Cara Diet Paleo Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Selamat bergabung kembali bagi anda di rasasakit.com. Kali ini saya akan memberikan informasi menarik bagi anda, dan juga salah satu pilihan jenis diet yang sekaligus membuat pola hidup anda menjadi lebih baik lagi yaitu mengenai cara diet paleo dan manfaatnya utuk kesehatan. Yang akan kami kupas selengkap-lengkapnya hanya untuk anda.

Pernahkah anda mendengar istilah diet paleo? ya, mungkin sebagian dari anda merasa asing mendengar jenis diet tersebut. Diet paleo atau diet manusia gua merupakan salah satu metode diet yang mengadopsi pola makan manusia gua pada zaman pra sejarah.

Cara Diet Paleo Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Cara Diet Paleo Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Manusia gua di jadikan rujukan diet karena mereka di anggap memiliki pola makan yang baik bagi kesehatan . Oleh karena itu, pola makan yang di terapkan dalam diet ini di buat semirip mungkin dengan apa yang di konsumsi oleh manusia gua.

Diet paleo di gunakan untuk pola hidup sehat sehingga berat badanpun akan turun dengan sendirinya.

Manfaat melakukan diet paleo

Dalam beberapa uji klinis, diet ini di anggap diet yang paling optimal untuk beberapa masalah kesehatan, karena dapat menurunkan resiko terkena beberapa penyakit dan juga manfaat yang lainnya, yaitu:

  • kardiovaskular
  • tekanan darah
  • peradangan

Selain itu, Diet paleo juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan berat badan, mengurangi tumbuhnya jerawat, meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan juga kinerja atletik tubuh.

Jenis makanan di dalam diet paleo

Makanan yang di anjurkan untuk di konsumsidalam diet ini adalah makanan yang di dapat oleh manusia gua dahulu, Seperti dengan cara berburu, memancingatau di temukan di alam. Secara umum, makanan tersebut berua daging, ikan, sayuran, dan juga buah-buahan. Selain itu juga, umbi-umbian dan kerang dapat di kategorikan jenis makanan manusia juga.

Namun, tentu saja mengkonsumsi makanan yang sama persis di konsumsi oleh anusia gua sangatlah mustahil. Meski tak dapat meniru secara keseluruhan, amun versi makana modern pada saat ini. Salah satu yang dapat kita jadikan sebagai patokan adalah makanan yang bebas gluten. Gluten sendiri merupakan gabungan protein yang bersifat seperti lem atau perekat yang bisa di temkan dalam gandum.

Pada umumnya mereka yang melakukan jenis diet ini tidak menginsumsi jenis nasi apapun. Makanan yang dapat di konsumsi dalam diet paleo adal;h sebagai berikut.

  • Sayur-sayuran.
  • Buah-buahan.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian yang bebas dari pestisida dan fungisida.
  • Daging rendah lemak, terutama yang di beri pakan rumput atau mencari makanannya sendiri.
  • Ikan yang kaya akan lemak asam omega 3 seperti salmon, makarel dan juga tuna.
  • Minyak yang berasal dari biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti minyak zaitun dan juga minyak walut.

Selain itu, ada juga beberapa makanan yang di anjurkan untuk di hindari pada diet paleo ini, seperti makanan berikut.

  • Aneka peroduk susu.
  • kacang lentil, kacang polong dan juga kacang tanah.
  • Gandum dan kentang.
  • Semua makanan kemasan pada umumnya.

Bagi mereka yang melakukan jenis diet ini di anjurkan tidak mengonsumsi minuman lain selain dari air putih, air kelapa, dan juga air teh hijau organik. Gula kelapa dan madu juga dapat di tambahkan sebagai pemberi rasa manis pada makanan anda. Dan yang terpenting pada diet paleo ini harus tetap melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Diet paleo sangat cocok untuk penderita diabetes

Diet ini sangat cocok bagi penderita diabetes. Apa alasanya? sebab, diet ini mengasup karbohidrat yang relatif lebih rendah. Begitu pula sumber makanan yang di perbolehkan dalam diet ini memiliki indeks glikmik yang relatif rendah pula. Jenis makanan ini membuat prankeas tidak perlu bekerja keras sehingga otot yang di butuhkan tidak terlalu banyak.

Selain itu, makanan yang kaya akan protein dan juga kaya akan serat  sehingga mampu mengontrol gula darah dan mencegah kenaikan berat badan. Selain baik bagi penderita diabetes, diet paleo juga di anggap baik untuk mencegah penyakit jantung dan kodisi serius lainnya. Selain itu, diet ini juga di prediksi sangat baik ntuk membershkan racun yang ada di dalam tubuh, mempertajam daya ingat, dan membuat koneksi anatar organ dalam tubuh menjadi lebih baik.

Meski diet ini menjanjikan karena berfokus kepada makanana alami, namun karena aturannya yang ketat mungkin tidak semua orang sanggup menjalankannya dalam waktu yang cukup lama. Kesulitan lainnya adalah diet ini sejatinya meraba-raba apa yang di konsumsi manusia gua pada zaman purba, padahal situasi sekarang dan dahulu sangatlah jauh berbeda.

Dan yang paling menghawatirkan dari diet ini adalah kemungkinan mereka yang menjalankan diet ini akan mendapatkan ketidak seimbangan gizi dan kurangnya nutrisi tertentu yang di butuhkan oleh tubuh, karena diet ini mengharamkan sebagian makanan, seperti biji-bijian dan juga susu.

Cara Diet Paleo Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan | Nida Saripa | 4.5