Manfaat Pepaya Untuk kesehatan

Sekarang kami akan memberikan suatu informasi seputar kesehatan mengenai manfaat pepaya untuk kesehatan, yang akan kami uraikan secara terperinci beserta kandungan nutrisinya  yang sangat baik entah bagi si kecil, dewasa bahkan ibu hamil.

Manfaat Pepaya Untuk kesehatan

                       Manfaat Pepaya Untuk kesehatan

Si buah yang satu ini, selain memiliki rasa manis nan segar, pepaya juga sangat baik untuk kesehatan karena mineral dan vitamin yang di kandungnya sangatlah tinggi. Selain bagus untuk diet, menetralkan asam lambung  dan kecantikan pada wajah dengan memakan pepaya juga  dapat menekan beberapa jenis penyakit yang di antaranya penyakit berbahaya.

Pepaya sangat kaya akan berbagai macam vitamin, salah satunya adalah vitamin C. Yang setidaknya satu buah pepaya saja mengandung 235 mg vitamin C.  Selain itu, pepaya juga mengandung  vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalsium, kalium, folat, magnesium, asam pantotenat, alpha dan betakaroten, juga lutein dan zeaxanthan. Semua nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang sangat di perlukan oleh tubuh. Apalagi jika pepaya di campur dengan bahan yang lainnya sepeti madu atau jeruk nipis maka manfaatnyapun akan lebih maksimal.

Manfaat pepaya untuk kesehatan

Karena segudang nutrisi yang di kandungnya, pepaya pun memiliki sejuta manfaat untuk mencegah beberapa penyakit berbahaya. Berikut adalah berbagai macam manfaat dari buah pepaya.

  • Menyehatkan rambut. Kandungan vitamin  yang terdapat pada pepaya mampu memberikan kelembaban pada rambut. tak hanya itu, rambut juga tumbuh subur. Itu di karenakan kandungan vitamin A yang terkandung pada pepaya dan memicu produksi sebum.
  • Melancarkan pencernaaan. Tak asing didengar jika pepaya dapat melancarkan pencernaan. Itu di sebakan karena kandungan serat dan air yang di kandungnya sangat banyak sehingga sistem pencernaan pun lancar dan tentunya sembelit pun dapat di cegah. Selain itu adanya enzim papain yang sangat berperan dalam sistem pencernaan sebagai pelumat daging.
  • Menyembuhkan luka pada kulit. suatu penelitia mengungkap, ternyata pepaya juga dapat dapat menyembuhkan luka bakar dan mencegah infeksi pada luka. itu di sebabkan karena kandungan papain dan enzim proteolitik kimopapain yang terkandung dalam pepaya.
  • Menyembuhkan peradangan. pepaya memiliki kandungan kolin yang dapat meredakan peradangan. selain dapat meredakan peradangan, kandungan kolin yang terkandung dalam pepeya juga membantu penyerapan lemak, terlibat dalam peniriman rangsang saraf, berpengaruh dalam pergeraan otot, menjaga daya ingat, dan membantu dalam menjaga membran sel.
  • Mengurangi resiko asma. salah satu kandungan dalam pepaya yaitu betakaroten dapat mengurangi timbulnya penyakit asma.
  •  Menjaga kesehatan tulang. vitamin K yang terdapat pada pepaya  membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengubah matriks tulang sehingga resiko patah tulang atau masalah pada tulangpun berkurang.
  • Diabetes. Serat yang terdapat pada pepayasangat bagus bagi penderita diabetes tipe 1, karena bisa menurunkan gula drah. Namun, sebaiknya pepaya tidak di konsumsi oleh penderita Diabetes tipe 2 karena dapat meningkatkan insulin, gula darah dan lipid.
  • Menekan terjangkit penyakit jantung. Kandungan kalium, vitamin dan serat yang terdapat pada pepaya mampu membantu mennurangi resiko terkena penyakit jantung.
  • Mengurangi resiko kanker. antioksidan betakaroten yang terkandung dalam pepaya dapat mengurangi resiko beberapa jenis kanker. Diantaranya adalah kanker prostat.
  • Menjaga tekanan darah. Karena kandungan kaliumnya yang cukup banyak  menjadikan pepaya sangat baik apabila di konsumsi ibu hamil, itu du sebabkan karena proses natrium yang terkontrol sehingga menjaga tekanan darah dan meningkatkan kewaspadaan mental, terlebih pada ibu hamil.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Betakaroten yang terkandung pada pepaya sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh terutama selama kehamilan.
  • Penangkal radikal bebas. Pepaya juga sangat kaya akan anti oksidan yang manfaatnya untuk menangkal radikal bebas.
Manfaat Pepaya Untuk kesehatan | Nida Saripa | 4.5