Penyakit Yang Di Sebabkan Oleh Virus Pada Manusia

Penyakit yang di sebabkan oleh virus -, virus merupakan parasit berukuran mikroskopik, yang biasanya menginfeksi sel organisme biologis. Dengan kata lain virus adalah mikroorganisme terkecil yang tidak memiliki sel dan hanya memiliki kode genetik saja. Virus sendiri tidak dapat bereproduksi sendiri, melainkan memanfatkan sel mahluk hidup lainnya. Hal tersebut di karenakan virus tidak memiliki perlengkapan selular  untuk berproduksi sendiri. Itu sebabnya mengapa virus seringkali di sebut dengan parasit obligat.

Diluar itu, virus merupakan parasit yang sangat tidak menguntungkan untuk kesehatan tubuh manusia. Pasalanya, banyak sekali jenis virus yang menjadi sumber dari gejala rasa sakit dalam tubuh, baik bersifat penyakit kronis maupun kronis. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan beberapa penyakit yang di sebabkan oleh virus pada manusia, yang di sertai dengan pengertian, penyebab, dan gejala dari penyakit tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Inilah beberapa penyakit yang di sebabkan oleh virus yang sering kali menyerang tubuh manusia

1. Common Influenza

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada ManusiaPenyakit yang populer di kenal oleh masyarakat dengan penyakit flu ini, merupakan salah satu dari deretan penyakit yang di sebabkan oleh virus. Sesuai dengan penyakitnya, virus inipun di kenal dengan sebutan virus influenza.  Jenis virus ini sangat mudah menular dan di tularkan penderitanya melalui udara. Gejala yang di timbulkan dari virus inipun di antaranya adalah pilek, demam, pusing, batuk kering hingga berdahak, kerongkongan gatal, hidung tersumbat, meler, bersin-bersin, hingga hidung memmerah dan badan menjadi pegal-pegal.

2. Diare pada bayi

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada Manusia

Diare pada bayi sering kali di sebabkan oleh virus yang bernama rotavirus. Disamping itu, penyebab diare juga dapat di sebabkan oleh bakteri, alergi susu sapi, bahkan keracunan makanan apabila sangat bayi telah makan makanan padat pertamanya. Gejala-gejala yang menyertainya diantaranya fesenya cair, frekuensi BAB pada bayi meningkat seperti yang biasanya 2-5 kali sehari bisa menjadi  tiga kali lipatnya atau lebih, terkadang di sertai degan muntah dan demam, dan juga jarang buang air kecil yang menandakan bayi  mengalami dehidrasi. Pemberian ASI harus tetap berlangsung secara perlahan tanpa henti selama 10-30 menit, agar sang bayi tidak mengalami dehidrasi. Bila bayi sudah makan makanan padat, berikan dia  makanan yang mudah di cerna seperti pisang dan kentang. Pemberian oralit pada bayi, harus di atas persetujuan dikter.

3. Kutil

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada Manusia

Kutil merupakan suatu jaringan yang tumbuh akibat terinfeksi oleh Human Papilloma Virus (HPV) pada sel kulit, sehingga menyebabkan sel tersebut tumbuh dengan cepat dan membentuk tonjolan yang sangat tidak menyenangkan untuk di lihat. Pada umumnya, kutil bisa menyebar secara meluas dengan kontak fisik secara lansung, dan apabila di bersihkan dengan metode yang salah. Tak hanya di telapak kaki, kutilpun dapat tumbuh di bagian tubuh lainnya seperti di jari-jari tangan maupun kaki,  siku, lutut, alat kelamin bahkan bagian lain dari kulit.

4. Common Cold (pilek, selesma)

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada ManusiaMerupakan salah satu reaksi inflamasi pada saluran pernapasan yang di sebabakan oleh virus bernama Rhino virus, virus influenza A, B, C, Virus parainfluenza, dan virus  sinsisial pernafasan. Penyakit inipun sering kali mudah di tularkan melalui ludah  yang di batukkan atau di bersinkan oleh penderitanya. Pada umumnya penyakit ini tidak berbahaya dan dapat  sembuih dengan sendirinya. Sementara gejalanya akan menghilang dalam jangka waktu 4-10 hari, meskipun batuk dengan atau tanpa dahak dapat berlangsung hingga memasuki minggu ke dua.

