Penyebab Dan Gejala Radang Usus

Gejala radang usus dan penyebabnya ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya. Tak jarang mereka yang menderita radang usus ini seringkali tak menyadari dan mendapati diagnosa dalam kondisi penyakit sudah sangat kronis. Agar kita lebih waspada terhadap penyakit yang satu ini, sebaiknya anda menyisihkan sedikit waktu untuk menyimak sedikit ulasan berikut.

gejala radang ususPenyakit radang usus merupakan nama ataupun sebutan untuk sekelompok gangguan pada usus kecil dan besar yang tengah mengalami inflamasi atau peradangan. Dalam istilah medis sendiri kondisi ini di sebut dengan Inflammatory Bowel Disease (IBD), yang mana merupakan peradangan kronis dari seluruh maupun sebagian saluran pencernaan.

Adapun di dalam penyakit ini sendiri meliputi dua kondisi utama yakni :

  • ulseratiba: Penyakit radang usus yang menyebabakan peradangan kronis dan perlukaan (borok) pada lapisan terdalam usus besar (kolon dan juga rektum.
  • Penyakit crohn: Dapat menyebabkan peradangan pada seluruh saluran pencernaan. Radamng yang terjadi pada kondisi ini sering kali jauhmenyebar ke dalam jaringan yang terkan dan sering mengenai area yang berbeda pada saluran pencernaan baik itu usus besar, usus kecil maupun keduanya.

Berbagai penyebab dan gejala radang usus pada anak dan dewasa

Penyebab radang usus hingga kini belum di ketahui secara pasti. Namun, sebagian para ahli menduga bahwasannya tindakan abnormal sistem kekebalan tubuh seseorang dapat memicu kondisi ini. Tampaknya, pada kondisi ini kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap bakteri normal dalam saluran pencernaan.bahkan selain dari pada itu, sistem kekebalan tubuh pun malah balik menyerang organ pencernaan.

Sehingga timbulah berbagai gejala radang usus yang masih berkaitan erat dengan sisitem pencernaan, yang diantaranya seperti:

– Diare, merupakan gejala radang usus yang paling sering terjadi.
– Sakit perut dan kram. Peradangan dan perlukaan yang terjadi dapat mempengaruhi pergerakan usus, sehingga tak jarang menyebabkan rasa nyeri dan juga disertai dengan kram.
– Mual dan muntah. Kondisi ini dapat terjadi akibat adanya luka pada usus.
– Buang air besar berdarah. Baik itu terlihat dengan di sertai darah merah segar atau terlihat secara tidak kasat mata.
– Nafsu makan menjadi berkurang. Kondisi radang ususpun nyatanya sering kali menyebabkan penderitanya kehilangan nafsu makan mereka.
– Demam dan juga kelelahan. Banyak dari para penderita radang usus ini mengalami demam yang di sertai dengan mengalami lemas, lesu dan seperti tidak berenergi.
– Penurunan berat badan. Hal ini dapat terjadi pada penderita, akibat makanan yang masuk ke dalam usus tidak dapat di cerna dengan baik sehingga asupan kebutuhan nutrisi penderita tidak terpenuhi.

Adapun selain kekeliruan kekebalan tubuh, sebagian ahlipun berpendapat bahwasannya pemicu radang usus lainnya sering kali di hubungkan dengan faktor gen atau riwayat keluarga. Faktor stres dan makanan tertentu sering kali di sebut-sebut sebagai pemuicu dari radang usus, akan tetapi itu nyatanaya tidak benar. Hanya saja kedua faktor tersebut dapat memperburuk gejala yang ada.

Beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan resiko anda mengalami radang usus, diantaranya adalah:

  • Usia, mereka yang telah berusi 60 tahun ke atas lebih bersiko mengalami penyakit ini.
  • Merokok. Gaya hidup kurang sehatpun umumnya dapat meningkatkan resiko terjadinya radang usus terlebih penyakit crohn.
  • Lingkungan. Apabila anda bertempat tinggalkan di daerah yang kumuh maupun dekat dengan industri pabrik, maka anda wajib mewaspadai kemungkinan terjadinya radang usus.
  • Pengobatan isotretinoin
  • Penggunaan obat Anti Non-Steroid (OAINS) tertentu
  • Ras.

Nah, itulah beberapa penyebab dan gejala radang usus yang patut untuk anda waspadai. Namun apabila anda kini telah terdiagnosa mengalami penyakit yang satu ini jangan cemas terlebih dahulu, karena kami juga memiliki rekomendasi obat radang usus alami QnC Jelly Gamat, yang mana kandungan dan khasiatnya telah teruji secara klinis maupun nyata oleh para konsumen kami dalam membantu pengobatan radang usus hinga sembuh, Bagi anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya seputar pemesanan silahkan KLIK DISINI. Semoga bermanfaat dan menjadi perantara kesembuhan.

Penyebab Dan Gejala Radang Usus | Nida Saripa | 4.5