Penyebab Rasa Sakit Di Telinga Secara Mendadak

Selamat bergabung kembali dengan kami di situs rasasakit.com. Yang pada kesempatan ini akan memberikan informasi dari dunia kesehatan mengenai penyebab rasa sakit di telinga secara mendadak.

 Penyebab Rasa Sakit Di Telinga Secara Mendadak

Penyebab Rasa Sakit Di Telinga Secara Mendadak

Apakah anda pernah mengalami sakit telinga yang mendengung? Jangan di anggap sepele jika anda mengalami keluhan sakit pada bagian telinga. Selain membuat anda kurang nyaman, sakit pada telinga juga menyebabkan pendengaran anda menjadi teranggu. Tak hanya terjadi pada dewasa dan lansia, bayi dan anak-anakpun rentan mengalami sakit telinga. Jika anda mengalami gangguan atau merasa sakit pada telinga anda, kondisi tersebut dapat di sebabkan oleh faktor-faktor berikut.

Infeksi telinga

Infeksi pada telinga biasanya terjadi pada bagian tengah telinga. Ini terjadi karena adanya penyumbatan ketika saluran eustachius telinga tertutup atau membengkak akibat penumpukan cairan pada telinga tengah,  yang di sebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus, dan lendir yang berlebihan.  Gangguan ini umumnya menimpa anak-anak, terutama anak di bawah usia 3 tahun.

Gejala yang timbuldari gangguan ini adalah berkurangnya pendengaran, nyeri pada telinga bagian dalam, dan keluarnya cairan serupa nanah dai dalam telinga. Meskipun infeksi ringan tersebut dapat sembuh dengan sendirinya, agar infeksi tersebut bisa sembuh dalam waktu yang tidak begitu lama anda bisa melakukan beberapa langkah berikut.

  • Mengkonsumsi obat-obatan bebas, seperti ibuprofen ataupun obat lain untuk mengatasi infeksi.
  • Menggunakan obat tetes telinga yang sudah di resepkan oleh dokter untuk meredakan rasa nyeri.
  • Mengompres telinga yang terinfeksi menggunkan kain hangat.
  • Memeriksakan telinga ke dokter jika mengalami sakit yang tak kunjung reda.

Tinnutus

Adalah kondisi dimana seseorang mendengar suara dengungan dari dalam telinga, yang mana suara tersebut berasal dari dalam tubuh.

Penanganan untuk tinnutus ini di lakukan setelah mengetahui  diagnosis penyebab di balik tinnutus. Cara mengatasinya bisa dengan menggunakan langkh-langkah sebagai berikut.

  • Mengkonsumsi obat-obatan atau operasi, jika kondisi ini di sebabkan oleh gangguan pembuluh darah.
  • Menghilangkan lilin telinga untuk mengurangigejala tinnutus.
  • Mengganti konsumsi obat, karena obat-obatan tertentu dapat menyebabkan tinnutus.

Salah satu penyebab utama tinnutus adalah suara kencang. Sehingga sebisa mungkin anda dapat menghindari bunyi yang terlalu keras. Seperti dari volume TV, suara alat musik, ataupun kendaraan berat.

Penyakit meniere

Kondisi ini biasanya di sebabkan oleh ketidak normalan cairan yang ada di bagian dalam telinga sehingga menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Umumnya kondisi ini hanya terjadi pada satu telinga saja. Selain itu, gejala utama dari penyakit meniere ini adalah pusing berputar yang datang secara tiba-tiba. Penyakit yang umumnya menyerang mereka yang sudah berumur lebih dari 40 tahun ini, umumnya di tangani dengan obat-obatan vertigo, suntikan pada telinga bagian tengah atau dengan jalan operasi jika penyakit yang di derita sudah parah. Namun Sebelum anda memutuskan untuk menanganinya, periksalah terlebih dahulu ke dokter spesialis agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Barotrauma telinga

Kondisi ini merupakan cidera yang di alami pada telinga yang di akibakan karena perubahan tekanan air saat seseorang pergi ke suatu tempat tekanan airnya berbeda dengan tempat yang ia tinggali. Seperti berkendara di gunung, berpergian mengenakan pesawat, maupun menyelam pada kedalaman tertentu. Gejala utama yang di rasakan oleh penderita penyakit ini adalah hilangnya pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri dan juga kepala merasa pening.

Pada sebagian kasus, sakit telinga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, yang di akibatkan oleh penuaaan, paparan bising, trauma dan obat-obatan tertentu. Untuk mencegah hal-hal tersebut, mari kita jaga kesehatan telinga kita dengan melakukan langkah-langkah berikut.

  • Hindarilah teliga bagian dalam dari paparan musk yang terlalu kencang dan durasi yang lama.
  • Beri sesekali jeda jika anda sedang mendengarkan musik dari earphone.
  • Hindari tidur dengan menggunakan earphone yang menyala dan melekat pada telinga.
  • Hindari berada di dekat pengeras suara.
  • Da hindari membersihkan telinga bagian dalam dengan cotton bud ayau jepit rambut.

Jika anda merasakan gejala-gejala yang menyebabkan kurangnya pendengaran atau menyebakan ketidaknyamanan pada telinga anda, segeralah anda memeriksakan telinga anda ke dokter THT (telinga, hidung, tenggorokan) untuk menghindari resiko-resiko yang lebih buruk lagi

Penyebab Rasa Sakit Di Telinga Secara Mendadak | Nida Saripa | 4.5