Makanan Yang Di Anjurkan Bagi Penderita Herpes Zoster

Makanan yang di anjurkan bagi penderita herpes zoster apa saja? Mungkin pertanyaan ini yang kini sedang tersirat di benak anda. Karena hanya makanan tersebut yang mampu memulihkan kesehatan penderita herpes zoster lebih cepat. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, anda dapat menyimak uraian singkat berikut ini.

herpes zoster 3Herpes zoster merupakan suatu penyakit yang di sebabkan oleh virus yang sama dengan penyebab cacar air. Umumnya, kondisi ini sering kali di alami oleh mereka yang telah berusia lanjut seperti telah berusia 50 tahun ke atas. Namun tidak menutup kemungkinan anak-anak dan dewasapun dapat mengalami kondisi yang serupa. Ada beberapa resiko yang dapat menyebabkan seseorang sangat bersiko tinggi mengalami herpes zoster.
Diantaranya:

  • Usia
  • Pernah menderita cacar air
  • Kekebalan tubuh yang menurun.
  • Stres

Dan untuk mempercepat proses penyembuhan herpes zoster, selain anda mengonsumsi obat herpes zoster alami secara rutin, penderita herpes juga dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita herpes.

Jenis dan pilihan menu makanan yang di anjurkan bagi penderita herpes zoster

makanan yang baik untuk penderita herpes

1. Makanan yang mengandung lisin tinggi

Lisin (L-lysine) merupakan jenis asam amino esensial yang tidak dapat di produksi oleh tubuh. Lisin sendiri merupakan komponen penting yang tidak dapat terpisahkan dari protein. Sehingga komponen ini sangat memiliki peran penting dalam produksi karnitin dan kolagen. Manfaat karnitin sendiri dapat mendorong pertumbuhan dan pengembangan tubuh dengan meningkatkan kolagen, mendukung produksi protein lain seperti enzim, antibodi, dan juga hormon. Sehingga lisin sangat baik di jadikan pengobatan untuk herpes simplek, luka dingin, herpes zoster dan penyakit lainnya.

Karena lisin tidak dapat di produksi di dalam tubuh, maka anda dapat mendapatkannya di dalam berbagai jenis makanan. Seperti di antaranya pada bayam, kentang, daging ayam, daging kalkun, kubis, telur, semangka ubi, jagung, pisang dan asparagus. Untuk dosis yang tepat, ada baiknya anda mengonsultasikannya dengan dokter telebih dahulu.

2. Sayuran yang mentah dan segar

Sayuran yang mentah juga termasuk makanan sehat untuk penderita herpes, baik herpes zoster maupun herpes genital. Hal tersebut di karenakan sayuran mentah memiliki ragam nutrisi dan enzim yang masih lengkap dan utuh. Selain itu, sayuran mentah dan segar juga memiliki banyak serat yang dapat memperlancar proses pencernaan, dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan juga dapat mengantisipasi bau badan serta bau napas yang kurang sedap.

Anda bisa menyajikan sayuran mentah ini dalam bentuk salad, rujak maupun lalapan atau langsung bisa mengonsumsinya mentah-mentah. Namun jangan lupa sebelumnya anda harus mencucinya dengan air bersih.

3. Air putih

Mengonsumsi cukup air putih juga sangat di sarankan untuk penderita herpes terlebih herpes zoster. Karena selain baik untuk kesehatan, mengonsumsi cukup air putih juga dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi dan mendetoks tubuh secara alami untuk melindungi tubuh dari berbagai keruksakan yang di akibatkan oleh bakteri dan juga virus.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang di anjurkan untuk penderita herpes zoster. Selain dari pada itu, anda juga perlu mengonsumsi banyak jenis buah dan menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung lemak tinggi dan juga mengandung kafein, karena jenis makanan tersebut dapat menyebabkan kondisi herpes anda semakin parah ataupun rentan kambuh kembali.

Dan untuk menambah kenyamanan dan meringankan rasa sakit yang di akibatkan oleh herpes tersebut anda juga dapat melakukan beberapa hal seperti menggunakan pakaian longgar dan berbahan lembut, menghindari penggunaan plester, serta mengompres luka melepuh dengan air dingin. Semoga bermanfaat.

Makanan Yang Di Anjurkan Bagi Penderita Herpes Zoster | Nida Saripa | 4.5