Jenis Olahraga Yang Baik Bagi Penderita Asma

Jenis olahraga yang baik bagi penderita asma -, Siapa bilang jika penderita asma tidak boleh berolahraga? Olahraga sendiri merupakan salah satu aktivitas fisik yang sangat di rekomendasikan oleh setiap pakar kesehatan, terutama bagi mereka yang kini memiliki gangguan pernapasan seperti penyakit asma. Bahkan  pada setiap aktivitas fisik yang cukup menguras tenaga, intensitas bernapas pun meningkat yang menyebabkan semakin banyaknya karbondioksida yang di keluarkan. Hal tersebut tentu secara otomatis dapat melebarkan saluran pernapasan yang mana kondisi tersebut sangat menguntungkan bagi penderita asma.

Namun, penderita asma juga sebaiknya menghindari olahraga yang di larang untuk penderita asma, seperti olahraga berat yang dapat menguras tenaga secara berlebihan. Karena aktivitas fisik tersebut merupakan salah satu pantangan pengidap penyakit asma yang dapat menyebabkan asma sering kambuh. Untuk itu, jika ingin kesehatan  anda tetap fit dan asma anda tidak kambuh, maka ada baiknya anda menyimak informasi berikut ini. Karena pada kesempatankali ini, kami akan mengangkat tema seputar jenis olahraga yang baik bagi penderita asma.

Jenis olahraga yang baik bagi penderita asma dan sangat di anjurkan

Ada beberapa jenis olahraga yang tepat untuk penderita asma yang nyatanya dapat meningkatkan kualitas kesehatan penderitanya. Sehingga beberapa jenis olahraga ini sangat cocok, bagus dan aman bahkan banyak di anjurkan oleh para ahli olahraga untuk penderita penyakit asma. Dan beberapa jenis olahraga tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Yoga

Jenis olahraga yang baik bagi penderita asmaYoga merupakan salah satu jenis olahraga dengan fokus utama melatih pernapasan. Dan jenis olahraga untuk penderita asma ini sangat membantu paru-paru anda untuk tetap aktif. Bahkan sebuah studi menyatakan bahwasannya jika penderita asma melakukan olahraga ini selama 10 jam selama 1 minggu maka dapat mengurangi ketergantunnya pada obat asma.

2. Jalan kaki

Jenis olahraga yang baik bagi penderita asmaJenis olahraga yang satu ini terbilang jenis olahraga ringan untuk penderita asma. Karena meski tidak di niatkan jalan kaki. hampir tiap saat anda melakukannya. Maka ari itu, anda sekarang bisa mulai membioiasakan untuk berjalan kaki ke pasar, jalan kaki di pagi hari ke taman kota sambil mencari sarapan atau pun di sore hari sambil menacri cemilan. Jalan kaki sendiri terbukti efektif dalam meningkatkan stamina tubuh agar tetap bugar tanpa adanya serangan asma.

3. Berenang

Jenis olahraga yang baik bagi penderita asmaJenis olahraga yang satu ini sangat di anjurkan bagi penderita asma. Hal tersebut di karenakan manfaat olahraga renang untuk penderita asma dapat melatih pernapasan, memperbaiki kinerja otot pernapasan serta dapat meningkatkan toleransi terhadap tindakan yang bisa memicu serangan asma.

4. Senam aerobic

Jenis olahraga yang baik bagi penderita asmaJenis olahraga yang satu ini juga dapat di lakukan oleh penderita asma. Untuk memulainya anda di sarankan terlebih dahulu untuk melakukan pemanasan yang bermanfaat agar tubuh dapat melakukan aktivitas fisik. Selain itu, anda juga perlu melakukan pendinginan setelah senam selesai. Anda juga tidak di sarankan melakukan senam aerobic berlangsung selama 1 jam. Namun harus bertahap. Mulai dari 20 menit, 40 menit dan juga 60 menit.

Apabila di sela olahraga anda tersebut serangan asma yang anda derita kambuh, harap jangan panbik karena hal itu hanya akan memperburuk kondisi anda. Namun, tetaplah membuat diri anda tenang sembari melakukan pertolongan pertama pada pendirita asma pada umumnya  seperti mengonsumsi iar putih atau menggunakan inhaler yang anda bawa. Jika anda di rasa kurang sanggup untuk itu, mintalah bantuan pada orang yang ada di sekitar anda.

Selain dari pada harus melakukan olah raga yang telah di sampaikan sebelumnya, anda juga di tuntut untuk mengonsumsi makanan sehat yang dianjurkan bagi penderita asma dan menjauhi segala pantangan makanan yang dapat membuat serangan asma kambuh secara tiba-tiba. Maka dengan begitu gejala asma anda pun tidak akan mudah kambuh.

Nah, ituah beberapa jenis olahraga yang baik bagi penderita asma dan sangat dinjurkan. Semopgga apa yang telah kami sampikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Salam sehat!

Jenis Olahraga Yang Baik Bagi Penderita Asma | Nida Saripa | 4.5