Pantangan Pengidap Penyakit Asma

Pantangan pengidap penyakit asma seharusnya selalu dapat di hindari oleh penderitnya. Pasalnya hal tersebut dapat membuat gejala asma yang anda derita akan kambuh bahkan dapat menjadi semakin memburuk. Mengatur tubuh dan juga kesehatan sangat penting untuk penderita asma agar dapat terhibndar dari berbagai serangan.

Pantangan pengidap penyakit asmaSelain mengenal anda telah mengenal makanan sehat bagi penderita asma serta pantangan makanan bagi penderita asma, sangat penting juga bagi Anda untuk mengatahui sekaligus menghindari beberapa pantangan penyakit asma pada anak dan dewasa berikut, terutama riwayat penyakit asma yang di sebabkan oleh alergi. Karena meski anda rajin mengonsumsi obat asma secara teratur, namun anda tetap melakukan beberapa pantangan pengidap asma ini maka asma anda akan tetap sering kambuh. Dan anda dapat mengetahuinya dari informasi singkat berikut ini.

Pantangan pengidap penyakit asma yang harus anda hindari

  • Terkena debu

Debu merupakan salah satu musuh terberat bagi penderita asma. Karena jika debu masuk ke saluran pernapasan dapat menyebabkan reaksi alergi. Debu juga sering kali menjadi faktor penyebab asma sering kambuh. Maka dari itu, sangatlah penting bagi penderita asma untuk  menjaga kebersihan kamar maupun rumah agar dapat terbebas dari debu.

  • Bulu hewan

Penderita asma juga sebaiknya menghindari segala jenis hewan yang berbulu. Terlebih hewan tersebut memiliki bulu yang mudah rontok seperti anjing dan kucing. Selain buluinya, beberapa penderita asma juga sangat rentan terhadap beberapa partikel kotor yang berasal dari hewan seperti air liur dan juga kulit binatang. Oleh sebab itu, jika anda memiliki penyakit asma, sebaiknya jangan memelihara kucing maupun anjing.

  • Menghindari mencium serbuk bunga

Serbuk bunga juga ternyata sa;ah satu di antaranya pantangan asma alergi yang dapat menimbulkan serangan asma kambuh pada penderitanya. Maka dari itu, anda harus menjauh dari bunga yang sudah layu dan mati. Selain itu, jangan pernah meletakan pot di dalam ruangan.

  • Asap rokok

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya asap roko mengandung zat nikotin yang mana sangat berbahaya untuk pernapasan. Maka dari itu, asap rokok juga merupakan pantangan penyakit asma. Sehingga penderita asma harus benar-benar tidak terpapar oleh asap rokok.

  • Olahraga berat

Penderita asma sebenarnya sangat di anjurkan untuk melakukan latihan ataupun berolahraga untuk melatih pernapasan mereka. Namun, penderita asma juga sangat tidak di anjurkan untuk melakukan olahraga berat yang dapat memicu kelelahan dan banyak tenaga. Karena hal tersebut dapat menyebabkan penderita kesulitan bernapas dan dan asma yang mereka miliki kambuh. Maka dari itu, cukup dengan melakukan latihan ringan selama 15 menit setiap hari.

  • Menghirup asap dan aroma menyengat

Semua jenis asap dan aroma yang menyengat juga pantangan pengidap penyakit asma yang bisa menyebabkan serangan asma kambuh. Kondisi tersebut di karenakan asap dan bau yang menyengat bisa menyebabkan saluran pernapasan menjadi lebih sensitif. Selain itu, produksi lendir pada saluran pernapasan bisa menjadi lebih banyak sehingga penderita akan kesulitan bernapas dengan baik. Untuk hal ini sebaiknya anda menggunakan kipas angin atau pendingin ruangan untuk menetralkan aroma di ruangan.

  • Tidak mengonsumsi aspirin

Aspirin merupakan diantara dari beberapa jenis obat yang dapat menimbulkan asma. Terlebih jika aspirin di konsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama maka dapat memperburuk kondisi anda.  Maka dari itu, konsumsi jenis obat apapun hanya berdasarkan resep dokter.

  • Cuaca terlalu panas dan juga terlalu dingin

Perubahan cuaca yang sangat ekstrim juga dapat berpengaruh terhadap timbulnya gangguan pernapasan. Pada penderita asma, jika berada pada cuaca yang terlalu dingin maka saluran pernapasannya bisa menyempit kapan saja. Sedangkan pada cuaca yang terlalu panas, maka dapat menyebabkan timbulnya gangguan pernapasan. Maka dari itu, bagi penderita asma anda perlu mengatur perlindungan saat cuaca sedang sangat panas maupun dingin.

  • Hindari mengonsumsi makanan pemicu alergi

Pada umumnya penderita asma memiliki alergi terhadap beberapa jenis makanan tertentu. Maka dari itu, pemeriksaan terhadap alergi perlu di lakukan sebelumnya. Jenis makanan yang biasanya dapat menimbulkan alehrgi adalah susu sapi, ikan, kacang, telur dan lainnya.

  • Garam

Pantangan asma yang terakhir adalah garam. Garam biasanya di pakai sebagai bumbu masakan dan juga sering kali di gunakan sebagai pengawet alami. Namun perlu untuk anda ketahui, mengonsumsi garam bagi penderita asma dapat memperburuk kondisi kesehatannya Maka dari itu, alangkah baiknya untuk tidak mengonsumsi garam secara berlebihan atau cenderug menggunakan bumbu penggantinya.

Nah, itulah beberapa pantangan pengidap penyakit asma yang yang perlu anda hindari. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi perantara kesehatan anda tetap prima. Salam sehat!

Pantangan Pengidap Penyakit Asma | Nida Saripa | 4.5