Penyebab Rasa Nyeri Dada Sebelah Kiri

Penyebab rasa nyeri dada sebelah kirirasasakit.com -, Beberapa orang mungkin termasuk salah satu dari anda sering bahkan pernah mengalami rasa nyeri di dada sebelah kiri secara mendadak. Seringkali nyeri dada sebelah kiri seperti di tusuk di kaitkan dengan serangan jantung. Nyeri dada sebelah kiri pada saat hamilpun sering kali di rasakan oleh wanita hamil, yang membuat mereka was-was akan kondisi janin yang di kandungnya. Namun ada beberapa penyebab nyeri dada sebelah kiri atas atau bawah yang mungkin belum anda ketahui sepenuhnya. Untuk menambah wawasan anda perihal mengetahui kondisi yang mendasari nyeri dada sebelah kiri, agar anda dapat melakukan hal yang tepat untuk mengatasinya.

Baca juga: Penyebab Rasa Sakit Di Dada Sebelah Kanan

Penyebab dan Gejala Nyeri dada sebelah kiri

Penyebab rasa nyeri dada sebelah kiriJika anda sering mengalami nyeri dada sebelah kiri yang diakibatkan oleh serangan jantung anda harus segera mendapatkan pertolngan medis. Namun jika penyebabnya bukan karena serangan jantung, maka anda pertolongan medispun tidak perlu di butuhkan. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan dada anda sebelah kiri terasa sakit, diantaranya adalah sebagai berikut.

Serangan jantung

Serangan jantung merupakan penyebaba nyeri dada sebelah kiri yang paling umum di alami oleh banyak orang. Kondisi terseburt di sebabakan aliran darah ke otot-otot jantung terhambat secara tiba-tiba. Jika anda merasakan sakit dada sebelah kiri akibat serangan jjantungmaka , maka anda akan terasa seperti di tekan, di remas dan muncul rasa berat di rongga dada. Tak jarang kondisi tersebutpun di sertai dengan rasa terbakar.

Selain itu mungkin akan timbul rasa seperti di tusuk-tusuk seperti mati rasa pada lengan sebelah kiri dan dapat merembet ke lengan sebelah kanan. Lengan akan terasa lemah dan lebih berat di bandingkan dengan biasanya.Dan gejala-gejala setiap penderitanya berbeda.

Gejala:
– sesak nafas.
– Rasa lelah yang luar biasa.
– sakit kepala.
– Tubuh mengeluarkan keringat dingin.

Angina

Kondisi dimana arteri ke jantung semakin terjepit yang menimbulkan aliran darah terhambat juga dapat menyebabakan nyeri dada sebalah kiri. Kondisi ini sering kali terjadi setelah jantung bekerja lebih keras.

Gejala:
– Dada terasa sesak
– Rasa sakit tajam seperti kram otot pada dada sebelah kiri.

Gangguan pada usus

Gas terbentuk di usus dan belum sepenuhnya di kelurkan oleh tubuh, seringkali menumpuk dan mendorong usus sehingga munculah sakit adada sebelah kiri.

Gejala:
– Prut kembung
– Sering bersendawa.

Masalah pada paru-paru

Infeksi paru dapat menyebabkan peradangan paru (pneumonia) dan selaput di sekitar paru (pleuritis). Kondisi seperti ini juga dapat menyebabkan nyeri dada di sebelah kiri.

Gejala:
– Nyeri dada sebelah kiri terutama saat bernapas yang diringi batuk atau napas yang terengah-engah.

Stres

Tak hanya gangguan fisik, gangguan mental seperti stres juga dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Stres yang tak terkendalai dapat menyebabkan dada sesak. Kondisi ini juga semakin di dukung oleh pola hidup yang buruk seperti merokok, mengonsumsi alkohol yang berlebihan, obesitas dan juga diabetes. Jika kondisi ini tidak di tangani dengan segera maka akan mengarah pada penyakit jantung.

Cedera

Cedera fisik pada dada, seperti otot pada dada yang meregang atau saraf yang tertekanpun dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Pada kondisi ini sang penderita sering kali mengalami mati rasa pada lengan yang sering kali di salah artikan sebagai serangan jantung.

Namun segera periksakan diri ke dokter apabila anda mengalami gejala-gejala berikut:

  • Dada terasa berat, di tekan dan di remas.
  • Menjalar mulai dari dada, punggung dan juga rahang.
  • Berlangsung dalam kurun waktu lebih dari 15 menit.
  • Disertai dengan mual, sesak napas dan tubuh yang berkeringat.
  • Memiliki resiko mengalami jantung koroner. Resiko tersebut dapat timbul jika anda merokok, mengalami tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan obesitas.

Nah itulah ulasan singkat mengenai penyebab rasa nyeri dada sebelah kiri yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk menyimak artikel kami di sela kesibukan anda. Dan selamat berjumpa kembali pada artikel berikutnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Penyebab Rasa Nyeri Dada Sebelah Kiri | Nida Saripa | 4.5