Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Ibu Hamil

manfaat puasa bagi kesehatan ibu hamilManfaat puasa bagi kesehatan ibu hamil – Puasa ramadhan merupakan salah satu ibadah yang wajib di lakukan oleh setiap muslim, tidak terkecuali pada ibu hamil. Hal itupun dapat di lakukan, jika kondisi ibu hamil dan sang janin memungkinkan untuk menjalankan ibadah berpuasa. Dan setelah mengadakan pemeriksaan yang menyatakan bahwa kesehatan janin dan sang ibu serta mendukung untuk menjalankan ibadah puasa, maka hal tersebut tidak akan mengganggu perkembangan janin malah akan akan mendatangkan berbagai manfaat di dalamnya. Lalu apa manfaat puasa untuk ibu hamil? berikut ulasannya.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Ibu hamil

Menurut dr Imam Rasjidi, SPOG (K), yang mana beliau merupakan salah seorang spesialis kebidanan di rumah Sakit MRCCC Siloam, Beliau mengatakan bahwa ada beberapa manfaat dari puasa untuk kesehatan ibu hamil, diantaranya adalah sebagai berikut.

Mencegah penyakit degeneratif

Salah satu dianatara manfaat puasa bagi ibu hamil adalah mencegah penyakit yang timbul  karena pola makan yang berlebihan. Bagi ibu hamil dan janin, makanan yang mengandung gizi berlebih dapat mengakibatkan kegemukan dan penyakit degeneratif pada ibu dan janin, seperti kolesterol. jantung koronre, dan kencing manis.

Menambah jumlah sel datrah putih

Manfaat lainnya ynag di dapatkan oleh ibu hamil dari berpuasa adalah  menambah sjumlah sel darah putih  di dalam tubuh. Dimana kondisi tersebut dapat menghindarkan serangan jantung dan pembuluh darah, serta meningkatkan sistem imun pada ibu hamil.

Menjaga fungsi organ pencernaan

Puasa juga dapat memberikan manfaat membantu sekaligus menjaga fungsi organ pencernaaan pada ibu hamukl. Pasalnya, pada saat kita melakukan puasa, berarti kita memberikan waktu istirahat pada organ pencernaan kita,

Mendetoksifikasi tubuh

Detoksifikasi merupakan salah satu cara untuk membersihkan tubuh dari racun serta kotoran yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh. Dengan puasa, ibu hamil dapat membatasi asupan kalori yang masuk  ke dalam tubuh, sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan  zat-zat bersifat racun di dalam tubuh.

Mencegah Obesitas

Pada saat berpuasa, terjadi adanya penurunan glukosa dan berat badan, yang mana hal tersebut  sangat bermanfaat untuk mencegah obesitas dan kegemukan pada ibu hamil dan janin. Selain itu, jika di lakukan perhitungan kalori, maka kalori yang terbakar selama melakukan sholat tarawih adakah sebesar 200 kalori.

Menyehatkan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki tugas untuk menyaring zt berbahaya dari apa yang kita konsumsi. Saat seseorang bahkan ibu hamil berpuasa, maka itu berarti mebuat ginjal mereka semakin sehat.  Hal ini di karenakan fungsui ginjal akan bekerja semakin maksimal jika kekuatan osmosis urin mencapai  1000-12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara yaitu dengan mengurangi asupan air yang masuk ke dalam tubuh saat berpuasa.

Jika di lihat secara medis, maupun psikiologis, memang puasa memiliki manfaat yang cukup beragam untuk kesehatan ibu hamil. Namun selain manfaat yang telah di uraikan di atas, puasa juga dapat menjadikan indra penglihatan menjadi lebih muda dan jelas, menurunkan kadar lemak, mampu mengendalikan nafsu seksual, memperbaiki metabolisme di dalam tubuh serta membuang semua ketegangan jiwa.

Dengan semua manfaat yang terkandung di dalam puasa, maka jadikanlah puasa ini sebagai momentum  untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda secara medis. Akan tetapi, di luar itu hal yang terpenting dan tidak boleh terlupakan adalah bahwasannya puasa merupakan salah satu bentuk wujud ibadah kita kepada sang maha pencipta.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Ibu Hamil | Nida Saripa | 4.5