Makanan Sehat Yang Bagus Bagi Penderita Sinusitis

Makanan sehat yang bagus bagi penderita sinusitis berikut sangat baik di konsumsi oleh penderitanya, karena dapat membantu meringankan berbagai gejala sinusitis hingga meningkatkan kesehatan sinus untuk bekerja lebih optimal.

makanan sehat yang bagus bagi penderita sinusitisSeperti yang telah kita ketahui pada artikel sebelumnya, bahwasannya penyebab sinusitis di akibatkan oleh berbagai macam hal. Mulai dari infeksi virus, bakteri, alergi dan juga karena terjadinya luka akibat benturan pada sinus. Oleh sebab itu, di perlukan berbagai asupan makanan sehat yang dapat mencegah meluasnya infeksi terjadi sehingga tidak menimbulkan berbagai komplikasi. Adapun berbagai makana sehat untuk penderita sinusitis adalah sebagai berikut.

Makanan sehat yang bagus bagi penderita sinusitis

1. Yogurt

Makanan pertama yang sangat cocok di konsumsi oleh penderita sinusitis adalah yogurt. Yogurt sendiri di ketahui mengandung bakteri baik berupa lactobacullus, yang dapat berkontribusi dalam mengurangi alergi sehingga tidak memperburuk kondisi infeksi yang terjadi pada area sinus. Selain dari pada itu, kandungan yang terdapat di dalam yogurt pun sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Nanas

Bauh yang satu ini pun sangat baik di konsumsi oleh penderita radang sinus. Mengapa? Hal tersebut karena di dalamnya terkandung senyawa bromelain, yang mana merupakan suatu enzim yang apat membantu mengurangi gejala peradangan, yang salah satunya terjadi pada sinus. Selain dari pada itu, enzim ini juga bersifat sebagai anti-radang yang dapat membantu mengurangi inflamasi (peradangan) hingga pembengkakan di saluran hidung. Bahkan buah inipun dapat menggurangi rasa sakit yang di timbulkan akibat peradangan.

3. Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami rempah Indonesia yang juga sangat baik di manfaatkan sebagai makanan untuk penderita sinusitis. Hal tersebut di karenakan di dalamnya terkandung senyawa curcumin yang mana di ketahui dapat membantu mengurangi peradangan.

4. Ceri

Buah merah kecil ini pun pada dasarnya sangat baik apabila di konsumsi oleh penderita radang sinus akut maupun kronis. Hal tersebut di karenakan ceri di ketahui memiliki khasiat yang cukup efektif dalam mengurangi peradangan 10x lebih baik di banding dengan aspirin. Bahkan manfaat buah ceri lainnya yaitu dapat mengurangi resiko sakit jantung, sehingga sangat baik jika di konsumsi setiap hari.

5. Makanan yang mengandung asam lemak omega 3

Kandungan asam lemak omega 3 juga nyatanya sangat baik dalam mengurangi berbagai macam jenis peradangan. Adapun untuk mendapatkan kebaikan dari asam lemak omega 3 ini anda bisa menemukannya dalam berbagai jenis makanan seperti halnya salmon, ikan kod dan juiga sarden.

6. Sayuran dan buah-buahan

Makananan lainnya yang baik di konsumsi oleh penderita sinusitis adalah buah-buahan dan sayur-sayuran, terutama yang mengandung quercetin. Quercetin ini sendiri adalah semacam pigmen enzim pada tanaman yang bertanggung jawab dalam sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, pigmen inipun bertindak sebagai antihistamin. Dalam buah-buahan dan sayuran-sayuran pigmen ini terdapat di dalam buah bit, apel, jeruk, brokoli, aprikot, seledri, kecambah, kangkung, bayam, pir dan masih banyak lagi.

Selain mengonsumsi makanan sehat yang bagus bagi penderita sinusitis, andapun jangan sampai melewatkan pengobatannya. Baik secara medis maupun non medis seperti halnya menggunakan obat sinusitis alami. Maka dengan begitu kondisi penyembuhan sinusitis anda akan lebih cepat.

Makanan Sehat Yang Bagus Bagi Penderita Sinusitis | Nida Saripa | 4.5