Cara Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil Muda

Cara mengatasi morning sickness atau mual dan muntah pada ibu hamil, terutama saat hamil muda nyatanya bisa dilakukan dengan beberapa cara dan tips sederhana. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya anda menyimak ulasan singkat berikut.

cara mengatasi morning sickness

Siapa yang tak kenal dengan istilah morning sickness. Ya, jika anda tengah hamil atau pernah merasakan kehamilan pastinya anda pernah mengalami bagaimana nikmatnya morning sickness terutama saat trimester awal kehamilan.

Morning sickness merupakan istilah untuk kondisi mual dan juga muntah yang umumnya terjadi pada masa awal kehamilan. Akan tetapi tak hanya di pagi hari, sebagian ibu hamil juga sering kali mengalami gejala morning sicknees ini pada malam, siang bahkan sepanjang hari.

Penyebab morning sickness sendiri salah satunya diktahui akibat terjadinya perubahan hormon semasa mengandung terutama pada saat trimester petama kehamilan. Beberapa pakar juga banyak menduga, bahwa kondisi ada kaitannya dengan hCG (Human Chorionic Gonadoptrin).

HCG sendiri tak alain merupakan hormon yang terbentuk selama kehamilan. Hormon ini sendiri dihasilkan oleh ari-ari. Dan hormon ini juga yang diguga kuat yang menjaga kehamilan dan menjaga stabilitas produksi hormon kehamilannya. Seperti halnya progesteron.

Selain dari pada itu, pemiculainnya yang menyebabakan morning siockness adalah indera penciuman wanita hamil yang meningkat secara signifikan. Hal tersebut memicu ibu hamil cukup sensitif terhadap bau, sehingga kondisi tersebut memicu rasa mual.

Namun sebenarnya, gejala mual dan muntah ini bisa menjadi cara ibu hamil untuk melindungi dirinya dan sang janin dari keracunan makanan. Kadar zat racun juga diduga mampu mempengaruhi rasa dari makanan. Dan faktor itulah yang menjadikan wanita hamil mengalami mual dan muntah sehingga bayi tidak menyarap makanan tersebut.

Tips dan cara mengatasi morning sickness saat hamil muda

Apabila morning sickness yang anda alami masih tergolong normal dan bukan termasuk ke dalam hiperemesis gravidum, anda bisa menanganinya sendiri dengan mudah dirumah. Dan berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melawan rasa mual dan muntah tersebut.

  • Beristirahat dengan cukup. Hal tersebut lantaran kelelahan diketahui bisa memperparah kondisi morning sickness anda. Dan pada saat sudah bangun jangan terlalu terburu-buru bangkit dari tempat tidur.
  • Minum air putih yang cukup. Minumlah secara perlahan-lahan agar anda tidak merasakan mual.
  • Makan roti kering. Hal tersebut bisa anda lakukan saat bangun di pagi hari, bahkan sebelum beranjak dari tempat tidur. Lakukan hal yang sama pada saat anda ternagun pada malam hari.
  • Mengkonsumsi minuman yang hangat. Jangan terlalu dingin dengan aroma serta rasa yang terlalu tajam.
  • Mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan karbohidrat yang mudah di cerna. Seperti halnya keju, cracer, susu dan yogurt, selai kacang, apel dan lainnya.
  • Tidak mengonsumsi makanan yang masih panas. Hal tersebut lantaran baunya akan lebih tercium dibanding dengan makanan tersebut sudah dingin.
  • Jauhi untuk mengonsumsi makanan yang berlemak, berminyak dan pedas.
  • Sebaiknya makan dengan porsi sedikit-sedikit namun sering dibandingkan dengan porsi besar dan sekaligus. Ibu hamil dapat mengonsumsi kudapan setiap 1-2 jam setiap harinya.
  • Mengonsumsi jahe atau produk yang berbahan dasarkan jahe seperti minuman atau permen jahe untuk meredakan mual.
  • Mnghirup udara yang segar. Anda bisa berjalan-jalan di luar rumah pada pagi atau sore hari untuk menghirup udara yang segar. Jangan lupa juga untuk mebuka jendela agar sirkulasi udara di rumah anda baik.
  • Menjauhi asap rokok. Sebisa mungkin sebaiknya tidak ada anggota keluarga anda yang merokok diodalam rumah. Selain itu, ibu hamil juga dilarang merokok.
  • Mengonsumsi vitamin B6, seperti biji-bijian utuh, kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Jangan terlalu stress memikirkan morning sickness. Anda bisa mengalihkannya dengan melakukan aktifitas yang menyenangkan.

Pada umumnya, seiring bertambahnya usia janin, maka gejala morning sickness juga akan semakin membaik. Bahkan ejala tersebut dapat hilang dalam usia 12 minggu. Namun sebagian wanita hamil juga mengalami morning sickness yang lebih ma bahkan lebih parah atau hiperemesis gravidum (HG).

Umumnya, wanita hamil yang mengalami HG tidak bisa memasukan makanan lantaran mual dan muntah berkepanjangan sepanjang hari. Jika kondisi tersebut anda alami, sebaiknya anda mengkonsultasikannya dengan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengatasi morning sickness saat hamil muda. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan menambah wawasan anda.

 

Cara Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil Muda | Nida Saripa | 4.5