Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Manfaat berjalan kaki tidak hanya sebagai olah raga ringan saja lho, melainkan memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anda. Mau tahu informasi selengkapnya? mari kita simak uraian singkat berikut ini.

manfaat berjalan kakiJika anda kini tengah mengalami masalah dengan lutut atau kaki anda, ataupun tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga akibat padatnya aktivitas, jangan jadikan berbagai hal tersebut sebagai alasan agar anda tidak berolahraga, karena anda bisa menyisiatinya dengan melakukan berjalan kaki ringan hingga cepat.

Kebiasaan sehat berjalan kaki sebaiknya di lakukan setiap hari selama 30 menit. Namun, agar tubuh anda tidak merasa kaget anda bisa mengawalinya selama 10-15 menit. Baru setelah itu, anda bisa meningkatkan durasinya. Jika anda melakukannya secara teratur yang di barengi dengan pola hidup sehat, maka kemungkinan anda bisa mendapat beberapa manfaat dari berjalan kaki berikut ini:

1. Menjaga kesehatan jantung dan menuerunkan kolesterol
Dengan berjalan kaki setiap hari, anda berarti telah menjaga kesehatan jantung dan mengatur tingkat kolesterol anda. Bahkan menurut sebuah studi menyatakan bahwa berjalan kaki selama 30 menit di duga bisa menurunkan kemungkinan seorang wanita mengalami masalah jantung sekitar 40%. Hal tersebut di karena dengan berjalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh serta menurunkan tekanan gula darah dalam tubuh.

Namun sebelum itu, ada baiknya untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter anda. Hal ini bertujuan agar anda mengetahui seberapa lama dan berat bisa melakukan olahraga jalan kaki. Karena hal ini berhubungan dengan batas kegiatan seperti apa yang baik untuk jantung anda.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Kurang berolahraga bisa menyebabkan tubuh anda rentan terkena penyakit. Maka dari itu, cobalah menyempatkan diri anda untuk melakukan jalan kaki setidaknya 30 menit dalam sehari. Maka dengan begitu, sistem kekebalan tubuh anda akan meningkat dan bisa melawan infeksi. Dengan manfaat berjalan kaki selama 30 menit juga bisa membuat tidur anda menjadi lebih nyenyak dan secara otomatis tubuh pun dapat melepaskan berbagai zat kimia yang dapat membaut anda merasa lebih baik.

3. Mengurangi stres
Mungkin tidak pernah anda ketahui sebelumnya bahwa manfaat jalan kaki yang lainnya yaitu dapat membantu anda dalam mengurangi dan mencegah stres, Karena berjalan kaki dan aktivitas fisik lainnya bisa memicu endorfin yang membuat mood anda menjadi lebih baik serta mengurangi rasa cemas serta depresi.

4. Mencegah penyakit diabetets tipe 2
Selain penyakit jantung, ternyata diabetes tipe 2 pun bisa di cegah salah satunya dengan berjalan kaki secara tertur. Dengan berjalan kaki, anda telah memicu otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuan  untuk menyerap glukosa meningkat. Dan dengan berjalan kaki selama 30 menit  pun, anda bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit diabetes  tipe 2 setidaknya hingga 30%.

5. Menurunkan berat badan
Bagi anda yang kini tengah berencana menurunkan berat badan, manfaat berjalan kaki bisa menjadi solusinya. Cukup dengan berjalan kaki epat selama 30 menit maka setidaknya dapat membakar lemak hingga 150 kalori perhari. Semakin cepat langkah kaki anda, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar. Namun tentunya tidak cukup dengan berjalan kaki, anda juga pelu mendukungnya dengan pola makan sehat.

6. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis sendiri adalah salah satu penyakit tulang yang di sebabkan oleh adanya peniposan tulang sehingga tulang mudah rapuh dan keropos. Namun dengan melakukan olahraga berjalan kaki maka anda dapat membangun  dan mempertahankan kesehatan tulang anda.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat berjalan kaki lainnya seperti dapat mengurangi kemungkinan resiko terkena asma, stroke, radang nyeri sendi serta beberapa jenis kanker. Maka dari itu, mari kita manfaatkan olahraga yang murah meriah ini sekarang juga. Luangkan sedikit waktu saja anda dalam sehari untuk berjalan kaki. Jika anda sangat sibuk, anda bisa menyisiatinya dengan berbagai hal seperti halnya dengan memarkir kendaraan jauh  dari kantor, sehingga anda bisa berjalan kaki selama 15-30 menit saat berpergian.

Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan | Nida Saripa | 4.5