Mengenal Diet Berdasarkan Golongan Darah

Diet berdasarkan golongan darah kini tengah menjadi kini tengah dianggap sebagai diet sehat dan juga tren di sebagian masyarakat. Lalu apa itu diet yang didasarkan dengan golongan darah? Informasi selengkapnya, bisa anda simak dalam informasi berikut.

diet berdasarkan golongan darah

Golongan darah ternyata sangat berpengaruh terhadap sistem pencernaan dan sistem metabolisme didalam tubuh seseorang. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat sesuai dengan golongan darah, maka dipercaya cara menurunkan berat badan anda akan lebih sukses.

Adapun diet menurut golongan darah ini telah dipopulerkan salah satunya oleh Dr Peter D’Adamo, lewat buku Eat Right For Your Type, yang menjadi New York Times best-seller. Adapun hasil penelitian terhadap diet ini menghasilkan reaksi berbagai jenis makanan terhadap kondisi tubuh setiap orang dengan golongan darah yang berbeda.

Hal tersebut sangatlah masuk akal, mengingat kondisi tubuh setiap orang sebenarnya tidak sama sehingga penerapan jenis diet yang efektif pada orang satu belum tentu efektif untuk diteraopkan pada orang lain.

Mengenal diet berdasarkan golongan darah

Berikut adalah berbagai jenis diet yang disesuaikan dengan tipe atau golongan darah

Diet golongan darah A

Golongan darah A sanga cocok untuk menjadi seorang vegetarian. Orang dengan jenis golongan darah ini dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah dan juga sayur.

Golongan sarah A sendiri sering kali dinaggap keturunan dari masyarakat petani yang pertama kali muncul di era pertanian. Tipe A memiliki kadar asam dalam lambung yang lebih rendah dan enzim pencernaan disakarida dengan jumlah yang banyak. Sehingg lebih efesien untuk mencerna karbohidrat. Hal ini sulit bagi tipe A untuk mencerna daging dan lemak dari hewan.

Dan berikut adalah sederet makanan sehat yang dianjurkan untuk diet golongan darah A

  • Ikan sarden, ikan mas serta tahu
  • Susu kedelai/kacang, kacang buncis , kacang tanah
  • Bluberi,sitrun & jeruk limau, pisang, mangga dan jus nanas
  • Tempe, siput, wortel, brokoli serta bayam.

Terlepas dari pada itu, terdapat juga mbeberapa larangan jika anda kini sedang menjalani diet golongan darah A. Diantaranya seperti sioda, susu sapi, santan, susu murni, es krim, seafood, jeruk, acar, pepaya, daging kelinci, ayam hutan, kerbau, pare, mentega dan masih banyak lagi yang lainnya.

Diet golongan darah B

Golongan darah B memiliki tingkat antibodi yang paling tinggi diantara golongan darah yang lainnya. Sehingga orang dengan golongan darah ini, umumnya akan jarang terserang penyakit.

Tipe B fleksibel dengan perubhana tetapi perlu diet yang seimbang. Mereka sangat sensitif terhadap perubahan diet seimbang. Diet golongan darah B terdiri dari keseimbangan antara daging dan juga sayuran. Adapun makanan yang sangat cocok untuk dit golongan darah ini adalah susu rendah lemak, serta daging namun lebih baik gandum-ganduman, jagung dan juga lentil.

Diet golongan darah AB

Golongan darah yang termasuk perantara golongan darah A dan B ini merupakan jenis golongan darah yang misterius sekaligus unik. Orang dengan golongan darah ini dapat menyesuaikan diri dengan berbagai jenis makanan. Dan jauh lebih mudah dari pada orang dengan golongan darah lain.

Golongan AB sendiri diketahui memiliki sistem imun tubuh yang paling bersahabat dibandingkan dengan golongan darah lain. Golongan daragh AB ini sebaiknya menghindari menu makanan ayam, daging sapi, daging babi dan lebioh condong pada menu seefood, tahu dan susu karena biasanya golongan darah AB memiliki saluran pencernaan yang sensitif.

Adapun diet yang sesuai untuk AB adalah:

  • Tahu, bisa membantu metabolisme efisien dan meningkatkan gerakan usus.
  • Nanas, dapat membantu pencernaan dan meningkatkan gerakan usus.
  • Untuk tujuan penurunan berat badan, AB harus menghindari gandum dan susu agar metabolisme bisa efisien.

Diet golongana darah O

Tipe golongan darah O dianggap memiliki golongan darah tertua, berevolusi dari pemburu pencari makanan. Pada diet golongan darah O, konsumsi daging dan sayuran lebih tinggi daripada konsumsi gandum, biji-bijian serta kacang-kacangan.

Adapun makanan yang sangat bermanfaat untuk diet berdasarkan golongan darah O adalah rumput laut, seafood, daging merah, buah-buahan (jambu biji, nanas, ceri, apel, kurma, pepaya, dan mulberry) serta sayuran seperti brokoli, wortel, labu, collard hijau, lada, akra, lobak putih, parsley dan seledri.

Sedangkan pantangan makanan untuk diet golongan darah O ini adalah:

  • Tepung: Roti, kue, mie biscuit dan pizza
  • Daging babi
  • Susu dan produk susu
  • Kopi dan teh
  • Buah: Pir asia, alpukat, melon, klapa, kiwi
  • Sayuran: Alfaalfa, kembang kol, zaitun hitam, jagung, ketimun, kentang, asinan dan kol.

Nah itulah berbagai diet berdasarkan golongan darah yang umumnya sering kali dianggap sehat. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya menjadi wawasan baru bagi anda.

Mengenal Diet Berdasarkan Golongan Darah | Nida Saripa | 4.5