Cara Mencegah Sakit Congek

Cara mencegah sakit congek atau otitits media sebaiknya anda ketahui mulai dari sekarang. Karena jangan anggap enteng penyakit yang satu ini. Penyakit infeksi tahunan pada telinga tengah ini ternyata dapat menyebabkan kematian, Informasi lebih lengkapnya bisa anda simak pada ulasan singkat berikut ini.

cara mencegah sakit congek

cara mencegah sakit congek

Penyakit congek atau curekan memiliki nama latin otitis media supperatif kronis merupakan penyakit infeksi menahun pada telinga bagian tengah. Kondisi ini di tandai dengan berlubangnya gendang telinga penderita. Penyakit ini sendiri tidak sebabkan oleh jenis makanan tertentu. Sehingga penderuita tidak memiliki pantangan khusus dalam makanan mereka.

Namun hati-hati bagi anda yang sering mengorek telinga, baik yang selalu menggunakan cotton bud terlebih yang menggunakan pengorek telinga yang terbuat dari besi dan baja. Karena kegiatan kecil tersebut nyatanya sering kali menjadi penyebab penyakit congek. Bagaimana bisa? ya, jika kegiatan tersebut sering di lakukan maka dapat menimbulkan iritasi ataupun luka. Nah, terlebih jika membersihkan cairan lilin yang ada di dalam telinga menggunakan benda tajam. Luka inilah yang mengakibatkan terjadinya infeksi dan mengundang berbagai macam bakteri yang dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga.

Selain dari pada itu, penyebab penyakit congek huga sering kali di sebabkan oleh masuknya cairan atau sekret dari hidung ke telinga telinga tengah saat terjadi flu atau pilek. Cairan masuk melalui penghubung hidung, telinga, tenggorokan yang di sebut dengan tuba eustachius yang terperangkap dalam telinga tengah yang menyebabkan infeksi pada telinga bagian tengah.

Gejala yang paling sering timbul adalah keluarnya cairan seperti nanah yang berbau dan kental dari dalam telinga. Namun kondisi ini umumnya di dahului dengan adanya sakit pilek atau flu serta penyakit infeksi saluran pernapasan atas lainnya.

Namun anda jangan menganggap enteng penyakit yang menyerang indra pendengaran ini. karena pada umumnya penyakit ini pun bisa menyebbakan kemtian jika tipe penyakit yang di temukan adalah tipe ganas. Menurut ketua PGPKT Komisaris Daerah Sumut DR Dr. Delfitri Munir Sp THT-KL (K) kepada wartawan di sela-sela operasi otitis Media Perporasi (OMP ) di lantai III Central Medical Unit RSUP H Adam Malik Medan, Sabtu (17/4) menyatakan bahwasannya “Penyakit infeksi pada pendengaran ini ada dua tipe, jinak dan ganas. Kalau ganas jaringan choleasteatom dari yang tumbuh di gendang telinga dapat merusak tulang-tulang hingga ke otak, ini bisa menyebabkan kematian. Kalau telah ada jaringan choleasteatom yang tumbuh mau tidak mau harus segera melakukan tindakan operasi.” Sedangkan tipe jinak meurut Delfitri sendiri, jadwal operasinya masih bisa di tunggu dan di sembuhkan dengan mengonsumsi obat saja.

Cara mencegah sakit congek secara alami

Maka dari pada itu, apabila anda tidak meu mengalami sakit telinga berikut beserta menanggung berbagai resikonya, anda patut melakukan pencegahan yang mana bisa anda lakukan dengan menerapkan berbagai cara mencegah sakit congek berikut ini:

  • Hindari mengorek telinga secara berlebihan dan terlalu dalam.
  • Hindari makanan pemicu flu dan juga ISPA.
  • Jika anda mengalami flu, segera obati sebelum infeksi menjalar ke telinga.
  • Melakukan vaksinasi flu.
  • Hindari berenang hingga gendang telinga menuutup dsecara sempurna.
  • Hindari telinga dari kemasukan air terlebih pada saat mandi.

Pengobatan sakit congek alami terbaik rekomendasi dokter

Namun anda pun tak usah khawatir jikalau anda mengalami penyakit ini. Karena kini telah hadir rekomendasi terbaik para ahli untuk membantu menyembuhkan penyakit congek yaitu dengan menggunakan obat sakit congek alami QnC Jelly Gamat. Iformasi selengkapnya seputar khasiat, harga dan cara penggunaan bisa anda Klik Disini.

Terimakasih telah menyimak informasi kami cara mencegah penyakit congek secara alami. Semoga apa yang telah di sampaikan bermanfaat dan khususnya menambah wawasan  anda.

Cara Mencegah Sakit Congek | Nida Saripa | 4.5