Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung Tinggi

Pantangan makanan bagi penderita asam lambung tinggi

Asam lambung tinggi

Pantangan makanan bagi penderita asam lambung tinggirasasakit.com – Lambung merupakan salah satu dari rangkaian alat pencernaan manusia yang memiliki peranan penting untuk mencerna berbagai macam makanan yang kita konsumsi setipa harinya. Selain itu, lambung juga memiliki peran untuk menyerap sari-sari makanan yang akan di serap oleh tubuh. Namun, akibat pola hidup manusia yang buruk, seringkalai timbul ketidaklancaran dalam sistem pencernaan tersebut. Berbagai jenis permasalahan kesehatanpun menyerang sistem percernan ini, Yang salah satunya adalah penyakit maag atau yang sering kita kenal dengan penyakit asam lambung tinggi.  Asam lambung atau Gastrioeshopageal Reflux Disiase (GERD) adalah penyakit yang umum di miliki oleh masyarakat saat ini.

Dan jika anda salah satu diantara penderita asam lambung tinggi, anda perlu menjaga kesehatan anda dengan ekstra di mulai dari hal terkecil seperti makanan umpamanya. Lalu apa saja pantangan makanan bagi penderita asam lambung tinggi? Untuk mengetahui lebih lengkapnya anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Baca juga: Tips Atasi Sakit Payudara Saat Hamil Trimester Pertama

Pantangan makanan bagi penderita asam lambung tinggi

Pantangan makanan bagi penderita asam lambung tinggi

Pantangan makanan bagi penderita asam lambung tinggi

Minuman bersoda

Minuman bersoda merupakan pantangan makanan padapenderita asam lambung yang harus dihindari. minuman bersoda memanglah minuman yang segar terutama saat cuaca sedang panas terik. Namun terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda secara terus menerus dengan dosis yang tinggi juga dapat menyebabkan munculnya permasalahan kesehatan yang diantaranya adalah asam lambung. Efek yang di timbulkan setelah mengonsumsi minuman berkarbonasi tersebut akan menyebabkan perut menjadi kembung dan tidak nyaman. Tak sebatas itu, kandungan gula yang terkandung di dalamnyapun dapat memicu obesitas.

Buah Dan Sayuran

Meski buah-buahan memiliki nutrisi dan juga vitamin yang diyakini sangat baik untuk tubuh, Namun ada beberapa jenis buah dan sayur yang patut di hindari oleh penderita asam lambung, diantaranya seperti kedondong, pisdang ambon, nangka, buah yang di keringkan, kol dan juga sawi. Hal tersebut disebabkan karena buah dan sayuran tersebut mengandung gas yang dapat memicu naiknya asam lambung yang anda derita.

Makanan berlemak tinggi

Pantangan makanan penderita penyakit asam lambung selanjutnya adalah makanan yang berlemak. Selain dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan kolestrol, makanan yang mengandung lemak terlebih dengan kandungan lemak yang tinggi pula dapat memicu naiknya kadar asam di lambung. Hal tersebut disebabkan karena makanan yang mengandung lemak susah untuk di cerna oleh tubuh dan memperlambat pengosongan pada lambung. Jika di biarkan, maka akan menyebabkan peningkatan peregangan pada lambung, yang pada akhirnya meningkatkan kadar asam di lambung. Selain anda perlu menghindari makan yang berlemak seperti gorengan, anda juga perlu menghindari jenis makanan lainnya seperti kue tart, keju dan juga coklat.

Makanan pedas

Siapa yang tak menyukai jenis makanan yang satu ini? Hampir setiap orang menyukai makan bercita rasa pedas. Namun, tak dapat di pungkiri makan pedas juga merupakan salah satu jenis pantangan makanan bagi penderita penyakit asam lambung. Hal tersebut di karenakan makanan yang pedas dapat merusak dinding lambung anda.

Makanan asam

Makanan asam yang mengandung acid reflux juga dapat dapat meningkatkan kadar asam di lambung. Makanan jenis ini apabila di konsumsi oleh penderita asam lambung maka akan memperburuk kondisi maag yang anda derita. Sebaik makanna asampun termasuk salah satu jenis makanan pantangan bagi penderita asam lambung. Makanan yang asam diantaranya seperti cuka, asinan, acar dan buah asam.

Makanan yang mengandung alkohol

Makanan yang mengandung alkohol juga menjadi larangan makanan untuk penderita asam lambuing. Hal tersebut di karenakan makanan yang mengandung alkohol mengandung gas, yang mana gas tersebut dapat mempercepat asam lambung menjadi naik. Makanan yang mengandung alkohol disini adalah makanan yang melalui proses fermentasi, yang diantaranya seperti tape, singkong, tape ketan, manisan buah, manisan sayur dan lainnya.

Selain jenis makanan yang telah di sebutkan di atas ada beberapa jenis minuman yang patut pula di hindari oleh penderita asam lambung tinggi diantaranya adalah kopi, bir atau alkohol, minuman berenergi, dan juga semua jenis minuman berkaleng.

Namun apabila anda kini sedang mengalami rasa sakit perut yang tak tertahankan, akibat asam lambung naik kambuh kembali anda dapat mengatasinya dengan pengobatan herbal terbaik, dan merupakan rekomendadi para ahli kesehatan saat ini yaitu dengan menggunakan Gastric health Capule. Untuk informasi lebih lengkapnya, anda dapat mengklik halaman berikut >> Mengatasi Rasa Sakit Perut Atas Akibat Asam Lambung Naik.

Nah itulah beberapa pantangan makanan dan makanan untuk penderita asam lambung tinggi yang harus di hindari. Terimakasih telah menyimak artikel kami di sela waktu kwesibukan anda. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Dan selamat berjumpa kembali pada artikel berikutnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Lambung Tinggi | Nida Saripa | 4.5