5. Gondong

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada ManusiaPenyakit yang di kenal dalam istilah medis sebagai parotitis epidemik atau mumps ini, merupakan penyakit yang di sebabkan oleh virus mumps yang menyerang kelenjar-kelenjar air liur di mulut, terutama kelenjar parotis yang terletak pada tiap-tiap sisi wajah bawah dan depan telinga. Pada umumnya, penyakit ini sering kali terjangkit oleh anak-anak hingga remaja yang berumur antara 5-15 tahun, dan hanya terjadi sekali dalam sepanjang hidupnya. Penularan penyakit ini sering kali di tularkan melalui tetesan cairan dari mulut, hidung dan tenggorokan pada saat penderita mengalami batu, bersin dan terhirup oleh orang lain, dengan masa inkubasi selama 2 minggu. Yang artinya orang yang sehat dan mengalami kontak dengan penderita gondong, setelah baru 2 minggu kemudian penyakit itu muncul dan terjadi.

6. Hepapatitis

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada Manusia

Penyakit yang di sebabkan oleh virus lainnya adalah hepatitis, Penyakit ini di sebabkan oleh virus hepatitis A, B, non A maupun non B.  Di kalangan masyarakat, penyakit ini sering di kenal dengan penyakit demam kuning atau liver karena menyerang hati. Selain virus, resiko penyakit inipun dapat muncul  karena adanya gangguan metabolisme tubuh , mengkonsumsi alkohol, autoimun,  komplikasi penyakit lain, sering mengonsumsi obat-obatan dan lainnya.

7. Cacar air

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada ManusiaCacar air juga merupakan penyakit yang di sebabkan oleh virus  yang di sebut dengan virus varicella zoster. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini adalah demam, filek, lemah, lemah, lesu, dan timbulnya ruam kemerahan  di tubuh berisis air.  Cacar ini hanya mengidap manusi sekali dalam seumur hidupnya. Sangat di sarankan penderita jangan berusaha untuk memcahkan cacar air tersebut,  karena kan meninggalkan bekas luka. Ada baiknya penderita di karantina untuk mencegah penularan terhadap orang lain, dan di usahakan tetap mandi untuk menjaga kebersihan tubuh, agar dapat terhindar dari bakteri dan kuman merugikan yang semakin berkembang biak pada kulit.

8. Herpes

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada Manusia

Penyakit yang di sebabkan oleh virus herpes simplek ini, dapat menyerang kulit, mulut dan bahkan alat kelamin atau yang sering di sebut herpes genital.  Herpes sendiri, di kenal sebagai penyakit peradangan pada kulit yang  di tandai dengan adanya ruam kemerahan dengan gelembung-gelembung berisi air di dalamnya. Herpes dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita melalui bersin, batuk, serta pakaian yang terkena cairan herpes. Untuk mempercepat penyembuhan, usahakan gelembung tersebut tidak pecah, agar tidak menjadi jalan masuknya kuman maupun bakteri.

9. Polio

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada Manusia

Penyakit yang menyebabkan kelumpuhan pada bagian tubuh terutama pada kaki ini, di sebabkan oleh virus yang bernama polivirus. virus ini masuk melalui mulut, yang kemudian menginfeksi saluran usus, serta masuk melalui aliran darah dan menyerang araf pusat yang menyebabkan kelumpuhan. Penyakit ini sering kali menyerang balita brumur 3-5 tahun akibat sistem imunnya yang belum kuat seperti orang dewasa. Polio menular melalui kontak secara lansung, serta feces yang telah terkontiminasi dengan virus.

