Penyakit Emboli Paru

Penyakit emboli paru – Selamat berkunjung kembali di website rasasakit.com, yang merupakan situs kesehatan tebaik dan terpercaya di Indonesia. Dan pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar kesehatan mengenai penyakit emoli paru,  yang kami sajikan secara lengkap beserta gejala, penyebab, dan juga pengobatannya.

Penyakit Emboli Paru

penyakit emboli paru

Penyakit emboli paru

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui salah satu jenis penyakit yang sering kali menjadi penyebab kematian secara mendadak seseorang. Lalu, apa itu penyakit emboli paru? penyakit emboli paru adalah gangguan kesehatan, dimana arteri pulmonasis atau pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke paru-paru tersumbat. Materi penyumbat arteri pulmonasis tersebut diantaranya adalah gelembung udara, lemak dari sumsum tulang yang patah, bagian dari tumor, air ketuban, dan gumpalan darah.

Namun, dari beberapa materi penyumbat tersebut, material yang paling umum menyumbat arteri adalah gumpalan darah yang berasal dari kaki atau bagaian tubuh lainnya. Pada umumnya, gumpalan darah tersebut berukuran kecil, sehingga tidak membahayakan nyawa. Namun sekecil apapun bentuknya, tetap hal tersebut dapat memicu kerukasakan pada paru-paru. Untuk itu, penderita emboli paru harus segera mendapatkan perawatan segera agar dapat mengurangi resiko keruksakan pada paru-paru yang lebih akut.

Namun apabila ukuran gumpalan darah berukuran cukup besar, itu akan sangat berdampak buruk, sehingga dapat menghentikan aliran darah ke paru-paru dan bahkan menyebabkan kematian mendadak pada penderitanya. Kematian yang di sebabkan oleh emboli paru dapat di cegah dengan melakukan perawatan serta pengobatan yang cepat dan benar.

Gejala penyakit emboli paru

penyakit emboli paru

Ilustrasi gejala penyakit emboli paru

Gejala atau ciri penyakit emboli paru pada setiap penderitanya akan berbeda, tergantung dari luasnya paru-paru yang terpengaruh, ukuran gumpalan darah yang menyumbat, kondisi kesehatan penderita secara menyeluruh, dan terlebih kondisi jantung dan paru-parun penderita. Namun ada beberapa gejala umum yang sering kali dialami oleh penderita penyakit emboli paru, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Batuk. Batuk yang sering  kali di alami penderita adalah batuk kering yang mengandung dahak atau darah.
  • Sesak napas. Gejala ini dapat timbul secara tiba-tiba dan bisa bertambah buruk.
  • Sakit di dada atau punggung bagian atas. Rasa sakit yang dirasakan bersifat tajam seperti di tusuk. Selain itu, kondisi tersebut akan semakin sakit jika anda anda menarik napas lebih dalam, batuk, dan membungkukan tubuh.
  • pingsan.
  • Pusing.
  • Kulit ujung-ujung jari jadi membiru.
  • Berkeringat secara berlebihan.
  • Mengalami demam tinggi.
  • Gelisah.

Pada kebanyakan kasus, penderita penyakit emboli paru disebabakan karena gumpalan darah dari kakai yang terbawa ke paru-paru, yang sering kali di kenal dengan istilah trombosis vena dalam (deep vein thromboses), yang menyebabkan beberapa pnderitanya juga mengalami beberapa gejala lain seperti rasa nyeri, kemerahan, dan terjadinya pembengkakan pada salah satu kaki (biasanya terjadi pada bagian betis).

Jika anda mengalami beberapa gejala di atas, seperti mengalami napas pendek, sakit di bagian dada , batuk berdahak yang di sertai dengan darah, dan pembengkakan pada salah satu kaki, segera konsultasikan kesehatan anda dengan dokter. Karena itu bisa jadi beberapa gejala dari penyakit emboli paru yang dapat mengancam nyawa.

