Penyebab ASI Keluar Sedikit Dan Kering Setelah Melahirkan

Penyebab ASI keluar sedikit bahkan kering pada ibu menyusui usai melahirkan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Namun anda jangan khawatir terlebih dahulu, sebelum mengatasinya, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui berbagai pemicunya seperti yang akan kami ulas secara lengkap hanya disini.

penyebab asi keluar sedikitSetelah melahirkan, tugas untuk ibu selanjutnya adalah menyusui. Karena seperti halnya yang telah kita ketahui bersama, bahwasannya Air Susu Ibu (ASI) memiliki banyak sekali manfaat bagi bayi seperti halnya mampu meningkatkan imunitas bayi. Namun beberapa ibu terkadang memiliki kendala dalam menyusui, seperti halnya, produksi ASI yang terlalu sedikit bahkan tidak keluar sama sekali.

Sebuah riset pun menemukan, bahwasannya sekitar 15% ibu menyusui rata-rata 2 minggu setelah melahirkan mengalami masalah produksi ASI yang sedikit, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan bayinya. Bahkan beberapa ibu mengeluhkan air susunya tidak dapat keluar, sehingga belum menyusui bayinya beberapa hari setelah melahirkan.

Pada dasarnya hal itu nomal terjadi. Karena biasanya Air Susu Ibu (ASI) baru keluar 2-3 hari setelah melahirkan pada beberapa ibu. Namun bagaimana jika kondisi tersebut terus berlanjut. berlanjut hingga hari keempat atau ASI yang keluar hanya sangat sedikit sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan bayinya, dan akhirnya ASI juga tak kunjung keluar.

Berbagai penyebab ASI keluar sedikit dan kering setelah melahirkan

Pada umumnya, manajemen ASI yang buruk seperti tidak menyusui dapat mengakibatkan sedikitnya pasokan ASI. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kekeringan ASI. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ketidakmampuan bayi dalam menghisap ASI dengan baik, sehingga membuat payudara kurang mendapatkan rangsangan untuk mengeluarkan ASI.
  2. Bayi yang lahir prematur juga pada umumnya mudah mengalami rasa lelah saat menghisap payudara ibu. Dan akibatnya, pengeluaran ASI menjadi tidak maksimal.
  3. Gaya hidup sanga ibu yang tidak sehat juga dapat menyebabakan kelenjar susu tidak bisa menghasilkan ASI dalam jumlah yang memadai.
  4. Kapasitas penyimpanan ASI yang sedikit berkaitan dengan jaringan klenjar fungsionalnya dan tidak berhubungan dengan ukuran payudara sang ibu.

Sebanyak 4% ibu yang mengalami pasokan ASI rendah juga dikarenakan memiliki masalah medis tertentu seperti masalah pada kelenjar tiroid, gangguan hormonal, pernah melakukan operasi payudara atau mengalami pendarahan berat ketika melahirkan.

Selain itu, pasokan ASI yang sedikit juga bias dipengaruhi akibat paparan pestisida. Penelitian pada tahun 2006 menemukan anak perempuan dari ibu hamil yang tingga di daerah pertanian yang terpapar pstisida. Sehingga ia memiliki kelenjar susu lebih sedikit ketimbang anak perempuan yang tinggal di temp[at sehat.

Rendahnya pasokan ASI juga bisa dipicu oleh masalah kesuburan, contohnya wanita dengan kondisi yang dapat mengakibatkan masalah ovulasi (Polycystic Ovary Syndrome) memiliki kelenjar susu yang kurang berfungsi dengan baik.

Adapun untuk meningkatkan pasokan ASI, sejatinya bisa dilakukan dengan mengonsumsi daun katuk dan adas. Selain itu, anda juga mungkin perlu mengubah diet dengan makan makanan yang lebih bergizi dan mencukupi kebutuhan sayuran hijau dan buah-buahan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyebab ASI keluar sedikit dan kering setelah melahirkan. Apabila kondisi tersebut berlanjut setelah seminggu anda melahirkan ada baiknya anda konsultasikan dengan bidan atau dokter anda. Semoga bermanfaat!

Penyebab ASI Keluar Sedikit Dan Kering Setelah Melahirkan | Nida Saripa | 4.5