Penyebab Dan Gejala Vertigo Yang Perlu Anda Kenali

Gejala vertigo sebaiknya anda ketahui sejak dini, sehingga apabila di suatu saat anda mengalami gejala serupa anda telah mengetahuiuinya dan segera menangainya secara dini. Sehingga peluang untuk mencapai kesembuhan dari kondisi ini semakin cepat.

gejala vertigoPastinya anda pernah mengalami sakit kepala atau pusing bukan?  Biasanya beberapa orang mendefinisikan kondisi ini dengan rasa sakit yang muncul di belakang kepala, sekitar mata hingga kepala bagian atas. Namun berbeda halnya jika rasa pusing sangat hebat yang menyebabkan penderitaan yang sangat besar, seperti halnya menimbulakn bayangan yang terbang saat mata terbuka serta adanya sensasi lingkungan terasa berputar. Nah inilah kondisi yang sering kali di sebut dengan vertigo.

Jika kondisi ini di biarkan dan tidak di berikan perawatan yang tepat, maka kondiosi ini tentunya akan mengambat segala rutinitas anda, bahkan di ketahui dapat menimbulkan berbagai jenis komplikasi penyakit lainnya. Adapun penyebaba umum vertigo adalah terjadinya infeksi pada telinga bagian dalam. Adapun penyebab vertigo secara khusus lainnya adalah sebagai berikut:

– Vertigo Posisi Paroksismal Jinak (Benign Paroxysmal Positional Vertigo/BPPV), yaitu perbuhan posisi secara tiba-tiba, seperti mendongak, bangkit berdiri dari posisi jionkok, memutar atau menundukkan kepala.
– Terjadinya gangguan telingan dalam
– Terjadinya infeksi pada telinga bagian dalam
– Mengalami trauma kepala
– Mengonsumsi jenis obat dalam jangka panjang
– Migrain
– Dan stroke.

Selain dari pada itu, beberapa faktorpun sangat berpengaruh terhadap terjadinya kondisi ini seperti terlalu banyak mengonsumsi kafein, merokok, mengonsumsi alkohol, obesitas, kekurangan cairan, aktivitas yang padat dan penyakit pembuluh darah.

Jika di lihat dari penyebabnya, vertigo sendiri di bagi ke dalam 2 jenis:

  1. Vertigo perifer, adalah jenis vertigo yang di picu oleh gangguan pada mekanisme keseimbangan yang terletak pada telinga bagian dalam. Gangguan tersebut meliputi labirinitis, vestibularneuronitis, vertigo posisi paropksismal jinak (BPPV) dan penyakit meniere. Dan jenis vertigo ini yang paling umum terjadi.
  2. Vertigo central. Jenis vertigo ini pada umumnya di sebabkan oleh adanya masalah pada serebelum (otak kecil) yang terletak di bawah otak besar atau batang otak. Adapun penyebabab vertigo central di sebabakan oleh migrain, sklerosis multipel, stroke, transient ischemic attack (TIA) akibat obat-obatan tertentu serta tumor otak yan terltak di bagian otak kecil ataupun tumor jinak pada saraf-saraf pendengaran.

Adapun berbagai ciri utama gejala vertigo yang perlu anda waspadai diantaranya adalah:

  • Rasa sakit kepala yang hebat seperti kepala sakit yang di gerakan pada satu arah.
  • Putaran hebat pada saat kepala bergerak, bergotang ataupun bangun tidur.
  • Terdapat rasa ingin mual dan muntah yang kuat.
  • Reaksi mata yang kurang peka karena jika ada gerakan mendadak maka kepala akan menjadi lebih pusing.
  • Keluar keringat dingin.
  • Terjadi gangguan pendengaran pada saat sakit kepala.
  • Pandangan yang menjadi kabur dan objek yang terlihat menjadi ganda.
  • Tubuh terasa lemah dan lunglai saat menjalani aktivitas.
  • Nafsu makan yang menurun dan sulit untuk menelan makanan.

Nah, apabila anda mulai mengalami beberapa gejala vertigo tersebut, kami sarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar anda bisa mendapatkan obat verigo yang tepat. Karena dengan pengobatan yang di lakukan dengan tepat dan cepat, maka anda pun dapat terhindar dari berbagai komplikasi yang menyertainya. Salam sehat!

Penyebab Dan Gejala Vertigo Yang Perlu Anda Kenali | Nida Saripa | 4.5