Gejala Penyakit Sinusitis Dan Cara Mengatasinya

Gejala penyakit sinusitis pada awalnya sering kali menyerupai gejala flu atau pilek, sehingga kondisi tersebut pun sering kali dianggap sebagai flu biasa. Namun, seiring berlalunya waktu tanpa adanya penangan khusus, gejala lainnya akan timbul yang memperparah kondisi anda hingga prosedur operasipun harus di lakukan. Adapun sebagai pengetahuan dan tindak kewaspadaan akan penyakit radang sinus ini, mari selengkapnya kita simak ulasan berikut ini,

gejala penyakit sinusitisApakah anda pernah mengalami pilek yang berkepanjangan yang tak kunjung sembuh dengan di sertai keluarnya ingus berwarna kuning atau kehijauan? Kepala juga terasa sakit bahkan terkadang badan mengalami demam? Jika kondisi yang anda alami demikian, maka terdapat kemungkinan kondisi tersebut adalah beberapa gejala penyakit sinusitis.

Sinusitis sendiri adalah suatu penyakit yang di tandai dengan timbulnya peradangan pada sinus. Sinus sendiri merupakan rongga-rongga kecil yang terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak. Terdapat 4 pasang sinus di dalam kerangka kepala manusia yang di antaranya di elakang dahi, di kedua sisis dari batang hidung, di belakang mata dan juga di belakang pipi.

Pada kondisi normal, sinus menghasilkan mukus atau lendiri yang membantu untuk mengendalikan kelebabapan udara yang masuk ke dalam paru-paru. Namun, pada saat mengalami radang atau infeksi seperti halnya pada kasus sinusitis, rongga-rongga sinus ini mengalami peradangan dan pembengkakan yang mengahasilkan mukus berlebihan dari pada pengluarannya, sehingga banyak lendir yang terperangkap dan menjadi media yang baik untuk pertumbuhan bakteri sehingga munculah berbagai macam gejala radang sinus ini.

Tanda dan gejala penyakit sinusitis pada anak dan dewasa berdasarkan jenisnya

Jika di lihat dari lamanya berlangsung gejala sinusitis terbagi menjadi 4 bagian yaitu, gejala sinusitis aku, sub akut, kronis dan sub kronis.

  • Gejala sinusitis akut: Pada pnderita sinusitis ini, gejala yang timbul terkesan mendadak dan dapat bertahan hingga 14 hari hingga satu bulan. Gejala yang timbul diantaranya seperti hadirnya mukus atau lendiri berwarna kuning atau hijau dari hidung, sakit kepala, nyeri pada wajah terutama sekitar pipi, mata dan hidung, nyeri pada dahi terasa hebat pada saat membungkuk, terganggunya indra penciuman, batuk. hidung beringus, nafas berbau, kelelahan dan juga sakit gigi. Gejala sinusitis ini pada umumnnya mncul setelah sebelumnya terjadi infeksi pada saluran pernapasan atas karena pilek maupun flu.
  • Gejala sinusitis sub akut: Pada umumnyaterjadi gejala sinusitis akut yang bertahan selam 1 -3 bulan lamanya.
  • Gejala sinusitis kronis: Pada penderita sinusitis kronis mereka akan mengalami hidung beringus bahkan tersumbat, adanya nanah di rongga hidung dan cairan hidung berubah warna, mengalami demam dan wajah terasa penuh. Pada kasus sinusitis kronis yang parah gejala yang kemungkinan muncul adalah tyerjadinya nyeri, kemerahan hingga pembengkakakn di sekitar dahi, sakit kepala hebat, demam tinggi, penglihatan menjadi ganda, leher kakau dan kebingungan. Gejala ini bisa bertahan selam 3 bulan atau lebih.
  • Gejala sinusitis kambuhan: Biasanya gejala sinusitis akan kambuh beberapa dalam rentang waktu selama satu tahun.

Adapun selain dari pada itu, terdapat juga gejala sinusitis pada anak yang man di sertai dengan mudah kesal, kehilangan selera makan, dan bernapas melalui mulut. Mereka terlihat seolah-olah seperti mengalami pilek berat akibat sinusnya yang tertutup. Jika anda mendapati gejala tersebut pada anak, maka segeralah periksakan kondisi anak anda ke pusat kesehatan terdekat.

Cara mengatasinya secara alami

Selain secara medis, cara mengatasi sinusitis pada bayi, anak-anak maupun orang dewasa juga dapat di tempuh secara alternatif. Salah satu diantaranya menggunakan obat sinusitis alami yang terbuat dari ekstrak teripang emas pilihan, yang mana kandungan di dalamnya mampu membantu terapi penyembuhan radang sinus secara alami, aman tanpa efek samping hingga dapat menghindarkan anda dengan prosedur operasi. Informasi pemesanan dapar klik → DI SINI.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar ciri-ciri dan gejala penyakit sinusitis hidung berdasarkan jenisnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan menjadi bentuk kewaspadaan tersendiri bagi anda dan keluarga. Salam sehat!

Gejala Penyakit Sinusitis Dan Cara Mengatasinya | Nida Saripa | 4.5