin parah akibat terinfeksi bakteri pada kulit. Hal itu lah yang dapat menyebabkan:

  • Papula, yaitu benjolan di atas kulit yang biasanya terdiri dari infiltrat yang berukuran mulai dari sebesar kepala jarum sampai kacang polong.
  • Pastula, yaitu benjolan kecil yang pada ujungnya terdapat penumpukan nanah.
  • Nodul, yaitu benjolan pada kulit atau di bawah kulit yang berkuran lebih dari 0,5 cm, yang terasa keras dan juga sakit.
  • Kista, benjolan besaratau bisul yang berisi nanah.

Berikut penyebab-penyebab timbulnya jerawat pada pada dewasa dan remaja.

Penyebab timbulnya jerawat pada orang dewasa

Perubahan kadar hormon menjadi penyebab timbulnya jerawat pada orang dewasa terlebih wanita. alasannya adalah karena wanita sering mengalami perubahan hormon pada masa-masa tertentu, seperti saat menstruasi dan juga kehamilan.

Pada sebagian wanita jerawatkerap muncul menjelang periode menstruasinya. Sedangkan pada wanita hamil, jerawat kerap muncul pada 3 bulan awal masa kehamilan. Selai munculnya jerawat, bagi wanita yang mengalami kondisi yang di sebut sindrom ovarium poliksitik, Naik baerat bdanserta munculnya kista kecil dalam ovarium juga bisa terjadi.

Penyebab timbulnya jerawat pada remaja

Penyebab munculnya jerawat pada remaja di duga di sebabkan oleh meningkatnya kadar hormon testosteron pada tubuh yang terjadi selama masa puber berlangsung. Pada anak laki-laki, jenis hormon ini sangat berperan aktif dalam merangsang perkembangan penis. Sedangkan pada ank perempuan, jenis hormon ini berfungsi untuk memelihara kekuatan otot dan tulang.

Selain itu, timbulnya jerawat pada remaja juga di picu oleh produksi minyak juga meningkat seiring meningkatnya kadar hormon testosteron, bahkan sebum yang di produksi melebihi yang di butuhkan oleh kulit.

Penyebab jerawat karena keturunan

Pada sebuah studi mendapati bahwa salah satu penyebab timbunya jerawat adalah karena faktor turunan. Jadi, jika orang tua kita berjerawat, maka ada kemungkinan besar kita melami jerawat yang lebih parah pada saat kita muda. Kita juga dapat mengalami hal yang sama di waktu dewasa jika orang tua kitapun juga mengalami hal yang serupa.

Pemicu lain timbulnya jerawat

Selain penyebab yang telah di sebutkan di atas, masih ada pula beberapa penyebab munculnya jerawat, di antaranya dalah sebagai berikut.

  • Merokok.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti steroid, lithium yang di gunakan untuk mengobati bipolardan depresi, dan termasuk juga obat anti epilepsi.
  • Gesekan material yang kita pakai dengan kulit secara terus menerus.
  • Penggunaan beberapa produk kosmetik.

Jadi mitos-mitos penyebab timbulnya jerawat seperti tertular dengan orang yang berjerawat, pola makan yang buruk, aktivitas seksual, dan mitos yang lainnya itu semua tidak benar. Namun jerawat timbul akibat reaksi biologis yang terjadi di bawah permukaan kulit.

Selai itu, penggunaan pasta gigi yang di percaya bisa mengeringkan jerawat itu juga tidak benar. Meski pasta gigi mengandung zat anti bakteri, namun pasta gigi juga mengandung zat yang bisa membuat kulit mengalami iritasi dan juga rusak. oleh karena itu, penggunaan pasta gigi sangatlah tidak di sarankan ntuk mengobati jerawat. Doker atau apoteker bisa memberikan saran pengobatan terhadap jerawat anda secara aman dan juga efektif.

Nah, itulah informasi yang dapat kami berikan pada kesempatan ini mengenai penyebab timbulnya jerawat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, dan selamat berjumpa kembali pada artikel berikutnya.

Penyebab Timbulnya Jerawat | Nida Saripa | 4.5