Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Telinga

Menjaga kesehatan telinga merupakan tugas yang cukup penting pada setiap individu. Karena telinga sendiri merupakan indera pendengaran manusia yang memiliki perananan penting dalam kehidupan. Jika tidak ada keberadaan indera tersebut, mungkin bisa anda bayangkan seseorang akan menjadi membisu akibat tidak adanya suara yang tertangkap maupun terdengar. Seperti yang telah kita ketahui bersma, bahwasannya telinga terdiri dari berbagai susunan namun memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti daun telinga yang memiliki fungsi untuk mengarahkan suara ke lubang telinga, yang kemudian akan terus di kirimkan ke otak. Sehingga otak dapat menerjemahkan berbagai jenis suara tersebut. Untuk itu, penting kiranya bagi kita untuk merawat dan menjaga telinga kit agar tetap sehat.

Menjaga kesehatan telingaLantas apa saja dan bagaimana cara merawat dan menjaga kesehatan telinga secara baik dan benar? anda bisa menyimak jawabannya pada ulasan singkat berikut ini.

1. Tidak membersihkan atau mengorek telinga dengan cotton bud

Hal tersebut di karenakan pengguanaan cotton bud bukannya membersihkan kotoran justruĀ  malah mengotorkan telinga. Mengapa? karena penggunaan cotton bud sejatinya menyebabakan kotoran semakin masuk ke dalam. Dan perlu untuk anda ketahui, bahwasannya telinga mmiliki mekanisme tersendiri yang secara otomatis akan mengeluarkan kotorannya. Bagi orang yang beragama muslim berwudlu merupakan perawatan terhadap telinga yang paling sempurna.

2. Mengunyah makanan secara sempurna

Karena gerakan mengunyah makan sendiri pada dasrnya dapat membantu proses pengeluaran kotoran di dalam telinga.

3. Melakukan terapi lilin

Sesekali anda bisa mencoba terapi yang satu ini. Yang mana trapi ini bertujuan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di telinga.

4. Tidak menggaruk telinga saat terasa gatal

Terlebih jika gatal di sebabkan oleh penyakit eksim atau psoarisis. Segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan segera.

5. Segera periksakan ke dokter apabila mengalami infeksi telinga

Jika telinga anda mengalami infeksi pada telinga bagian luar maupun telinga bagian tengah, yang menyebabakan telinga mnjadi sakit, bengkak, dan bahkan bernanah anda harus segra menghubungi dokter. Adapun untuk infeksi telinga bgian luar dokter biasanya akan memberikan tetesan antibiotik. Sedangkan untuk bagian tengah, terkadang bisa berdampak buruk pada gendang telinga dan menyebabkan sakit congek. Biasanya dokter juga akan memberikan antibiotik berbentuk tablet selain memberikan resep obat tetes.

6. Menutup telinga di perjalanan udara

Pada sebagian orang yang beperdian jauh menggunakan pesawat terbang, telinga meraka akan terasa sakit pada saat mendengar suara mesin dan lainnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya anda menutup telinga anda dengan cara yang lembut.

7. Membersihkan daun telinga bagian luar

Anda juga jangan sampai lupa untuk membersihkan bagian telinga luarnya. Jangan sampai kotoran sangat menumpuk. Untuk ini, ada baiknya anda menggunakan baby oil dan juga cotton bud untuk membersihkan sela-sela daun telinga secara teliti agar tidak ada kotoran yang mengendap maupun tersembunyi.

8. Melakukan perawatan secara rutin

Berkonsultasi secara rutin dengan dokter THT pun sangat di anjurkan. Dengan begitu anda bisa mendapatkan saran kesehatan terutama untuk menjaga kesehatan telinga anda. Bahkan kita juga bisa mencegah penyakit telinga yang mungkin tidak kita sadari sebelumnya.

9. Bijak dalam menggunakan earphone atau handphone

Dalam penemuan terbaru yang di lakukan oleh ahli akustik, Professor Huggonet menemukan penelitian terbaru, Bahwasannya telalu sering menggunakan alat pendengar seperti earphone dan headphone dengan suara yang kencang dapat menyebabakan kesehatan telinga dan pendengaran mejadi terganggu. Ada 2 kemungkinan yang terjadi, anda menjadi kurang peka terhadap bunyi ataupun sebaliknya, anda justru terlalu sensitive terhadap bunyi. Ada baiknya gunakan earphone maksimal 2 jam dan istirahatkan telinga sela 6 jam setelahnya. Selain itu, pemakaian earphone terlalu lama juga dapat menyebabakan terhambatnya engeluaran kotoran.

Nah itulah beberapa cara merawat dan menjaga kesehatan telinga yang tepat, yang sebaiknya anda praktikan sejak dini. Sehingg anda pun dapat terhindar dari ancaman penyakit telinga yang bisa membahayakan kesehatan anda,

Cara Merawat Dan Menjaga Kesehatan Telinga | Nida Saripa | 4.5