Terapi Dan Pengobatan Vertigo Secara Medis

Pengobatan vertigo secara medis pada dasarnya lebih di pilih oleh masyarakat karena di anggap lebih kompeten di banding dengan mengonsumsi obat vertigo alami. Adapaun jenis vertigo yang satu ini umumnya di sesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan penyakit yang di derita. Adapun untuk informasi selengkapnya, bisa anda simak dalam uraian berikut ini.

pengobatan vertigo secara medisTerkadang, penyakit vertigo pada beberapa penderita tidak memerlukan pengobatan secara khusus dan dapat hilang dengan sendirinya. Seperti halnya jika gejala vertigo yang timbul berupa mual dan sensasi berputar maka gejala tersebut mungkin dapat di kurangi dengan berbaring diam di ruangan yang gelap. Namun, jika tingkat keparahan gejala sangat tinggi maka di sarankan, hindari situasi yang dapat memicu stres, menurunkan tingkat kecemasan dan mengonsumsi obat-obatan.

Terapi dan pengobatan vertigo secara medis

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwasannya pengobatan vertigo berpacu pada jenis penyebab vertigo sendiri, yang diantaranya adalah:

1. Vertigo posisi paroksismal jinak (Begine Paroxysmal Positional Vertigo /BPPV)

Vertigo yang di picu oleh penyebaba yang satu ini biasanya dapat sembuh tanpa pengobatan khusus, yang memakan waktu selama beberaopa minggu hingga beberapa bulan. Terjadinya kesembuhan tersebut pada umumnya di sebabkan oleh debris penyebab vertigo di dalam saluran telinga sudah lemer dan telah di serap oleh tubuh.

Selama kondisi BPPV ini belum sembuh sepenuhnya, sebaiknya anda  bangun tidur secara perlahan dan hindari berbagai aktivitas yang menuntut anda untuk mendongkak. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi presentasi kekambuhan gejala akan timbul. Adapun jika di perlukan, dokter akan menganjurkan beberapa langkah pengobatan untuk kondisi ini seperti halnya pengobatan vertigo melalui manuver Epley dan dengan melakukan latihan Brandt- Daroff.

2. Pengobatan vertigo yang di sebabkan oleh migrain

Adapun untuk vertigo jenis ini, pada umumnya hanya menjalani pengobatan di rumah dengan menggunkan obat-obatan yang sama dengan penyakit migrain.

3. Pengobatan vertigo yang di sebabkan oleh infeksi labirinitis

Meski terbilang jarang terjadi, kondisi ini pada umumnya dapat di sebabkan oleh infeksi virus yang dapat sembuh tanpa pengobatan. Namun, kondisi ini juga dapat di atasi dengan pemberian obat antibiotik.

Namun, jika vertigo yang anda alami menyebabkan hilangnya pendengaran anda, anda tentunya membutuhkan penanganan darurat dari Dokter spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) atau dokter spesialis  audio vestibular.

4. Pengobatan vertigo yang di sebabkan oleh vestibular neuronitis

Meski kondisi ini dapat merada dalam beberapa minggu tanpa pengobatan, namun anda perluberbaring secara terus menerus apabila mengalami vestibular yang cukup parah. Namun jika dalam 7 hari, kondisi anda tidak mengalami perbaikan, maka pergilah ke dokter, yang mana biasanya di tangani dengan  terapi rehabilitasi vestubular dan beberapa jenis obat-obatan tertentu.

5. Pengobatan vertigo yang di sebabkan oleh meniere

Adapun jika vertigo di sebabakan oleh kondisi ini, beberapa langkah pengobatan efektif yang dapat di lakukan adalah:

  • Mengonsumsi obat yang dapat mencegah dan menagani serangan penyakit menire.
  • Memperbaiki pola makan terutama, menerapkan diet garam.
  • Melakukan fisioterapi untuk mengatasi gangguan keseimbangan.
  • Jika mengalami kehilangan pendengaran, bisa menggunakan alat bantu dengar.

6. Untuk mengobati vertigo kambuhan

Untuk mengatasi kondisi ini, anda bisa mengatasinya dengan melakukan terapi rehabilitasi vestibular (Vestubular Rehabilitation Training/VRT). Adapun VRT sendiri adalah serangkaian latihan khusus untuk mendorong otak beradaptasi terhadap sinyal pemicu vertigo dari telinga. Jika telah terbiasa maka otak akan memimalisir gejala vertigo yang terjadi  dan tetap mempertahankan keseimbangan tubuh.

Jadi, tidak setiap jenis serangan vertigo membutuhkan obat. Adapun jenis obat-obatan yang di jual di apotik untuk penderita vertigo, diantaranya seperti Prochlorperazine, antihistamin dan betahistine. Namun tetap saja, beberapa jenis obat-obatan tersebut harus ada dalam pengawasan dokter.

Nah, itulah jenis terapi pengobatan vertigo secara medis yang dapat anda lakukan. Adapun secara detailnya, bisa anda konsultasikan bersama dokter yang menangani vertigo anda. Semoga bermanfaat!

Terapi Dan Pengobatan Vertigo Secara Medis | Nida Saripa | 4.5