Langkah Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma

Pertolongan pertama pada penderita asma yang kambuh secara tiba-tiba perlu di berikan secepat mungkin. Karena, jika penderita asma tidak segera mendapat pertolongan maka kondisinya akan sangat fatal. Saat serangan asma terjadi maka semua otot yang bekerja pada paru-paru akan mengalami ketegangan dan menimbulkan kejang. Kondisi ini kemudian menyebabkan saluran udara menjadi sangat sempit dan penderita asma menjadi sangat kesulitan untuk bernapas.

Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma

Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma

Pada umumnya, serangan asma yang dialami pada penderitanya dapat terjadi kapan saja. Tentu saja kondisi ini bisa sangat menghawartirkan. serangan asma terjadi begitu cepat dan bahkan lama sehingga penderitanya mengalami kondisi yang sangat kritis. Serangan asma sendiri terganntung faktor utama penyebab asma itu sendiri serta kondisi saluran pernapasan yang bermasalah. Serangan asma yang ringan bisa di atasi dalam waktu beberapa menit saja menggunakan inhaler. Sedangkan pada kasus yang sangat parah, dapat terjadi dalam sela waktu beberapa jam dan harus segera mendapatkan perawatan medis. Sehingga saat anda memberikan pertolongan pertama pada penderita asma kambuh, anda perlu memperhantikan beberapa kondisi dari serangan asma tersebut.

Langkah pertolongan pertama pada penderita asma yang kambuh

Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab asma sering kambuh seperti asap rokok, alergi, serta kondisi tubuh yang lemah. Namun apapun itu, penderita asma harus segera mendapatkan bantuan. Dan jika anda kini tengah bersama penderita asma kambuh secara mendadak, dan anda bingung harus berbuat apa, jangan cemas terlebih dahulu. Simak langkah bantuan pertolongan pertama yang tepat pada penderita asma kambuh yang dapat anda lakukan berikut ini.

  • Tenangkan penderita asma

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menenangkan penderita asma. Namun sebelum itu, anda juga perlu bersikap tenang sehingga penderita juga dapat melakukan hal yang sama. Setelah itu, pinta penderita untuk duduk dan tetap bernapas secara pelan. Lakukan inntruksi untuk mengambil napas dan mnghembuskan napas sevaxara cara perlahan. Cara ini dapat membantu penderita merasa lebih tenang dan dapat menendalikan kondisi.

  • Cari inhaler atau obat asma penderita

Pada umunya setiap penderita asma sering kali membawa inhaler atau obat asma kemanpun mereka pergi untuk berjaga-jaga asma yang mereka derita kambuh. Karena inhaler sendiri merupakan alat bantuan penderita asma yang sangat dapat diandalkan. Anda dapat mencari inhaler tersebut di tas atau kantong penderita. Usahakan untuk membuat penderita tenang dan terus memberikan intruksi untuk bernapas di samping anda mencari inhaler penderita.

  • Bantu penderita untuk menggunakan inhalernya

Saat anda telah menemukan inhalernya, maka bantu penderita untuk menggunakan inhalernya dengan baik. Salah satunya anda dapat membantu memegang inhaler pada saat di gunakan. Karena pada saat itu bisanya penderita asma berada dalam keadaan panik sehingga tidak dapat menggunakan inhalernya dengan baik.

  • Buat penderita asma berada dalam kondisi yang nyaman

Posisi duduk merupakan posisi yang dapat membuat penderita asma merasa nyaman di banding dengan posisi berbaring. Karena dengan begitu, penderita asma bisa bernapas dengan lebih baik. Maka dari itu, anda bisa membantu penderita asma untuk duduk tegak selagi penyakit asma yang di deritanya kambuh.

  • Amati penderita asma

Pada beberapa serangan, umumnya penderita asma berangsur pulih setelah di berikan inhaler. Namun pada kondisi tertentu serangan yang terjadi juga malah bisa semakin memburuk. Jika kondisi penderita asma sangat menghawatirkan ada baiknya untuk segera meminta bantuan medis.

  • Meminta bantuan medis

Langkah ini bisa anda lakukan saat penderita asma mulai kehilangan kesadarannya. Awasi terus kondisi pernapasan penderita. Dan anda harus segera meminta pertolongan medis sedang anda menunggui penderita hingga pertolongan medis datang.

Nah, itulah beberapa langkah pertolongan pertama pada penderita asma kambuh yang tepat. Dan yang penting terlebih dahulu, anda harus bersikap tenang terlebih dahulu sebelum anda memberikan pertolongan kepada penderita asma tersebut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Langkah Pertolongan Pertama Pada Penderita Asma | Nida Saripa | 4.5