Pengobatan Sinusitis Akut Dan Kronis Secara Medis

Pengobatan sinusitis akut dan kronis di antaranya dapat di lakukan secara medis. Jenis pengobatan ini pun sering kali di pilih oleh penderitanya baik pada anak maupun dewasa, di samping sebagian lagi memilih penyembuhannya dengan obat sinusitis alami dan tradisional tanpa operasi yang di lakukan di rumah. Adapun terkait informasi langkah pengobatannya yang tepat sesuai anjuran medis, bisa anda simak selengkapnya hanya disini.

pengobatan sinusitis

Pengobatan sinusitis

Kebanyakan kasus dari sinusitis akut sering kali di sebabkan oleh infeksi virus yang dapat sembuh dengan sendirinya. Adapun untuk meringankan gejala-gejalnya, penderita hanya perlu melakukan beberapa langkah penangan yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Semprotan hidung saline. Jika anda menginginkan kesembuhan lebih cepat pada penyakit sinusitis akut anda, maka anda perlu menyemprotkan semprotan hidung saline beberapa kali dalam sehari ke hidung untuk membersihkan saluran hidung. Adapun semprotan hidung ini sendiri terdiri dari air matang 400 mililiter, garam 1 sdt dan soda bikarbonat  1 sdt.
  • Mengonsumsi obat perada rasa sakit.
  • Jika perlu and juga mengonsumsi dekongestan. Namun ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan juga tidak dapat di konsumsi lebih dari pada 1 minggu konsumsi.
    Kortikosteroid hidung, berfungsi untuk mencegah dan menangangi peradangan.
  • imunoterapi. Prosedur pengobatan ini bisa di lakukan apabila penyebab sinusitis akut yang di alami di sebabkan oleh alergi, yang bertujuan untuk membantu mengurangi reaksi tubuh terhadap zat yang membuat penderita alergi.

Adapun untuk pengobatan sinusitis kronis, yang pada umumnya di peruntukan untuk mengurangi gejala penyakit sinusitis yang diantaranya peradangan sinus, menjaga saluran hidung tetap kering, menghilangkan penyebab, mengurangi serangan sinusitis dan lainnya. Adapun opengobatan sinusitis kronis secara medis adalah sebagai berikut.

  • Saline nasal irrigation, Metode pengobatan ini mampu mengurangi berkumpulnya cairan dan membersihkan zat penyebab iritasi dan alergi.
  • Kompres hangat, Penangan inui sangat beguna untuk mengurangi rasa nyeri di rongga sinus dan rongga hidung.
  • Dengkongostan semprot dan tetes hidung. Untuk penangan ini anda bisa mengikuti petunjuk dokter dan batas waktu pemakaiannya.
  • Antibiotik. Pemberian antibiotik sendiri di perlukan jika penyebab sinusitis adalah  infeksi bakteri
  • Imunoterapi. Seperti halnya pada kasusu sinusitis akut, Jenis penangan yang satu inipun di perlukan jika penyebab sinusitis di akibatkan oleh alergi.

Namun, jika pengangan diatas telah di lakukan dan sama sekali tidak merujuk ke arah pembaikan pada penyakit sinusitis kronis, hal tyersebut sering kali di sebabkan karena adanya kelainana struktur sinus yang tidak sempurna  sehingga saluran sinus keluar dan tersenumbat. Dan jika seperti itu, maka umumnya dokter akan mengambil keputusan untuk melakukanpembedahan sinus atau BSEF.

Operasi ini sendiri terbilang cukup efektif dalam mengurangi gejala yang muncul. Untuk operasi ini, biasanya di lakukan di bawah pengaruh bius umum bgi pasien, namun operasi ini juga bisa di lakukan dengan bius lokal, sehingga hidung pasien akan mengalami mati rasa. Saat operasi, dokter bedah akanmemasukan endoskop ke dalam hidung pasien. Endoskop sendiri adalah selang kecil dengan lensa kamera di ujungnya untuk memperbear tampilan dari dalam hidung. Dengan begitu, dokter bisa melihat bagian terbuka dari saluran drainase sinus. Dan setelah itu, dokter akan melakukan beberapa prosedur pegobatan sinusitis, yang diantaranya:

– Penarikan jaringan, semisal dengan polip hidung yang menyumbat saluran sinus yang terpengaruh.
– Pemompaan balon kecil untuk mnmembuka saluran drainase dari sinus. Proses ini sendiri lebih di kenal dengan istilah sebagai dilatasi kateter balon.

Adapun tujuan dari prosedur operasi ini sendiri adalah untuk meningkatkan drainase sinus anda dan juga membantu meningkan kembali fungsi sinus  agar dapat bekerja secara optimal kembali. Selain itu, dokter bedah juga akan memasukan implan  yang pada aklhirnya mmpu larut dengan sendirinya. Implan ini sendiri berfungsi untuk menjaga sinus agar tetap terbuka dan bisa menyalykan steroid mometasone langsung ke dinding sinus.

Pengobatan Sinusitis Akut Dan Kronis Secara Medis | Nida Saripa | 4.5