Penyebab Sperma Pria Sedikit Dan Encer

Penyebab sperma pria sedikit dan encer -, Banyak faktor yang dapat mempengaruhi proses pembuhan hingga terjadi kehamilan. Salah satu di antaranya adalah faktor jumlah sperma yang di miliki oleh pria. Berdasarkan standar kesuburan pria yang di tetapkan oleh WHO, dalam setiap mililiter cairan semen (sperma) yang di ejakulasikan pria normalnya terdapat 20 juta ekor sperma yang di hasilkan.

Penyebab Sperma Pria Sedikit Dan Encer

Penyebab Sperma Pria Sedikit Dan Encer

Dan jika sperma tersebut kurang dari angka tersebut, maka dapat menjadi pertanda pria tersebut mengalami masalah dengan kesuburan. Lalu, apa penyebab sperma encer dan sedikit pada pria atau suami? Untuk mengatahui jawabannya, anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Apa penyebab sperma pria sedikit dan encer?

Adapun beberapa faktor penyebab sperma pria sedikit tidak selalu diakibatkan adanya masalah dalam sistem reproduksi pria, akan tetapi juga dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor lainnya seperti faktor kesehatan, lingkungan dan faktor gaya hidup.

1. Jumlah sperma sedikit akibat faktor kesehatan

Penyebab sperma sedikit dan encer pada pria sebagian besar di sebabkan karena adanya masalah kesehatan yang mereka alami. Secara tidak langsung, kondisi kesehatan yang mereka alami dapat mempengaruhi sperma yang di hasilkan menjadi sedikit. Beberapa kondisi kesehatan tersebut diantaranya:

  • Varikokel. Terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah di testis yang menyebabkan testis tidak mengalami pendinginan, dapat memicu sperma yang di produksi sedikit dan gerakannyapun lambat.
  • Infeksi. Infeksi juga dapat menjadi pemicu jumlah sperma menjadi sedikit. Hal tersebut di karenakan kondisi tersebut mengganggu produksi dan kesehatan sperma dan menyebabkan oparut sehingga menghalangi perjalanan sperma. Terjadinya infeksi dapat di sebabkan karena adanya penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, prostatitis dan infeksi saluran kemih.
  • Masalah ejakulasi dini. Terkadang air mani memasuki kandung kemih saat orgasme dan bukan keluar melalui lubang ujung penis. Kondisi ini sering kali di sebut dengan ejakulasi retrogade. beberapa penakit yang dapat menyebabkan kondisi ini adalah diabetes, cedera tuang belakang dan operasi prostat. Beberapa jenis obat tertentu juga dapat menyebabkan kondisi ini, salah satunya adalah obat hipertensi alpha blockers.
  • Antibody. Terkadang tubuh  salah mengidentifikasi sperma dan menyangka sebagai penyerbu berbahaya. Sistem antibody akan berusaha mengancurkan sperma yang di produksi dapat menyebabkan sperma yang di hasilkan sedikit atau tidak berkualitas.
  • Tumor. Adanya kanker atau tumor juga berdampak pada sistem reproduksi pria secara tidak langsung. Paling tidak akan menmpengaruhi kelenjar hipofisis yang memproduksi hormon yang berhubungan dengan sistem reproduksi. Radiasi dan kemoterapi juga dapat mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma pria.
  • Ketidakseimbangan hormon. Terjadinya perubahan hormon  serta sisten pada tiroid dan adneral akan merusak produksi sperma.
  • Saluran sperma rusak. Tabung yang membawa sperma bisa rusak akibat adanya penyakit atau cidera. Bahkan beberapa pria sejak lahir ada yang mengalami penyumbatan pada saluran testis yang menyimpan sperma atau penyumbatan pada salah satu tabung yag membawa sperma keluar dari testis.
  • Kromosom cacat. Secara genetik, pria kemungkinan membawa kelainan seperti sindrom klinefelter (pria membawa 2 kromosom X dan satu kromosom Y, seharusnya satu X dan satu Y), yang mana dapat menyebabkan terjadinya perkembangan abnormal pada organ reproduksi.
  • Obat. Beberapa jenis pengobatanpun dapat mempengaruhi jumlah sperma yang di hasilkan, seperti terapi penggantian testosteron, penguanaan steroid anabolik dalam kurun waktu yag lama, obat kanker, obat antijamur dan beberapa obat lainnya.

