Jenis Makanan Yang Dapat Merangsang Nafsu Makan Anak

Si kecil sedang tidak nafsu makan bun? susah untuk meningkatkannya kembali? yuk intis beberapa jenis makanan yang dapat merangsang nafsu makan anak berikut.

jenis makanan yang dapat merangsang nafsu makan anakMungkin para bunda sering kali merasa jengkel sekaligus cemas pada saat si kecil sering kali susah dan menolak makan. Selain memberikannya vitamin penambah nafsu makan terbaik, ada baiknya sebelum itu bunda mengetahui berbagai penyebab hilangnya nafsu makan anak. Hal ini bertujuan agar bunda bisa mengantisipasi kondisi tersebut.

Adapun dari pada itu semua, munkin bunda perlu merangsang nafsu makan anak secara alami, untuk membantu mereka mendapatkan atau mempertahankan berat badan yang sehat, yang diantaranya melalui makanannya sendiri.

Beberapa jenis makanan yang dapat merangsang nafsu makan anak

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang berfungsi untuk merangsang dan mengembalikan nafsu makan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Makanan berbumbu

Mulai sekarang, bunda perlu mengekplorasi cara masak untuk makanan si kecil. Bunda bisa mencoba memasak aneka makanan dengan berbumbu dan bukan hanya sayuran bening saja. Sehingga hal tersebut dapat memperkaya citarasa makanan, dan tak jarang dapat merangsang nafsu makan anak kembali. Namun ada baiknya penggunaan MSG (Monosodium Glutamate) karena di kira dapat menghilangkan nafsu makan anak. Untuk itu, untuk membuat makanan berbumbu untuk si kecil ada baiknya menggunakan bumbu alami seperti ketumbar, bawang putih dan jahe ke dalam makanan si anak.

2. Memberikannya kurma

Makanan yang khas dari padang pasir ini juga bisa menjadi alternatif untuk merangsang nafsu makan anak. Bahkan kini terdapat beberapa produk vitamin penambah nafsu makan anak yang menjadikan buah kurma sebagai komposisi utamanya. Bunda bisa mengkreasikan buah kurma menjadi salad sehingga si kecil akan lebih tertarik untuk memakannya.

3. Makanan yang kaya akan nutrisi

Tipe makanan yang tinggi akan nutrisi vitamin dan juga mineral dapat merangsang nafsu makan pada anak-anak. Adapun jenis makanan tersebut bisa di dapat salah satunya dari buah-buahan yang mengandung vitamin A, C dan serat seperti mangga, pisang, jeruk dan blueberry. Anda bisa mengolahnya menjadi smoothie dan menambahkan yogurt ke dalamnya. Selain buah-buahan, jenis yuran hijau seperti bayam, selada dan lainnya juga mampu merangsang nafsu makana anak secara alami.

4. Memberinya suplemen atau vitamin

Kekurangan vitamin juga pada umumnya dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan anak. Kondisi tersebut biasanya di sebabkan akibat anak mengalami stres ataupun penyakit kronis, sehingga anak mengalami gangguan penyerapan vitamin.

Adapun beberapa jenis vitamin utama yang sangat di butuhkan untuk mendukung tumbuh kembang anak diantaranya seperti vitamin C, vitamin D, vitamin B12 dan seng. Bahkan beberapa jenis vitamin tersebut di percayai dapat menginduksi nafu makan mereka. Selain di dapat dari makanan, beberapa vitamin juga bisa bunda berikan melalui suplemen yang di resepkan secara khusus oleh dokter.

Setelah bunda mengetahui berbagai jenis makanan yang dapat merangsang nafsu makan anak, sekarang giliran bunda untuk mempraktekannya di rumah. Semoga bermanfaat dan sukses ya tipsnya 😉 !

Jenis Makanan Yang Dapat Merangsang Nafsu Makan Anak | Nida Saripa | 4.5