Pengobatan Miom Rahim Secara Medis

Pengobatan miom rahim pada umumnya dapat di lakukan dengan beragam cara. Adapun salah satu alternatif yang paling di percaya pada saat ini ialah dengan menggunakan obat miom alami. Namun, selain itu penanganan miom juga banyak di percayakan secara medis.

pengobatan miom rahimPada kasus miom yang tidak menimbulkan gejala, pada umumnya pengobatan tidak di perlukan, karena miom yang berukuran sangat kecil akan menyusut dengan sendirinya. Bahkan pertumbuhan sel pada miom sendiri tidak bersifat kanker dan kondisi ini pula tidak sama sekali mempengaruhi kehamilan.

Namun pada miom yang menimbulkan berbagai gejala, pengobatan nyatanya perlu di berikan sehingga gejala yang muncul dapat teratasi. Bahkan jika gejala miom yang di timbulkan sangat parah dan pengobatan ringan yang di lakukan tidak berhasil, biasanya dokter akan menyatakan untuk melakukan operasi.

Berbagai jenis pengobatan miom rahim secara medis

Berdasarkan keparahan gejala sakit miom yang muncul, terdapat beberapa perawatan medis yang dapat di lakukan untuk mengobati miom. Diantaranya adalah obat-obatan, prosedur operasi, embolisasi arteri rahim dan ablasi endometrium.

1. Obat-obatan

Pada miom dengan gejala sedang, pada umumnya pengobatan mioma utera secara medis yang bisa di lakukan adalah dengan penggunaan beberapa jenis obat-obatan berikut:

  • Kontrasepsi oral (pil KB). Obat ini sendiri berfungsi dengan cara menghambat sel telur agar tidak di lepaskan dari ovarium untuk mencegah kehamilan. Adapun selain dari pada itu, pil KB juga di ketahui dapat mengurangi pendarahan berlebih serta membantu mengurangi rasa sakit saat menstruasi.
  • Levonorgestrel intrauterine system (LNG-IUS). Ini merupakan seperangkat alat medis berbentuk plastik yang di letakan di dalam rahim. Alat ini sendiri berfungsi untuk mengeluarkan hormon progesteron yang bernama levonorgestrel secara berlebihan. Alat ini juga dapat memperlambat memperlamvbat pertymbuhan dinding rahim agar lebih tipis dan pendarahan yang lebih sedikit.
  • Asam traneksamat. Bagi penderita miom yang masih menginginkan bisa hamil, anda bisa mengonsumsi asam teneksamat ini. Fungsi dari obat ini sendiri adalah menyebabkan terjadinya penggumpalan darah dalam rahim.
  • Obat ini sendiri tidak termasuk ke dalam obat kontrasepsi, sehingga tidak dapat mencegah terjadinya kehamilan. Waspadai efek sampingnya berupa gangguan pencernaan dan juga diare.
  • Obat anti-inflamasi non steroid (OAINS). Obat ini bisa di gunakan untuk mengurangi sekaligus menghentikan pendarahan. Obat ini juga termasuk golongan obat pereda sakit yang juga mampu menghalangi tubuh dalam menghasilkan senyawa prostaglandin, yang terkait dengan menstruasi berlebih.
  • Ulipristal acetate, merupakan metode pengobatan terbaru untuk mengatasi miom. Pengobatan ini bisa di lakukan selama 3 bulan, yang di mulai saat satu minggu pertama menstruasi. Metode ini sendiri nyatanya hanya di rekomendasikan untuk wanita d atas 18 tahun dan tidak di perbolehkan di gunakan dengan beberapa metode lainnya seperti metode kontrasepsi hormonal seperti pil progestogen dan lainnya.

Selain itu, masih terdapat jenis obat-obatan yang di ketahui dapat mengurangi hingga menghilangkan gejala miom di antaranya seperti progesteron oral, progesteron suntik, Gonadotropin releasing hormone (GnRH) dan masih banyak lagi yang lainnya. Harap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar obata yang di gunakan sangat cocok dengan kondisi miom yang tengah anda alami.

2. Operasi miom

Prosedur pengobatan miom di rahim ini biasanya di lakukan jika gejala yang di akibatkan oleh miom terbilang parah. Sebelum memilih prosedur operasi tertentu, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengatahui berbagai manfaat dan resiko di dalamnya. Adapun beberapa jenis prosedur operasi yang bisa di lakukan untuk mengatasi miom adalah sebagai berikut.

  • Bedah histeroskopi. Prodsedur ini bertujuan mengangkat miom melalui vagina dengan menggunakan peralatan operasi kecil, sehingga tidak ada penyatan. Prosedur operasi yang satu ini sangat cocok bagi anda yang masih ingin memiliki anak di masa mendatang.
  • Mastektomi. Prosedur ini di gunakan untuk mengangkat miom yang berada pada dinding rahim. Prosedur pengobatan ini juga sangat cocok bagi anda yang masih ingin memiliki anak. Operasi ini juga nyatanya bisa di terapkan pada segala jenis miom.
  • Histerektomi. Adalah operasi pengangkatan seluruh rahimyang akan di sarankan jika miom yang ada cukup besar, terjadi pendartahan yang banyak, dan anda tindak ingin memiliki anak lagi. Cara ini sangat efektif untuk mencegah kembalinya miom di kemudian hari.
  • Morcellation histereksopi. Adalah prosedur operasi yang memasukan histeroskop dan alat bernama morcellator ke dalam rahim melalui serviks untuk memotong dan membuang miom. Adapun kelebihan dari metode ini sendiri adalah meminimalisir terjadinya cidera pada rahim.

3. Embolisasi arteri rahim

Langkah ini sangat di sarankan bagi wanita yang memiliki miom dengan ukuran besar. Proses ini lakukan oleh dokter ahli radiologi dengan menggunakan sinar X dan alat pemindaian. Proses ini sendiri di ketahui dapat menghambat pembuluh darah yang menyuplai miom dan sebagai akibatnya ukuran miom akan menyusut. Namun sebelum melakukanya, ada baiknya ketahui terlebih dahulu menfaat dan reiko yang di timbulkannya. Hingga pada saat ini belum dapat di pastikan apakan prosedur pengobatan ini dapat berdampak pada kesuburan maupun kehamilan.

4. Ablasi endometrium

Adalah prosedur kecil untuk mengangkat dinding rahim. Langkah ini di gunakan untuk mengurangi pendarahan berlebih saat menstruasi pada wanita yang mengidap miom. Selain sadari pada itu, cara ini juga bisa mengatasi miom kecil yang berada di dinding rahim. Pengangkatan dinding rahim ini bisa di lakukan dengan memakai energi laser, energi panas microwave, lingkaran kabel panas dan juga cairan panas.

Nah, itulah berbagai pengobatan miom rahim secara medis beserta manfaat serta efek yang di timbulkan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi akurat di samping anda mengkonsultasikannya dengan dokter untuk memiliki penangan tepat miom yang tengah anda alami.

Pengobatan Miom Rahim Secara Medis | Nida Saripa | 4.5