Penyebab Dan Gejala Penyakit Brucellosis Pada Manusia

Penyebab Dan Gejala Penyakit Brucellosis

Penyakit brucellosis pada manusia

Penyebab dan Gejala Penyakit Brucellosis Pada Manusia rasasasakit.com -, Brucellosis penyakit zoonosis yang belum banyak di kenal di Indonesia, merupakan salah satu permasalahan kesehatan berupa infeksi yang di sebabkan oleh bakteri yang berasal dari hewan, dan dapat menular kepada manusia. Menurut dari data yang di dapatkan dari WHO tahun 2014, lebih dari setengah juta orang di 100 negara di bagian asia barat dan benua amerika terinfeksi setiap tahunnya.

Meski dalam kasus yang jarang infeksi ini dapat berpindah dari manusia ke manusia, namun penyakit ini bisa saja menular antar manusia melalui air susu dan juga hubungan seksual. Selain itu, penyakit ini juga dapat berpindah melalui transfusi darah, atau transfusi sum-sum tulang yang telah terkontaminasi. Dalam kasus yang langkapun, jenis infesi ini sering kali menyebar dan berpindah melalui udara. Dan salah atu cara pencegahan awl agar tidak terinfeksi penyakit ini adalah dengan menutpi luka tubuh sat berinteraksi dengan hewan.

Lalu apa gejala penyakit brucellosis pada manusia?

Penyebab Dan Gejala Penyakit Brucellosis

Ilustrasi gejala awal penyakit brucellosis pada manusia

Gejala brucellosis sendiri sering kali muncul ataupun sering di rasakan oleh penderitanya beberapa hari bahkan beberapa bulan setelah penderita terinfeksi penyakit tersebut. Salah satu gejala utama brucellosis adalah menyerupai penyakit flu dalam kurun waktu yang cukup lama. Dan beberapa gejala utama yang di alami oleh penderita brucellosis.

  • Mengalami demam.
  • Berat badan menurun secara drastis.
  • Tubuh merasa lelah dan lemas.
  • Nyeri pada persendian, otot dan juga punggng.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Selalu berkeringat terlebih di malam hari.
  • Mengalami sakit kepala yang tak tertahankan.

Beberapa gejala tersebut sering kali kembali setelah mereda dalam beberapa kurun waktu. Jika anda mengalami demam dengan suhu tubuh yang tak kunjung turun, yang di sertai dengan nyeri otot dan tubuh yang mudah lelah tanpa alasan jelas, harap segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga: Cara Tepat Mengatasi Rasa Nyeri Saat Mentruasi

faktor resiko dan penyebabab penyakit brucellosis

Penyebab Dan Gejala Penyakit Brucellosis

Bakteri brucella

Faktor utama penyebab penyakit ini adalah bakteri yang bernama Brucella, yang dapat menginfeksi tubuh manusia melalui hewan. Berikut beberapa jenis bakteri brucella yang menyebabkan kasus brucellosis yang menular kepada manusia.

  • Brucellosis canis, pada umumnya menyebar melalui anjing.
  • Brucellosisis melitensis, menyebar melaui kambing dan domba.
  • Brucellosis abortus, Bisa menular melaui sapi ternak.
  • Brucellosis suis, dapat menular elalui babi liar.

Ada cara penularan bakteri brucella dari hewan ke manusia, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Udara, Brucella dapat mudah menular ke tubuh manusia melalui udara yang di hirup oleh seseorang.
  • Kontak langsung. Bakteri yang terdapat pada darah, cairan sperma plasenta hewan yang terinfeksi bisa masuk ke dalam tubuh seseorang melalui luka yang di milikinya.

Selain itu, anda juga beresiko tinggi terkena penyakit brucellosis apabila anda melakukan beberapa hal berikut:

  • Berpergian ke tempat yang mana merupakan kawasan yang banyak terdapat bakteri brucella.
  • Bekerja di tempat pemotongan hewan.
  • Makan atau misnum produk yang belum di pasteurisasi.

