Mengenal Gejala Asma Ringan Hingga Kronis

Mengenal gejala asma ringan hingga kronis sangat perlu di perhatikan oleh penderita asma sendiri serta mereka yang sering kali berada di sekelilingnya. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pertolongan pertama dan penanganan yang tepat pada penderita asma. Karena seperti yang telah kita ketahui, jika penangan kurang tepat ataupun terlambat maka dapat berdampak buruk bagi kondisi penderita asma sendiri.

Mengenal Gejala Asma Ringan Hingga Kronis

Mengenal gejala asma ringan hingga kronis

Pengertian penyakit asma sendiri adalah salah satu penyakit akibat terjadinya peradangan kronis yang terjadi pada saluran pernapasan dengan gejala yang bervariasai dan bersifat berulang-ulang. Adapun faktor utama penyebab asma dapat di sebabkan  oleh kombinasi faktor genetik dan juga lingkungan. Penyakit yang dapat di alami leh semua umur ini, sebaiknya segera mendapatkan penangan secara khusus terlebih pada saat gejala asma mulai kambuh.

Mengenal gejala asma ringan hingga kronis pada anak dan dewasa

Beberapa gejala berikut sering kali muncul pada saat penyakit asma menyerang penderitanya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. kesulitan bernapas. Ciri-ciri gejala awal orang terkena sakit asma yang paling umum dialami oleh penderitanya adalah mengalami kesulitan untuk bernapas. Kondisi ini dapat terjadi pada saat penderita asma sedang beraktivitas ataupun  secara tiba-tiba.

2. Mengi. Adalah adanya suara saat seseorang bernapas. Kondisi ini pun merupakan salah satu gejala utama asma yang sering kali muncul.

3. Nyeri pada bagian dada. Meski gejala yang satu juga dapat di alami oleh pendwerita penakit lainnya, namun pada penderita asma kondisi ini beupa perasaan tekanan dan perasaan berat pada dada. Jika anda mengalami kondisi ini segera periksakan kondisi anda ke dokter.

4. Merasa mudah lelah. Pastinya kondisi ini dapat di alami oleh orang yang mengidap penyakit tertentu seperti salah satunya pada penderita asma, yang di sebabkan oleh berkurangnya kadar oksigen di dalam tubuh sehingga terjadi gangguan pada saluran pernapasan.

5. Mengalami iritasi pada tenggorokan.  Gejala ini juga dapat di alami oleh penderita penyakit lainnya. Pada penderita asma sendiri gejala ini dapat di sebabkan karena saluran pernapasan yang tersumbat oleh lendir.

6. Batuk secara terus menerus. Pada umumnya orang sering kali menganggap remeh penyakit batuk. Namun jika batuk terjadi secara terus menerus yang mengakibatkan napas menjadi pendek ada kemungkinan kondisi tersebut adalah gejala dari penyakit asma.

7. Hilangnya suara. Akibat mengalami batuk secara terus menerus, penderita asma dalam beberapa jangka waktu kemungkinan dapat kehilangan suaranya. ataupun dalam pembicaraan normal suaranya akan terdengar serak.

8. Sering panik dan cemas. Jika seseorang mengalami panik dan cemas pada masalah-masalah kecil juga dapat menjadi ciri penyakit asma. Gejala asma ringan ini bisa saja di hindari dengan cara tetap menenangkan diri ataupun berkonsultasi dengan dokter.

Selain pada orang dewasa, beberapa gejala di atas pun umumnya juga sering kali menjadi gejala asma pada anak maupun balita. Dan selain dari pada itu, masih terdapat beberapa gejala asma akut lainnya yang menunjukkan bahwa gejala asma kambuh yang di alami oleh penderita terbilang cukup kronis. Beberapa gekala asma kronik tersebeut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Penderita kesulitan untuk mengucapkan kalimat-kalimat panjang.
  • Penderita kesulitan untuk menarik napas dan dada terasa tertutup, terlebih saat berbaring.
  • Bibir dan kuku menjadi membiru.
  • Otot leher dan otot perut terasa tegang.
  • Meningkatnya kebutuhan untuk menggunakan bronchodilator (pengobatan yang membuka jalan napas dengan mengistirahatkan otot-otot saluran pernapasan).
  • Turunnya maksimum aliran napas yang di ukur oleh peak flow meter (peralatan sederhana yang sering kali di gunakan untuk mengetahui seberapa baik paru-paru anda bekerja.

Pada kasus asma yang ringan, penyakit asma dapat di redakan dengan menggunakan inhaler atau obat asma, yang mungkin selalu di bawa oleh penderita asma kemanapun ia pergi. Sedangkan pada fase asma kronis yang parah, penderita memerlukan tindakan khusus dari tim medis.

Maka dari itu, penderita asma sangat di anjurkan untuk tidak mengabaikan gejala asma yang timbul meski hanya gejala-gejala kecil. Karena dengan memperhatikan gejala-gejala kecil tersebut maka dapat menhindari  dan mencegah terjadinya penyakit asma yang berkembang semakin parah. Selain itu, penderita asma juga perlu untuk menghindari beberapa penyebab asma sering kambuh berupa alergi atau lingkungan sekitar sebagai pencegahan penyakit asma sering kambuh.

Mengenal Gejala Asma Ringan Hingga Kronis | Nida Saripa | 4.5