Baca juga: Penyebab Rasa Sakit Di Dada Sebelah Kanan

Penyebab penyakit emboli paru

penyakit emboli paru

Penyebab emboli paru

Penyebab penyakit emboli paru sendiri merupakan sumbatan gumpalan darah pada pembuluh darah dan material lainnya. Sementara, ada beberapa hal yang paling umum terjadi sebagai penyebab penyumbatan arteri pulmonalis oleh gumpalan darah, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Darah terlalu mudah menggumpal

Kondisi tersebut dapat di sebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan seperti kanker, gagal jantung, trombofilia serta sindrom antibodi antifosfolipid.

2. Tubuh jarang aktif bergerak

Jika anda tidak menggerakan tubuh dalam waktu yang cukup lama, maka darah yang terdapat di dalam tubuh, akan mengumpul terutama di bagian tubuh paling bawah, terlebih di bagian kaki. Kondisi tersebut, pada umumnya juga  dapat meningkatkan resiko terjadinya gumplan darah.

3. Terdapat cidera di pembuluh darah

Keruksakan berupa penyumbatan dan penyempitan pada pembuluh darah, dapat memicu terjadinya gumpalan darah. Kondisi tersebut dapat di sebabkan karena patah tulang, cedera otot yang parah, vaskulitis, dan efek samping dari obat-obatan untuk kemoterapi.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang dapat meningkatkan anda terkena penyakit emboli paru diantaranya adalah berusia lebih dari 60 tahun dan pernah memiliki riwayat mengalami penggumpalan darah, menderita obesitas (kelebihan berat badan), kehamilan, memiliki keluarga yang menderita penyakit tersebut, merokok, juga menderita penyakit jantung dan kanker.

Pengobatan Penyakit Emboli paru

Pengobatan penyakit emboli paru pada penderitanya, memiliki tujuan utama untuk mencegah terbentuknya gumpalan darah yang baru, serta mencegah pembesaran gumpalan darah yang sudah ada sebelumnya. Secara kedokteran ada empat cara penanganan medis untuk pengobatan emboli paru diantaranya:

  • pemberian obat, seperti antikoagulan dan trombolitik. Namun salah satu jenis obat tersebut memiliki resiko menyebabakan pendarahan mendadak. Untuk itu, obat trombolitik hanya dapat di gunakan saat pasien mengalami kondisi yang kronis.
  • Saringan pembuluh darah. Penanganan medis ini merupakan alternatif bagi penderita yang tidak mengalamai kecocokan menggunakan obat-obatan. Memiliki fungsi untuk menahan gumpalan darah agar tidak terbawa masuk ke paru-paru. Penyaring atau filter ini di pasang pada pembuluh balik darah utama, yang menghubungkan kedua kakai dengan jantung sebelah kanan.
  • Operasi. Prosedur ini akan di lakukan oleh dokter, jika kondisi gumpalan darah yang menyumbat berukuran besar dan mengancam nyawa.
  • Kombinasi antara ultrasound dan obat trombolitik. Jenis pengobatan ini di lakukan bagi penderita yang cukup parah. Prosedur dilakukan dengan menggunakan suara berfrekuensi tinggi dan energi yang sangat rendah. Selain itu pengobatan jenis inipun di padu padankan dengan obat trombolitik yang bertujuan untuk memecah gumpalan darah.

Selain ke empat jenis pengobatan tersebut, anda juga dapat mengatasi gangguan kesehatan yang anda alami tersebut, dengan jenis penobatan alternatif berbahan dasarkan teripang emas yang di padu padankan dengan bahan alami lainya, yang sangat efektif untuk mengatasi permasalahan penyakit emboli paru yang sedang alami sekarang. Untuk mengetahui informasi selengkapnya anda dapat >> KLIK DISINI.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaiakan seputar penyakit emboli paru yang patut anda waspadai. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih atas minat anda untuk meyimak artikel kami di sela waktu kesibukan anda.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Penyakit Emboli Paru | Nida Saripa | 4.5