Cara Mengobati Sakit Congek Secara Alami

Cara mengobati sakit congek secara alami masih menjadi pilihan terbaik bagi sebagian penderitanya, karena selain efektif, pengobatan radang telinga tengah ini juga di percayai tidak menimbulkan efek samping sedikitpun sehingga penggunaannya juga di anggap lebih aman di banding dengan pengobatan secara kimia.

cara mengobati sakit congekKeluarnya cairan nanah dari telinga secara terus menerus merupakan salah satu gejala umum dari penyakit ini. Penyakit congek atau dalam istilah kedokteran di sebut dengan otitis media atau infeksi telinga tengah ini merupakan jenis penyakit infeksi pada gendang telinga yang bisa di sebabkan oleh adanya luka karena terlalu sering mengorek kuping menggunakan cotton bud. Padahal tidak semua cairan lengket dalam telinga harus di bersihkan sampai ke dalam. Karena cairan lilin secara alamiah di produksi oleh telinga, dan akan keluar sendiri karena terdorong gerakan rahang.

Selain keluar cairan bernanah, masih banyak lagi gejala yang menyertai penyakit congek seperti halnya telinga berdenging, telinga akit dan ngilu saat penderita mendengar suara keras, konsentrasi menurun, nafsu makan berkurang, pendengaran otomatis menjadi terganggu, demam tinggi, insomnia, sakit kepala dan mengalami radang tenggorokan.

Bagi anda yang kini tengah mencari informasi seputar obat sakit congek alami yang terbuat dari tumbuhan herbal di sekitar, anda bisa menyimak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Adapun pengobatan atau cara mengobati sakit congek secara alami bisa anda simak dalam informasi berikut ini.

1. Daun anggrek dan akar pinang

Cara mengolahnya yaitu dengan menumbuk segenggam daun anggrek dan satu rimpang kunyit hingga lumat. Peras 2 bahan alami tersebut untuk di ambil airnya. Gunakan sebagian air perasannya tersebut untuk mencuci telinga bagian luar, dan sebagiannya lagi di gunakan sebagai obat tetes. Teteskan air perasan tersebut ke dalam telinga menggunakan akar pinang.

2. Daun pegagan atau antanan

Cara pengolahannya yaitu dengan menumbuk halus daun pegagan secukupnya, peras dan amvbil sarinya. Setelah itu, lalu campur air sari daun pegagan dengan menggunakan minyak kelapa panas, tunggu hingga agak dingin. Sebelum anda menerapkan sari pegagan tersebut menjadi obat tetes telingan, bersihkan telinga terlebih dahulu dengan menggunakan cotton bud yang telah di basahi baby oil sebelumnya.

3. Bawang putih

Selain akrab menjadi salah satu bumbu dapur pelezat makanan, bawang putihpun nyatanya memiliki manfaat dan khasiat lainnya terutama dalam mengobati sakit congek. Cara mengolahnya sangat sederhana. Anda bisa mengonsumsi bawang putih segar setiap harinya.

4. Ekstrak maca dan tribulus

Ekstrak kedua tanaman ini sangat efektif dalam pengobatan penyakit congek. Masing-masing dari keduanya memiliki zat antibakteri seperti azadirachtin, yang mampu melawan infeksi di dalam telinga.

5. Teh bunga mullein

Anda dapat menyeduh bunga mullein ke dalam secangkir air panas. Tambahkan pula 1 sdm minyak zaitun ke dalamnya. Obat telinga bernanah ini tidak di minum melainkan di jadikan sebagai obat tetes. Namun sebelum di gunakan ada baiknya di biarkan terlebih dahulu semalaman. Dan keesokan harinya anda dapat meneteskannya pada lubang telinga yang menderita congek.

6. Kurma dan juga madu

Nutrisi yang terdapat di dalam kurma sangat efektif dalam meredakan gejala congek. Makan setidaknya 3 buah kurma perhari untuk menguatkan imunitas tubuh. Sedangkan madu memiliki sifat antibakteri yang kuat serta mampu mencegah terjadinya iritasi di dalam telinga. Minuman alami ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga infeksi dalam telinga bisa di cegah.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara mengobati sakit congek secara alami. Semoga kiranya dapat bermanfaat untuk anda semua.

Cara Mengobati Sakit Congek Secara Alami | Nida Saripa | 4.5