Cara Mencegah Penyakit Kolera Yang Efektif

Cara mencegah penyakit kolera sebaiknya perlu kita ketahui setelah melihatnya banyaknya korban meninggal akibat penyakit ini. Meski Indonesia bukan negera yang terdampak akan penyakit ini, namun tidak ada salahnya juga apabila kita tetap waspada agar penyakit tersebut tidak  juga mewabah di negara kita.

cara mencegah penyakit koleraPada saat ini telah banyak korban berjatuhan yang pada akhirnya meninggal dunia di Haiti dan Yaman akibat kolera. Kasus penyakit yang umumnya lebih banyak menyerang anak-anak ini, memang tengah mewabah parah di negara-negara berkembang yang mana bisa di katakan fasilitas sanitasinya buruk. Lalu apa itu kolera?

Kolera adalah salah satu jenis infeksi usus, yang di sebabkan oleh bakteri  vibrio cholerae. Minimnya air bersih dan MCK yang tidak memadai di sebut-sebut sebagai salah satu pemicu tumbuh suburnya bakteri ini. Bakteri penyebab kolera pada umumnya dapat menghasilkan racun yang mengakibatkan usus halus melepaskan sejumlah besar cairan yang tak sedikit mengandung garam dan juga mineral.

Penyakit yang di kategorikan menular ini, menyebar melalui air yang di minum, makanan laut dan jenis makanan lainnya yang masihb dalam keadaan mentah menjadi pemicunya. Berbeda dengan diare biasa, gejala kolera sendiri bisa di dilihat dari tingkat keparahan diare yang begitu tinggi (diare akut). Adapun tanda atau ciri0ciri kolera lainnya adalah diare berupa cairan putih terus menerus, muntah, kram kaki dan juga perut.

Kolera sendiri bisa saja bersifat mematikan dan mampu merenggut nyawa hanya dalam beberapa jam apabila penderita mengeluarkan cairan yang membuatnya dehidrasi dan shock tanpa di sertai adanya pengobatan kolera yang cepat. Dan di perkirakan lebih dari 100.000 kasusu kematian setiap tahunnya di seluruh dunia akibat penyakit yang satu ini.

Tips dan cara mencegah penyakit kolera yang efektif sejak dini

Setelah mengetahui buruknya efek yang di timbulkan oleh penyakit kolera, maka ada baiknya jika kita mlakukan pencegahan seja dini. Yang beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hanya mengonsumsi air matang
  • Gunakan iar bersih untuk memasak, mencuci piring, sikat gigi, madi, dan mencuci baju.
  • Tidak mengonsumsi es batu yang terbuat dari air yang mentah.
  • Tidak mengonsumsi makanan laut secara mentah atau kurang matang seperti kerang.
  • Kupas buah ataupun sayuran sebelum memakannya.
  • Selalu cuci tangan sebelum mamupun sesudah makan.
  • Memiliki fasilitas MCK dengan pembuangan limbah yang baik agar tidak terkontaminasi dengan air sumur.
  • Melakukan vaksinasi kolera oral, baik dengan dukoral (di produksi oleh PME vaksin) yang telah mendapat lisensi dari WHO,  ataupun ShanChol (di produksi oleh Shanta Biotic di India), yang mana tengah menunggu prakualifikasi WHO.

Nah itulah beberapa tips atau[un cara mencegah kolera yang efektif sejak dini. Semoga setelah membaca artikel ini anda bisa lebih bisa menjaga kebersihan baik pada diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Salam sehat!

Cara Mencegah Penyakit Kolera Yang Efektif | Nida Saripa | 4.5