10. Ebola

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada ManusiaMerupakan penyakit paling mematikan dan memeberikan kesempatan hidup pada penderitanya adalah 0%. Penyakit yang di sebabkan virus ebola ini, menyebabakan si penderita akan mengalami pendarahan di seluruh tubuh penderita. Gejala lainnya berupa demam, muntah, diare dan badan terasa sakit. Penderita ebola tidak dapat di selamatkan, dan dapat meninggal dalam jangka waktu siklus 6 hingga 20 hari. Penularanpun dapat terjadi melalui kontak langsung antar kulit dengan kulit. Hingga saat ini, belum ada obat ataupun vaksin untuk menyembuhkan penyakit ini.

11. Rubeola

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada Manusia

Penyakit yang sering di sebut dengan penyakit campak merah ini, merupakan salah satu penyakit infeksi saluran pernafasan bagian atas. Penyakit yang di sebabkan oleh paramiksovovirus ini, biasanya di jumpai pada anak dan di tularkan melalui percikan air liur yang terhirup. Masa inkubasinya adalah 6-12 hari, dan baru penyakit ini muncul. Campak sendiri sangat mudah menular, yang di tandai dengan gejala-gejala awal (prodmoral) dan di ikuti oleh ruam.

12. Demam Kuning

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada Manusia

Adalah penyakit sistematik akut, yang di sebabkan oleh virus flafivirus. Dalam kasus yang parah, penyakit ini dapat menyebabkan demam tinggi, pendarahan ke dalam kulit, hingga kematian sel-sel dalam ginjal dan juga hati.  Keruksakan yang di lakukan pada hati menyebabkan jaundice yang parah dan menguningkan kulit. Demam kuning ini, dapat di cegah dengan pemberian vakinasi khusus.

13. Sars

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada ManusiaMerupakan penyakit infeksi saluran pernapasan akut, yang mulai di temukan di tiongkok hingga mewabah ke beberapa negara melalui beberapa turis yang melalukan travel ke sana. Gejala dari penyakit ini berupa demam tinggi, batuk, radang tenggorokan,  gejala gastrointensial, badan terasa pegal dan lainnya. Pada umumnya, penyakit ini dapat di obati dan di sembuhkan.

14. Molluscum Contagiosum (MC)

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada Manusia

Adalah infeksi virus yang menyerang kulit dan terkadang pada membran mukoksa. MC yang menjangkiti manusia di sebabkan oleh virus DNA poxvirus yang di sebut dengan molluscum contagiosum virus (MCV). Jenis virus MCV ini terdari atas 4 jeis di anataranya adalah MCV-1, MCV-2, MCV-3, dan MCV-4. Namun yang paling sering adalah MCV-1, serta MCV-2 yang terlihat pada orang dewasa, dan biasanya di tularkan melalui hubungan seksual.  Infeksi virus ini, sering kali di jumpai pada anak-anak berusia 1-10 tahun, yang mempengaruhi setiap daerah tubuh penderitanya terlebih pada badan, tangan, dan juga kaki. Kondisi ini mudah menyebar dan menular secara kontak langsung melalui pemakaian baju atau handuk bersama.

15. Lympocytic chroriomeningitis

Penyakit Yang Di sebabkan Oleh Virus Pada ManusiaMerupakan infeksi arenavirus pada membran yang mengelilingi otak dan juga sum-sum tulang Dari cairan cerebrospinal. Virus yang menyerang penyakit ini lebih mengancam jiwa yang mengancam demam hemmorrhagic. Gejalanyapun terdiri dari 2 tahap. Gejala pertama berupa demam, menggigil, nyeri otot, batuk,  dan muntah. Pada tahap kedua, penderita akan mengalamai  gejala meningitis karakteristik seperti sakit kepala, leher kaku, kelesuan,  serta mual dan juga muntah.

Selain beberapa penyakit yang telah di sebutkan diatas, masih ada jenis penyakit lainnya yang di sebabkan oleh virus, diantaranya seperti DBD, malaria, cikungunya, virus mers dan virus zika. Semoga bermanfaat!

Penyakit Yang Di Sebabkan Oleh Virus Pada Manusia | Nida Saripa | 4.5