Makanan Yang Di Anjurkan Bagi Penderita Radang Usus

Makanan yang di anjurkan bagi penderita radang usus sebaiknya di ketahui sejakdini oleh penderita nya sejak dini, karena makanan sendiri merupakan salah satu faktor pendukung tercapainya kesembuhan. Adapun bagi anda yang ingin mengetaui informasi selengkapnya anda bisa menyimak informasi berikut hingga selesai.

makanan yang di anjurkan bagi penderita radang ususUsus merupakan satu dari organ tubuh yang mana memiliki peranan cukup penting dalam proses pengolahan makanan. Fungsi usus sendiri di antaranya adalah mengolah dan menyarap nutrisi yang di buruthkan oleh tubuh. Namun, akibat pola hidup maupun kondisi gangguan kesehatan tertentu, usus sering kali mengalami masalah seperti halnya radang usus.

Radang usus adalah suatu kondisi dimana usus mengalami radang atau inflamasi yang cukup hebat. Kondisi tersebut tak jarang menyebabkan proses pencernaan secara kimiawi terganggunya, sehingga banyak sekali nutrisi yang terbuang secara percuma.

Tak jarang akibat hal tersebut penderita radang usus sering kali mengeluhkan mudah lelah atau letih akibat kekurangan nutrisi. Selain dari pada itu, lelah dan letih yang di alami oleh penderita radang usus pun sering kali di sebabkan pendarahan yang terjadi di usus juga tak kunjung selesai menyebabkan zat besi juga terbuang dengan percuma

Penyebab radang usus belum di ketahui secara pasti, namun beberapa faktor di duga menjadi pemicu radang ususu seperti genetik, tingkat stres dan pola hidup yang buruk. Namun anda tak perlu khawatirr lagi akan penyakit yang satu ini karena telah tersedia obat radang usus alami.

Makanan yang di anjurkan bagi penderita radang usus

Adapun bagi anda yang kinin tengah menderita radang usus, ada baiknya anda memperhatikan pola amakan anda. Berikut beberapa makanan bagi penderita radang usus.

1. Makanan yang rendah serat

Makanan yang tinggi akan serat dapat membuat usus bekerja lebih keras untuk memproses makana, dan tentunya jhhal ini sangat berdampak buruk bagi penderita radang usus. Untuk itu, pilihlah makanan yang rendak serat untuk tetepa memenuhi asupan serat untuk tubuh seperti halnya, ikan telur, tahu, roti putih, biskuit, wortel, tomat, labu siam, bayam, pepaya, semangka serta sari jeruk.

2. Makanan yang kaya akan protein

Protein adalah sehenus senyawa yang baik untuk tubuh. Adapun manfaatnya sendiri dapat meningkatkan kekebalan tubuh dserta dapat membantu proses penyembuhan luka. Protein sendiri menjadi nutrisi yang sangat di butuhkan oleh sel-sel di dalam tubuh. Sehingga apabila anda menderita radang usus jangan lupa untuk memasukan makanan yang kaya protein dalam menu diet harian anda.

3. Makanan yang mengandung kolagen

Perlu anda ketahui, bahwasannya tubuh tergabung dari berbagai unsurBaik tulang maupun organ dalam terbangun dari kolagen dan unsur lainnya. Keberadaan kolagen di dalam tubuh ini meliputi 30% organ di dalam tubuh. Kolagen sendiri merupakan adalah senyawa yang berfungsi dalam regenerasi sel. Radang usus yang menyebabkan sel rusak juga bisa di bantu dengan kolagen.

4. Makanan yang rendah lemak

Makanan yang berlemak telah terbukti memiliki manfaat yang sedikit di bandingkan dengan jenis makanan lainnya. Adapun makanan yang mengandung lemak tinggi bisa anda temukan pada gorengan, susu, produk kemasan, kacang-kacangan serta biji-bijian.

5. Makanlah dengan porsi kecil namun sering

Jika anda makan dengan porsi besar tentu hal tersebut dapat memberatkan tugas usus. Maka dari itu, jika anda saat ini tengah mengalami radang usus ada baiknya segera mengganti cara makan anada dengan cara makan dengan porsi kecil namun dengan frekuensi yang sering.

6. Hindari makana pedas dan asam

Makanan yang pedas dan asam dapat menimbulkan reaksi kimia pada usus. Bahkan jika terlalu banyak mengonsumsi makanan ini maka tentunya kuinerja usus akan sangat terbebani. Maka dari itu, hindarilah mengonsumsi makanan yang memiliki citarasa pedas dan juga asam.

7. Mengonsumsi air putih, prebiotik dan probotik

Air mengandung sejuta manfaat terlebih bagi penderaita inflamasi usus. Minumlah air secara cukup untuk untuk membantu pencernaananda tetap lancar, selain dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dan probotik yang mengandung bakteri baik yang mampi membantu sedikit meringankan kinerja usus.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang di anjurkan bagi penderita radang usus. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi anda.

Makanan Yang Di Anjurkan Bagi Penderita Radang Usus | Nida Saripa | 4.5