Manfaat Menarik Napas Panjang Dan Dalam Bagi Kesehatan

Manfaat menarik napas panjang dan dalam bagi kesehatan -, Menarik napas dalam-dalam adalah suatu aktivitas menarik napas panjang hingga anda merasa  ada udara yang melewati hidung melalui perut hingga keluar lewat mulut. Meski terdengar sepele, ternyata aktivitas menarik napas panjang ini memiliki manfaat tertentu untuk kesehatan. Bahkan banyak orang yang menganggap bahwa bernapas adalah hal yang refleks sehingga menghela napas panjang sering kali di lupakan.

Manfaat menarik napas panjang dan dalam bagi kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat menarik napas panjang dan dalam bagi kesehatan

  • Manfaat menarik napas panjang untuk meredam stress

Bagi anda yang sering mengalami stress atau rasa tertekan, anda dapat melakukan terapi menarik napas panjang ini saat anda mengalaminya. Cara bernapas ini dapat membuat tubuh mengirimkan sinyal untuk memperlambat reaksi di otak, sehingga ada perubahan hormonal dan faktor psikiologis lainnya. Kondisi tersebut dapat memperlambat denyut jantung serta menurunkan tekanan darah tinggi di saat anda sedang mengalami stres.

  • Manfaat menarik napas panjang untuk menurunkan amarah

Anda dapat mengambil napas secara dalam di saat anda merasa emosi anda sedang tinggi. Saat marah, tubuh akan merasa tertekan, dan dengan mengambil secara dalam maka dapat menurunkan emosi serta tekanan yang muncul.

  • Manfaat menarik napas panjang untuk mencegah makan secara berlebih

Pada saat seseorang mengalami stres, sebagian orang melampiaskannya dengan cara mengonsumsi makanan secara berlebih. Akan tetapi hal tersebut kurang baik terlebih bagi anda yang tengah melakukan program diet. Namun sebelum hal tersebut terjadi, anda dapat mengantisipasinya dengan cara melakukan latihan pernapasan dalam. Ambil napas secara perlahan dan singkirkanlah makanan dari pikiran dan fokuslah terhadap relaksasi.

  • Manfaat menarik napas panjang untuk memperlambat denyut jantung

Saat kita sedang emosi, secara refleks denyut jantung akan semakin kencang. Dan pada saat emosi anda tengah memuncak, cobalah untuk menarik napas panjang dengan benar dan lakukan sebanyak 3 kali. Dengan begitu, detak jantung dan juga tekanan darah anda akan kembali normal.

  • Manfaat menarik napas panjang untuk menurunkan tekanan darah

Bernapas secara dalam dapat merangsang munculnya oksida nitrat alami yang memiliki fungsi untuk membuat seseorang menjadi lebih tenang. Zat tersebut akan memasuki paru-paru bahkan pusat otak, sehingga tekanan darah yang tinggi secara tiba-tiba dapat menurun secara perlahan.

  • Manfaat menarik napas panjang untuk membantu mengurangi rasa sakit

Saat kita melakukan pernapasan panjang, maka pada saat ituah tubuh akan mengelurkan hormon endorfin. Hormo tersebut adalah seenis zat yang dapat memberikan rasa nyaman bahkan pereda rasa sakit alami. Sejumlah penelitian pun menunjukkan bahwasannya saat menarik napas dalam-dalam dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi penderita penyakit asma.

  • Manfaat menarik napas panjang untuk mengurangi rasa gugup

Sering kali beberapa orang sering kali merasa gugup pada saat melakukan sesuatu hal yang tak pernah ia lakukan sebelumnya. Dan karena rasa gugup tersebut sering kali membuat kita menjadi sangat sulit untuk berbicara, Pada saat kondisi tersebut terjadi pada anda, anda dapat menghela napas dalam-dalam sembari memejamkan mata. Dan lakukan hal tersebut selama satu hingga dua menit.

  • Manfaat menarik napas panjang untuk meningkatkan fungsi paru-paru

Pernapasan dada yang pendek pada umumnya tidak menyediakan oksigen yang begitu banyak dalam darah. Dan ha tersebut menandakan bahwa kurang pula oksign yang tersedia untuk jaringan dan organ tubuh. Hal tersebut di karenakan pada saat seseorang melakukan napas cepat dan dangkal, paru-paru tidak cukup mengembangkan dan memungkinkan mentrasfer olsigen yang maksimum ke dalam darah.

Maka dari itu, mulai dari sekarang mari kita sama-sama untuk melakukan aktivitas menghela napas panjang sesering mungkin agar kita bisa memetik berbagai manfaat menarik napas dalam dan panjang untuk kesehatan kita. Utamakan melakukan kegiatan ini di pagi hari. Selain udaranya yang masih segar, udara di pagi hari juga masih sehat karena belum terkontaminasi oleh berbagai zat polutan yang malah bisa membahayakan kesehatan kita.

Manfaat Menarik Napas Panjang Dan Dalam Bagi Kesehatan | Nida Saripa | 4.5