Jenis-Jenis Emboli

Jenis-jenis emboli -, Setelah sebelumnya kami memberikan informasi seputar penyakit emboli beserta penyebab dan gejalanya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi masih dari dunia kesehatan mengenai jenis -jenis emboli yang kini telah menjadi perbincangan hangat di kalangan medis akibat dampak yang di timbulkan fatal, bahkan sampai merenggut nyawa seseorang.

jenis-jenis emboli

jenis-jenis emboli

Penyakit emboli adalah salah satu kondisi dimana aliran darah terhambat leh benda asing (embolus), seperti bekuan darah atau udara. Benda asing tersebut berada di dalam darah dan terbawa hingga dapat menyumbat salah satu pembuluh darah.  Hambatan tersebut menjadikan aliran darah menjadi tidak lancar dan jaringan tubuh kekurangan oksigen yang menyebabkan kegagalan fungsi organ.

Baca juga: Penyakit Emboli Paru

Jenis-Jenis Emboli

Sesuai dengan organ tubuh yang terkena, emboli dapat di bagi menjadi 7 jenis diantaranya, adalah sebagai berikut.

1.Emboli paru

Merupakan jenis emboli yang mana embolus yang terbentuk akan bersirkulasi dan menyumbat arteri paru-paru. Kondisi inipun dapat berakibat fatal, jika dibiarkan begitu saja yang berujung pada kematian.

2. Emboli otak

Merupakan embolus yang terbawa pada aliran darah yang menuju ke otak, dan menyumbat aliran darah di dalamnya. Dampak dari kondisi ini ialah penderita dapat mengalami penyakit stroke bahkan kematioan secara mendadak.

3. Emboli retina

Merupakan suatu kondisi dimana embolus menyumbat pembuluh darah retina, yang mana dampak dari kondisi ini dapat menyebabkan kematian mendadak.

4. Emboli septik

Merupakan penyakit emboli yang di sebabkan terbentuknya embolus berupa infeksi pada tubuh.

5. Emboli amniotik (emboli ketuban)

Emboli yang di sebabkan oleh cairan omnion (ketuban) yang masuk ke aliran darah ibu yang sedang melahirkan.

6. Emboli Udara

Adalah suatu kondisi dimana aliran darah arteri terhambat  olehn udarta dan masuk ke pembuluh darah. Seringkalai dialami oleh penyelam, dimana cepat naik ke permukaan. Kondisi inipunsering kali mejadi penyebab utama kematian pada penyelam.

7. Emboli lemak

Suatu kondisi di mana emboli disebabkan oleh partikel lemak yang masuk ke perdaran darah, seperti pada kasus patah tulang.

Penyakit emboli ini sangat beresiko tinggi di alami pada perokok, orang yan mengalami infeksi, orang yang memiliki penyakit jantung, memiliki tekanan darah tinggi, arterosklerosis (pembentuk plak lemak pada darah), kolesterol tinggi dan kegemukan, orang yang jarang bergerak.

Baca juga: Obat Tradisional Emboli Paru Paling Ampuh

Sekian informasi yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk menyimak artikel kami. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk anda. Dan selamat berjumpa kembali pada ertikel berikutnya.

Jenis-Jenis Emboli | Nida Saripa | 4.5