2. Jumlah sperma sedikit di sebabkan faktor lingkungan

Lingkungan juga sangat berperan penting dalam pembentukan sperma. Sebab, lingkungan merupakan suatu wadah yang sangat berkaitan erat dengan aktivitas sehari-hari dan pekerjaan. Dan pekerjaan yang di lakukan secara berulang-ulang dan di lakukan dalam jangka waktu yang lama akan mempengaruhi kondisi tubuh.

  • Industri kimia. Beberapa zat kimia seperti pestisida, herbisida, benzena, toluena, pelarut organik dapat memperaruhi kuantitas dan kualitas sperma, sehingga sperma yang di hasilkan sangat sedikit.
  • Paparan logam berat dan radiasi sinar X. Paparan radiasi seperti dari pnsel dan wifi dapat mempengaruhi sistem reproduksi pria dan mengurangi produksi sperma.
  • Suhu pada testis terlalu panas. Mandi air panas atau sauna jua dapat mempengaruhi jumlah sperma yang di hasilkan. Duduk terlalu lama, memangku laptop serta mengenakan celana ketat juga dapat menaikkan suhu testis  dan membuat jumlh sperma menjadi sedikit.
  • Naik sepeda terlalu lama. Bersepeda terlalu lama juga dapat menyebabkan syaraf pada daerah sekitar testis tertekan dan menimbulkan panas sehingga produksi sperma menjadi sedikit.

3. Jumlah sperma sedikit di sebabkan gaya hidup yang buruk

Gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak teratur, kurang istirahat dan pola hidup buruk lainnya dapat menyebabkan metabolisme tubuh terganggu. Salah satu dampak yang di hasilkan adalah jumlah sperma yang di produksi sedikit dan tidak berkualitas.

  • Narkoba. Kandungan steroid anabolik untuk merangsang kekuatan otot dan pertumbuhan dapat menyebabkan testis menyusut dan produksi sperma menjadi berkurang. Selain itu, penggunaan kokain dan ganja juga dapat menurunkan jumlah sperma.
  • Alkohol. Mengonsumsi alkohol dapat menurunkan kadar testosteron dan menyebabkan produksi sperma  menjadi berkurang.
  • Makanan tidak sehat. Mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junk food selama betahun-tahun akan mempengaruhi kesuburan pria dan dapat memicu terjadinya kemandulan.
  • Pekerjaan. Beberapa pekerjaan dapat menyebabkan masalah ketidak suburan, seperti penggunaan komputer, kerja di malam hari serta hal apapun yang dapat menyebabkan stres.
  • Kegemukan. Obesitas menurunkan hormon dan mengurangi kesuburan pada pria.

Nah, itulah beberapa penyebab sperma pria sedikit, yang mana dapat mengurangi kemungkinan salah satu sperma akan berhasil membuahi sel telur sehinngga terjadi kehamilan. Akan tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa potensi sperma tidak membuahi sama sekali.

Akan tetapi hal tersebut dapat di tepis jika anda membantu mengatasinya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan penambah seperma yang telah di rekomendasikan oleh para ahli seperti makanan yang kaya akan, selenium, zinc, antioksidan dan asam folat. Dan jika perlu, anda dapat mengonsumsi obat mengatasi sperma sedikit vig power capsule. Suplemen herbal yang terbuat dari bahan alami terbaik china, yang mana khasiatnya dapat meningkatkan jumlah sperma sedikit dan ketidak mampuan seksual lainnya secara cepat, aman dan tanpa efek samping.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda pada umumnya.

Penyebab Sperma Pria Sedikit Dan Encer | Nida Saripa | 4.5