Penyebab Hilangnya Nafsu Makan Pada Anak

Penyebab hilangnya nafsu makan pada anak -, Para orang tua khususnya bunda pasti merasa bahagia saat si kecil memperhatikan tumbuh kembang si kecil sangat baik karena asupan nutrisi mereka terjaga. Namun, bunda juga sering kali merasa panik dan di buat jengkel mukan main saat si kecil sulit untuk makan akibat nafsu makannya hilang. Karena di situlah terbersit berbagai kekhawatiran pada sikecil mulai dari asupan nutrisi yang kurang hingga takakut si kecil jatuh sakit.

penyebab hilangnya nafsu makan pada anak

penyebab hilangnya nafsu makan pada anak

Namun, sebaiknya bunda jangan terlalu cemas ataupun khawatir. Karena masalah hilangnya nafsu makan adalah hal yang umum terjadi pada anak-anak, bahkan mungkin setiap anak pernah mengalaminya. Hal ini sering kali terjadi pada saat usianya melawati satu tahun hingga 15 tahun. Bahkan apabila ia telah terleppas dari ASI dan mulai bisa berjalan. Karena pada saat itulah tubuhnya mulai aktif dan perhatiannya terhadap makanan akan semakin berkurang.

Berbagai reaksi pun ia tunjukkan sebagai tanda ia menolak makanan yang di berikan. Mulai dari menutup muluthya, menyemburkannya hingga melepehkan makanan. Bagi para bunda yang kurang sabar, mungkin kondisi ini akan membuatnya kesal sekaligus panik. Namun, pada kondisi tersebut, para bunda khususnya di tuntut untuk segara mengatasinya, dengan terlebih dahulu mengetahui berbagai penyebab mengapa nafsu makan anak menjadi berkurang. Untuk itu, Berikut akan kami paparkan berbagai penyebab hilangnya nafsu makan anak berikut ini

1. Mengenal berbagai macam rasa dan selera
Pada masa usia balita, keingainannya untuk menegatahui berbagai hal meledak-ledak termasuk masalah rasa. Indera pengecapnya pun mulai bisa mengecap cirtarasa lainnya sel;ain air tawar dan juga susu. Dan pada saart itulah ia, sering kali menentukan pilihan rasa apa saja yang ia senangi. Dan terkadang para orang tua banyak yang tidak menyadari akan hal ini. Tentu saja jika anak telah berusia balita dan anda tetap memberikan makanan halayak bayi maka ia pun akan menolaknya. Maka dari itu, sebaiknya bunda cari tahu terlebih dahulu rasa seperti apa yang si kecil sukai agar ia tertarik untuk makan.

2. Merasa bosan dengan tekstur makanan yang di sajikan
Penyebab anak melepehkan makanan lainnya adalah karena mereka bosan dengan tektur makanan yang anda sajikan. Pada umumnya anak yang telah berusia lebih dari 1 tahun sebaiknya menghindari makanan yang encer dan lunak. Terdapat kemungkinan besar ia bosan dengan makanan yang langsung di telan tersebut. Sebaiknya mulailah memberikan makanan yang bisa melatih gerakan peristaltik di rongga mulutnya sehingga anak dapat menikamati proses mengunyah.

3. Terlanjur kenyang dengan cemilan
Jika anda dalah tipikal orang tua yang selalu menyediakan cemilan atau memberikan jajanan pada anak-anak secara berlebihan, maka jangan heran apabila anak sulit makan. Sebab, pada saat anak di biasakan suka jajan, maka jangan heran apabil anak sulit untuk mengonsumsi makanan pokok karena perutnya telah terlebih dahulu penuh dengan jajanan. Selain itu, cemilan juga memiliki enka rasa dan warna yang semakin membuat anak tertarik memakannya di banding dengan menu makanan yang di hidangkan.

4. Porsi makanan yang berlebihan
Kebanyakan dari pada orang tua ingin memiliki anak yang gemuk agar meeka terlihat sehat. Padahal, tanpa di sadari hal ini malah memberikan tekanan pada anak, terutama bagi anak yang suka makan. Jangan saja untuk menyantapnya, melihat porsi makanan yang berlebihan juga terkadang membuat nafsu makan anak menjadi hilang.

5. Mencari perhatian
Pada beberapa kasus, anak yang rewel dalam urusan makan juga sering kali d sebabakan karena mereka ingin mencari perhatian dan ingin di manja-manja. Terlebih apabila seorang ibu menjadi wanita karir di luar rumah, tentu saja waktu kebersamaan bersama si kecil menjadi berkurang. Penolakan makan puin dapat terjadi karena ia ingin menda membujuknya dan menuntut anda bisa lebih lama lagi meluangkan waktu untuk bersamanya.

7. Anak sedang sakit
Penyebab anak menolak makan lainnya adalah karena ia sedang sakit. Tubuh yang tidak fit terkadang berdampak pada lidah yang terasa pahit dan tidak bergairah untuk melakukan apapun termasuk makan. Saat anak menolak makanan, anda bisa langsung mraba dahinya, dan pastikan suhu tubuhnya normal atau tidak. Bila tampak perbedaan pada anggahota tubuhnya, maka dapat di pastikan anak menolak makan karena sakit. Pada kondisi ini, ibu jangan memaksanya untuk menghbiskan makanannya. Berikan makanan sedikit demi sedikit sesuai dengan kemampuan anak.

8. Stress
Tak hanya orang dewasa, seorang anak juga bisa mengalami stres. Dan tak jarang kondisi tersebut membuatnya tampak kesal dan juga marah. Terlebih jika rasa marah tersebut di sebabkan oleh paksaan ibu yang berlebihan saat jadwal makannya tiba. Paksaan yang berlebihan tersebut justru akan membuat anak frustasi, yang akhirnya ia enggan dan tak ingin berhadapan dengan jdwal makannya.

9. Tidak suka terhadap cara dan tempat makannya
Ada beberapa anak yang tidak mau makan gara-gara tidak suka cara atau tempat makannya. Maka disini para ibu perlu di tuntur untuk kreatif dalam menyajikan makanan dan mencari suasana yang menyenangkan saat anak makan.

Setelah anda mengetahui berbagai penyebanya, maka cara mengatasi anak susah makan paling efektif adalah dengan menghindari dan mengatasi berbagai penyebab tersebut terlebih dahulu. Adapun berbagai cara tidak berhasil, pilihan terakhir yang di rasa sangat efektif adalah memberinya suplemen dan vitamin penambah nafsu makan anak. Utamakan berbahan alami secara menyeluruh sehingga tidak menimbulkan efek samping untuk anak.

Penyebab Hilangnya Nafsu Makan Pada Anak | Nida Saripa | 4.5