Cara Mencegah Dan Menghilangkan Plak Pada Gigi

Selamat bergabung bagi anda di rasasakit.com, yang kali ini akan memberikan cara mencegah dan menghilangkan plak pada gigi  secara menyeluruh dan lengkap hanya untuk anda.

Cara Mencegah Dan Menghilangkan Plak Pada Gigi

Cara Mencegah Dan Menghilangkan Plak Pada Gigi

Jangan anggap enteng jika di antara gigi atau sepanjang batas gusi anda terlihat seperti ada lapisan licin dan tipis berwarna kuning atau putih. Nah itulah yang di namakan plak pada gigi. bahkan ada juga plak hitam yang kasusnya sering terjadi pada gigi orang yang suka merokok,kopi, teh, atau timbul karena zat-zat yang lain. jika di biarkan begitu saja dan tidak di hilangkan secepatnya, maka akan menimbulkan rasa sakit, keruksakan juga masalah yang serius pada gigi ataupun gusi anda di kemudian hari.

Plak gigi sendiri terbentuk akibat menempelnya banyak bakteri di mulut setelah anda makan dan minum, entah itu minum susu, minuman ringan, kue, permen, ataupun produk yang mengandung karbohidrat. setelah itu, bakteripun mengeluarkan asm yang dapat mengahancurkan lapisan pelindung terluar gigi (enamel gigi), sehingga lama kelamaan gigipun menjadi berlubang.

Cara mencegah dan mengatasi plak pada gigi

Plak tebal  menjadikan gigi anda yang tadinya putih bersih menjadi terlihat berwarna kuning sehingga senyum andapun menjadi kurang indah untuk di lihat. Berikut beberapa cara atau tips untuk mencegah dan menghilangkan plak di gigi.

  • Menyikat gigi. Salah satu solusi untuk mencegah plak pada gigi adalah dengan cara menggosok gigi dengan teratur, minimal dua kali dalam sehari yaitu pada pagi dan malam hari. Karena bakteri penyebab plak akan terus semakin berkembang. Dengan menyikat gigi membantu mencegah pembentukan plak dan menghancurkan plak yang sudah mulai terbentuk. Juga sagat di sarankan agar menggosok gigi menggunakan sikat gigi dan memekai pasta yang mengandung flouride dan pastikan daerah mulut semuanya tersikat beresih. Flouride sendiri bertujuan melindugi enamel gigi dan dan membuat permukaan gigi lebih keras.
  • Gunakanlah benang gigi minimal sebelum tidur pada malam hari untuk mengusir bakteri sisa makanan yang menempel pada gigi.
  • Berkumur menggunakan mouth rinse atau obat kumur selama 30 detik. Ini berfungsi sebagai pencegahan menumpuknya plak lebih banyak lagi.
  • Hindari makanan atau minuman yang  manis dan lengket. Misalnya permen, coklat, kismis, dan minuman bersoda.
  • Batasi cemilan yang manis. Tetapi pilihlah cemilan seperti yogurt tanpa rasa, keju, buah, dan sayuran mentah. Seledri salah satunya, selain menghilangkan sisa makanan juda dapat membantu air liur menetralkan asam akibat plak.
  • Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali yang bertujuan untuk membersihkan gigi.

Penyakit yang timbul akibat plak di gigi

Setelah kita mengetahui tips mencegah dan menghilangkan plak pada gigi, lalu apa akibat yang akan ditimbulkan pabila plak di biarkan begitu saja? jika plak di biarkan begitu saja, maka pada selang waktu yang tidak akan lama akan muncul beberapa keruksakan pada gigi, maupun gusi. Berikut penyakit atau akibat yang di timbulkan dari plak gigi.

  • Kalkulus (tartar). Merupakan endapan keras yang melekat erat  mengelilingi mahkota dan akar gigi yang di sebabkan sebagai mineralisasi dari plak gigi. kalkulus ini tidak dapat di hilangkan dengan sikat gigi melainkan harus di atasi dengan tindakan scalling.
  • Gigi berlubang atau membusuk. Jika tidak di obati dengan cepat, maka keruksakan akan menyebar hingga pulva (jaringan ikat yang berisi pembuluh darah dan jaringan saraf yang menempati bagian dalam gigi) yang menyebabkan sakit gigi dan abses (penimbunan nanah akibat infeksi bakteri).
  • Gingiyitis. Yaitu peradangan pada gusi sehingga gusi menjadi merah, bengkak, dan terasa sakit.
  • Periondotitis. Yaitu kerusakan tulang gigi di sekitar rahang yang di sebabkan karena menyebarnya infeksi pada gusi. keadaan ini jika gingivitis semakin memburuk. akibat yang di timbulkan dari periodontitis iniadalah terciptanya celah antara gigi dan gusi, dan apbila tidak di obati dengan segera maka perlahan lahan gigi akan copot dengan sendirinya.

Agar anda tidak terkena beberapa akibat yang di timbulkan dari plak seperti yang telah di uraikan di atas, maka jagalalah selalu kesehatan mulut gigi anda minimal gosok gigi dengan teratur dan melakukan cara mencegah dan menghilangkan plak gigi lainnya separti yang telah di sebutkan di atas. Dengan gigi yang sehat penampilan kitapun akan semakin sempurna.

Cara Mencegah Dan Menghilangkan Plak Pada Gigi | Nida Saripa | 4.5