Diagnosis Penyakit Brucellosis pada manusia

Diagnosis merupakan salah satu langkah awal yang di lakukan oleh para dokter untuk mengidentifikasi penyakit atau kondisi kesehatan pasien, yang menjelaskan gejala-gejala yang di alami oleh pasisen. Dan langkah diagnosis awal yang di lakukan oleh dokter untuk penyakit ini adalah dengn menguji tes sampel darah dan juga sum-sum tulang belakang.

Tujuan dari hal tersebut adalah untuk memeriksa infeksi serta mengidentifikasi  jenis bakteri brucella yang menyerang tubuh penderita.

Pengobatan Penyakit Brucellosis pada manusia

Jika anda mengalami gejala-gejala yang telah di sebutkan di atas, anda harus melakukan pengobatan untuk mencegah kondisi tubuh anda yang semakin memburuk dan parah. Karena jika jenis penyakit ini di biarkan begitu saja, maka akan menyebabkan beberapa komplikasi permasalahan kesehatan di dalam tubuh yang meliputi endokarditis (infeksi pada lapisan dinding jantung), arthritis (radang sendi), infeksi dan peradangan testis, infeksi sitem saraf pusat, pembengkakan hati, keguguran dan janin cacat pada ibu hamil.

Baca juga: Penyebab Dan Jenis Radang Sendi

Selain untuk menghindarkan pasien dari beberapa komplikasi yang telah di sebutkan di atas, tujuan dari pengotan juga adalah untuk meredakan gejala dan mencegah brucellosis kambuh kembali. Jenis pengobatan yang dokter berikan pada penderitanya adalah dengan memberikan dua jenis antibiotik dengan pengobatan yang di lakukan minimal enam minggu. Jenis antibiotik yang sering dokter resepkan bagi penderita brucellosis diantaranya adalah tetracycline, Streptomicin, doxycycline, rifampicin dan gentamicin.

Selain dengan menggunakan resep dari dokter yang hanya dapat menghilangkan gejalanya saja, anda juga dapat mengonsumsi obat penyakit brocellosis herbal terbaik yaitu dengan QnC jelly gamat. Mengapa harus QnC jely gamat?

qnc jelly gamat copyItu di sebabkan karena QnC jelly gamat merupakan satu-satunya pengobatan tradisional alami untuk mengatasi penyakit brucellosis pada manusia secara total dengan DINKES P-IRT No: 109321601291-1229. QnC Jelly gamat sendiri merupakan obat herbal yang terbuat dari teripang emas terbaik dari berbagai jenis teripang yang ada di dunia yang di kombinasikan pula dengan bahan alami lainnya seperti buah dan sayur, sweetener stevania, pengemulsi nabati, air RO, dan essen natural.

Menurut hasil penelitian di bberapa universitas di malaysia, teripang emas atau gamat gold (stichopus variegatus) ini memiliki senyawa aktif yang sangat melimpah dan berkhasiat seperti protein 86.8% kolagen 80.0%, mineral, mukopolisakarida, glucosamine,  chondroitine, antiseptik alami glucosaminologycans (GAG’s), saponin, omega 3,6 dan 9, asam amino, lektin, vitamin dan mineral. Semua senyawa aktif tersebut,  ampuh sebagai anti bakteri, antivirus yang ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit, yang salah satu di antaranya adalah penyakit brucellosis pada manusia. Untuk mengetahui cra pemesanan dan informasi lebih lengkapnya, anda dapat mengklik >> Cara Pemesanan QnC Jelly Gamat.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Penyebab Dan Gejala Penyakit Brucellosis pada manusia yang patut anda waspadai. Sebagai pencegahan agar anda tidak terinfeksi penyakit tersebut anda dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Hindari mengonsumsi produk makanan yang di buat dari susu non-pateurisasi.
  • masaklah daging hingga matang secara keseluruhan.
  • Gunakan sarung tangan dan tutupi luka dengan perban saat berinteraksi dengan hewan.
  • Lakukan vaksinasi terhadap hewan secara teratur untuk mengfhindarkan hewan dari infeksi penyakit brucellosis.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Dan selamat berjumpa kembali pada artikel berikutnya.

Penyebab Dan Gejala Penyakit Brucellosis Pada Manusia | Nida Saripa | 4.5