Gejala Sakit Miom

Kenali berbagai gejala sakit miom sejak dini. Khususnya bagi anda wanita yang kini hidup di era modern seperti sekarang. Karena pada saat ini tak sedikit wanita yang kurang perduli akan pola hidup sehat sehingga berbagai jenis penyakit seperti miom menyerang tubuhnya. Dan akibat ketidaktahuannya, berbagai penanganan luput tidak di lakukan sehingga pada akhirnya kondisi yang di alami semakin kronis.

gejala sakit miom

Mungkin sebagian besar dari anda tidak asing lagi pendengar penyakit yang satu ini. Ya, miom atau yang biasa di sebut dengan miom, fibroid, leiomiomata atau fibromioma adalah sejenis tumor yang terbentuk di dalam rahim. Tak seperti penyakit kista, miom yang terbentuk sendiri bisa terdiri dari satu miom atau sekelompok miom kecil. Adapun ukuran miom sendiri dapat berjkisar antara 1 mm hingga 20 cm.

Pada dewasa seperti sekarang ini, kondisi medis ini cukup terbilang umum. Sekitar 75% wanita akan mengalami masalan fibroid pada saat tertentu dii dalam hidupnya. Bahkan sepertiga dari wanita ini akan mengalami gejala yang cukup parah sehingga membutuhkan pengobatan yang cukup intensif. Wanita pada usia melahirkan juga sekitar 25-50% berpotensi memiliki miom uteri. Namun pada kondisi tersebut dapat di atasi dengan meminimalisir faktor resiko. Namun untuk pengobatan lebih lanjut, anda bisa mendiskusikannya dengan dokter.

Apa gejala sakit miom yang sering di alami oleh penderitanya?

Pada kebanyakan kasus, penderita miom umumnya tidak menglami beberapa tanda maupun ciri yang khusus. Namun hanya sekitar 25% saja kasus miom yang memiliki gejala. Adapun berbagai gejala dari miom itu sndiri adalah:

  • Periode menstruasi yang panjang dan berat.
  • Mengalami nyeri tepat di belakang kaki.
  • mengalami nyeri atau tekanan pada panggul.
  • Mengalami nyeri selama berhubungan intim.
  • Sering buang air kecil karena tekanan miom pada saluran kemih.
  • Sering mengalami sembelit dan kembung.
  • Perut menjadi membesar.
  • Sering mengalami anemia pada saat haid akibat kehilangan banyak darah.
  • Adanya penekanan pada saluran indung telur, yang membuat penderitanya susah untuk hamil.
  • Mengalami keguguran jika penderita tengah mengalami kehamilan.

Adapun berbagai penyebabnya hingga saat ini belum di ketahui. Namun, berbagai besar dugaan kondisi medis ini ada kaitannya dengan hormon estrogen. Selain itu, beberapa faktor lainnya pun di anggap memiliki peranan dalam meningkatkan resiko terbentuknya kondisi miom ini. Seperti halnya usia yang produktif, kondisi estrogen yang abnormal karena kondisi medis atau karena obat-obatan, riwayat miom dalam keluarga, mulai menstruasi pada usia dini, wanita yang memiliki kulit hitam, mengonsumsi lebih banyak adaging merah di bandingkah sayuran dan juga mengonsumsi alkohol dan juga bir.

Nah, adapun jika anda mengalami berbagai gejala dari miom yang telah di sebutkan sebelumnya, ada baiknya untuk segera mengkonsultasikannya ke dokter. Adapun jika anda telah positif mengalami miom, obat miom alami mungkin bisa jadi alternatif untuk pengobatannya. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya!

Gejala Sakit Miom | Nida Saripa | 4.5